free hit counter Inilah Sejarah Dan Arti Makna Dari Mangkok Ayam Jago Merah — FBI

Inilah Sejarah Dan Arti Makna Dari Mangkok Ayam Jago Merah

Berita Unik- Pastinya kita semua tau dong mangkok ayam jago merah yang banyak ditemukan saat kita semua membeli makanan bakso, bubur dan mie ayam ? ini adalah mangkok legendaris yang sudah lama ada di Indonesia.

Wadah (mangkuk) berwarna putih yang dihiasi gambar ayam jago berjengger merah tersebut, ternyata memiliki sejarah dan makna tersendiri.

Di Indonesia mangkuk bergambar ayam tersebut tidak sulit dicari, di beberapa toko yang menjual barang-barang keramik atau rumah tangga wadah (mangkuk) ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, berkisar Rp10.000 per buah. Dihimpun dari berbagai sumber, gambar ayam tersebut ternyata memiliki makna kemakmuran.

Ayam jago dalam budaya China dikaitkan dengan kelancaran rezeki. Ada pepatah yang mengatakan manusia harus bangun pagi agar rezekinya tidak dipatuk ayam. Tentunya lewat gambar ayam para pedagang berharap bisa memperoleh rezeki yang lapang.

Dengan adanya gambar ayam jago pada mangkok itu, maka para pedagang pun akan berharap jika mereka bisa memperoleh rezeki yang lapang.

Kemungkinan besar, awal mula mangkok legendaris ini masuk Indonesia yaitu lewat perdagangan, dimana banyak orang-orang China yang datang ke wilayah asia tenggara, termasuk Indonesia.

Mangkuk ayam merah semakin dikenal berkat salah satu brand penyedap rasa Indonesia menjadikan mangkuk ini sebagai hadiah bila membeli penyedap rasa dalam jumlah banyak. Mangkuk ayam merah ini ternyata bukanlah buatan asli Indonesia.

Bila anda memperhatikan betul tulisan yang tertera dibawah mangkuk berwarna hitam bertuliskan 'Made in China'.

Warna mangkuk yang sangat sederhana begitu mudah diingat, latar mangkuk didominasi warna putih dan sedikit gambar bunga beserta daunnya dan tak ketinggalan ayam merah dengan jengger warna hitam persis ayam khas asal China.

Sumber : Ayoenjoy.net

Login or Register to comment.

Halo, Ndan!

Tampaknya anda baru di sini. Klik satu tombol berikut untuk mulai ber interaksi atau berkomentar!

Kategori