free hit counter Kemegahan Asian Games 2018 di Tanah Air-ku Indonesia — FBI

Kemegahan Asian Games 2018 di Tanah Air-ku Indonesia

Kini Asian Games 2018, yang secara resmi akan menjadi edisi ke-18 dari acara multi olahraga Asia, akan diadakan di Jakarta dan Palembang, Indonesia. Wei Jizhong, vice president dari Olympic Council of Asia (OCA), merasa senang dengan tanggapan yang luar biasa untuk Olimpiade Asia tahun ini. Sekitar lebih dari 10.000 atlet dari 45 negara yang akan bersaing dalam 40 cabang olahraga dimana 4066 medali akan disediakan.

Diselenggarakan 18 Agustus - 2 September 2018. Ini akan menjadi yang kedua kalinya Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games, setelah tahun 1962 Asian Games IV.Untuk pertama kalinya, Asian Games akan diselenggarakan di dua kota di Indonesia: di Jakarta, ibu kota negara, dan Palembang, ibukota Provinsi Sumatra Selatan.

Asian Games tahun ini mengusung tema 'Energi Asia' sebagaimana diwakili dalam logo yang menggambarkan Stadion Nasional Bung Karno di Jakarta dengan matahari di tengah menjadi simbol Asian Games. Logo tersebut menggambarkan tiga aspek utama, yaitu: Asia, Olahraga, dan Indonesia. Jiwa 'Energi Asia' sendiri tertanam dalam keragaman budaya, bahasa, dan sejarah yang menyatu bersama menciptakan energi yang kuat meningkatkan semangat persahabatan dan sportivitas.

Maskot Asian Games tahun ini diwakili oleh karakter 'Bhin Bhin' mewakili strategi dalam bentuk Cendrawasih atau Bird of Paradise memakai rompi dengan motif etnis Papua Asmat yang berbeda; kemudian ada 'Atung' yang mewakili kecepatan dalam bentuk Rusa Bawean yang cepat mengenakan sarung dengan motif tumpal tradisional dari Jakarta; dan ketiga adalah 'Kaka' mewakili kekuatan yang merupakan Badak bercula satu mengenakan syal dengan motif bunga tradisional khas dari Palembang.

Dengan arti keseluruhan bahwa penyelenggaraan Asian Games menciptakan ruang untuk mempersatukan dengan membawa orang-orang dari berbagai pulau bersama-sama turut serta di bawah satu kesatuan Indonesia.

Komentar

  • Kesuksesan ASIAN GAMES 2018 tidak cukup hanya di tentukan oleh panitia ( INASGOC), para atlet, pelatih dan officialnya saja, tetapi aspek lain seperti pemerintah, aparat keamanan, petugas kesehatan, penonton ( suporter) dan masyarakat juga memiliki andil sangat besar atas suksesnya pesta olahraga tingkat ASIA tersebut. Konsekuensinya, pemerintah Indonesia di semua tingkatan harus mampu menyatukan dan mensinergikan semua elemen untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan ASIAN GAMES, kesuksesan para penyelenggara dan juga kesuksesan dalam meraih prestasi.

    ASIAN GAMES 2018 yang di selenggarakan di Indonesia harus memiliki multi efect internal yaitu pelaksanaan ASIAN GAMES 2018 ini tidak di pahami hanya sebagai sarana merebut medali emas (juara) tetapi ada yang lebih penting lagi yaitu sarana untuk memperkuat mental bertanding (mental juara) para atlet atlet, meningkatkan manajemen pengelolaan olahraga Indonesia, meningkatkan sikap dan kepribadian saat bertanding ( sportivitas) sehingga atlet atlet Indonesia mampu setara atau lebih tinggi dibanding atlet atlet tingkat Asia dan dunia.

    Selain efect internal, sebagai tuan rumah, maka ASIAN GAMES 2018 ini harus memiliki multi efect eksternal. Artinya ASIAN GAMES ke XVIII ini jangan hanya berpengaruh pada dunia keolahragaan saja tetapi harus berpengaruh pada aspek lainya. Misalnya peningkatan kualitas pelayanan pariwisata, peningkatan atau perbaikan penataan tata ruang perkotaan sehingga tata kota di seluruh Indonesia menjadi bersih, rapi dan indah. Peningkatan perekonomian bangsa Indonesia. Penataan lalulintas sehingga semua arus lalu lintas diseluruh Indonesia lancar tanpa ada kemacetan. Peningkatan keamanan dan ketertiban sehingga semua wisatawan asing dan domestik merasa nyaman datang dan berwisata di seluruh wilayah Indonesia.

    Kita semua berharap, ASIAN GAMES 2018 bisa menjadi momentun untuk melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) baik secara fisik (lahir) maupun non fisik (batin) sehingga Indonesia menjadi negara maju dan besar yang di segani dunia.Semua harapan dan cita cita bisa dicapai jika semua elemen bangsa Indonesia memiliki kesepahaman dan kesepakatan bersama bahwa ASIAN GAMES tidak milik dan tanggung jawan sekelompok kecil melainkan menjadi tanggung jawab bersama. ASIAN GAMES tidak hanya untuk sekelompok tertentu tetapi benar benar untuk semua. ASIAN GAMES For All !

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori