free hit counter ‘Skandal yang Belum Pernah Terjadi’: Bagaimana Reaksi Media Dunia atas Perilaku Trump di KTT G-7 — FBI

‘Skandal yang Belum Pernah Terjadi’: Bagaimana Reaksi Media Dunia atas Perilaku Trump di KTT G-7

Perilaku Trump yang meninggalkan KTT G-7 lebih awal membuat para sekutu terdekatnya terguncang, karena presiden AS tersebut tiba-tiba menolak menandatangani pernyataan bersama yang ketujuh pemimpin itu telah setujui mengenai berbagai topik, termasuk perdagangan dan lingkungan. Sikap Trump segera dikecam oleh berbagai pihak, dan media-media dunia pun bereaksi.

Oleh: Ciara Nugent (Time)

Ketika Presiden Donald Trump meninggalkan KTT G-7 lebih awal di Quebec pada hari Sabtu (9/6), sekutu-sekutu terdekat Amerika Serikat (AS) masih terguncang. Trump tiba-tiba menolak menandatangani pernyataan bersama yang ketujuh pemimpin itu telah setujui mengenai berbagai topik termasuk perdagangan dan lingkungan, mengumumkan keputusannya dalam beberapa unggahannya ke Twitter dari helikopeter presiden Air Force One.

Bahkan sebelum ini, negara-negara lain—Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris—telah berjuang untuk menemukan landasan bersama dengan presiden Amerika, yang telah meminta Rusia untuk bergabung kembali dengan blok itu, di mana Rusia telah dikeluarkan pada tahun 2014 setelah aneksasi Krimea, dan mengkritik Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau “lemah dan tidak jujur.” Begini cara media di negara-negara G-7 bereaksi terhadap kinerja presiden tersebut.
Kanada

Dewan editorial Toronto Star, surat kabar dengan sirkulasi tertinggi Kanada, mengatakan, “Dia bersungut-sungut di awal pertemuan, memberikan delegasinya tanda OK untuk menandatangani komunike akhir KTT, kemudian marah-marah dan merobeknya segera setelah dia kembali ke helikopter Air Force One. […] Tindakan yang tidak dapat dipercaya dan amatir. ”

Papan redaksi Globe and Mail menulis, “Hubungan antara dua sekutu terdekat dunia itu sekarang berada pada titik terendah yang berbahaya. Kesalahan sepenuhnya terletak pada Trump dan penasihatnya. Pemerintah kita bersabar dengan Presiden dan agenda proteksionisnya. Begitu juga dengan orang Kanada, tetapi ini semakin melelahkan. Kami adalah orang yang sopan, tetapi Presiden akan belajar bahwa, setelah menyadarinya, bahwa kami akan menuruti permintaan penggertak yang menghina, tidak peduli seberapa besar dia.”
Jerman

Seorang kolumnis untuk Der Spiegel, sebuah majalah berita mingguan Jerman, mengatakan peristiwa pada KTT tersebut merupakan “skandal yang belum pernah terjadi sebelumnya: Belum pernah ada langkah seperti itu dalam 40 tahun sejarah G-7, dan tidak pernah ada peserta yang telah menipu mitranya sebelumnya.”

Komentator Der Spiegel yang lain menulis: “Bencana di G-7 menunjukkan bahwa masalah sebenarnya pada politik Donald Trump adalah Donald Trump itu sendiri. Perilakunya tidak mengikuti aturan, tidak logis, hanya ingin untuk menjadi yang paling baik, paling penting dan paling besar. Runtuhnya Barat, penghancuran persahabatan selama puluhan tahun hanyalah produk dari ego yang belum pernah ada sebelumnya.”

Masih ada komentar dari negara lainnya yang bisa dibaca via tautan di bawah ini:

Sumber: ‘Skandal yang Belum Pernah Terjadi’: Bagaimana Reaksi Media Dunia atas Perilaku Trump di KTT G-7

Di-tag:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori