free hit counter Cara Membuat Nugget Ayam dan Pisang Murah Meriah — FBI

Cara Membuat Nugget Ayam dan Pisang Murah Meriah

Nugget adalah salah satu jenis makanan siap saji yang di buat dari bahan dasar daging cincang yang di olah dengan campuran perekat tepung terigu serta tepung roti. Biasa di sajikan dengan cara di goreng terlebih dahulu lalu di santap dengan menggunakan saus sambal agar lebih terasa nikmat.
gambar-dasar2.jpg

Pada hakikatnya nugget merupakan salah satu jenis makanan beku (Frozen Food) siap saji, dimana makanan ini setelah di olah bisa di simpan untuk disantap kapan saja. Dalam mengolah nugget, biasa di golongkan menjadi 5 bagian

5 Langkah Cara Membuat Nugget Ayam

Pertama adalah penggilingan daging, dalam hal ini adalah daging ayam. Mengapa daging ayam?? Karena daging yang satu ini bisa dibilang merupakan bahan daging-dagingan yang cukup favorit. Selain itu daging ayam juga kaya akan vitamin dan gizi, yang gak kalah penting adalah daging ayam sangat mudah di olah karena teksturnya cukup lembut namun minim serat.

Dalam proses nya anda harus menggunakan mesin giling daging khusus, karena gak hanya daging ayam yang kita olah, namun ada juga bahan-bahan lain seperti bumbu-bumbu olahan, dan beberapa bahan tambahan lain sebagai pelengkap atau perasa.

Air yang ditambahkan kedalam adonan nuggetpada waktu penggilingan daging adalah dalam bentuk serpihan es. Penambahan air ini bertujuan untuk melarutkan garam danmendistribusikannya secara merata ke seluruh bagian massa daging.

Pencetakan Nugget

Adonan yang telah di giling dan di olah, untuk selanjutnya akan melalui taham pencetakan. Tahap ini berguna agar Nugget yang akan di nikmati sudah menjadi berupa bentuk. Bentuknya sendiri bermacam-macam, bisa bentuk bulat, kotak, pipih, atau di sesuaikan dengan tema dari nugget yang akan di buat.

Pelapisan Tepung

Yang membuat nugget menjadi sedikit enak dan mengenyangkan tentunya karena bahan penggunaan tepun terigu yang berkualitas. Tepung ini gak hanya sebagai bahan pembentuk dari adonan yang kita olah , melainkan sebagai bahan pengikat dari bahan utama.

Pelapisan Tepung Roti

Setelah adonan berubah bentuk dari lembut menjadi cetakan, maka saatnya di lakukan finishing akhir yakni pelumuran tepung roti. Tepung roti sejatinya membuat cetakan nugget menjadi agak bertekstur, sedikit krispi dan dari segi bentuk menjadi lebih menarik

Penggorengan Awal (Pre- frying)

Proses ini di butuhkan agar adonan nugget menjadi lebih solid dan utuh, dan yang gak kalah penting zat-zat yang di dalamnya akan tampak lebih matang saat akan di simpan dalam lemari es / chiller

Pembekuan (Frozen)

Ini adalah tahap akhir yang akan di lalui oleh adonan nugget sebelum masuk ke tahap penyimpanan. Pada fase ini nugget yang telah di cetak dan melewati proses di atas, maka harus segera di simpan dalam lemari es / chiller dengan suhu yang ideal. Yang gak kalah penting dalam proses pembekuan ini adalah standar packaging yang harus di gunakan.

Karena nugget merupakan jenis makanan siap saji yang di olah dengan bahan-bahan rawan bakteri dan kuman. Makan Teknik packaging yang di lakukan haruslah melalui tahapan pengemasan via teknologi Vacuum.

cara membuat nugget ayam

Pada zaman sekarang ini, nugget sendiri telah berkembang menjadi menu makanan yang dapat di modifikasi sedemikian rupa. Gak hanya dengan olahan bahan baku daging ayam, namun nugget bisa dibuat menggunakan bahan baku dari daging hewan lain seperti Ikan,Udang,Cumi,sapi, hingga yang sedang ngetrend saat ini adalah nugget dengan bahan baku buah pisang juga sayuran.

Nah pada artikel kali ini, akan di jelaskan bagaimana cara membuat nugget dengan modifikasi unik menggunakan bahan baku sayuran dan juga pisang. Dimana kedua jenis bahan baku ini memang sedang di sukai akhir-akhir ini. Yuk kita simak hal apa saja yang harus kita siapakan dan kita lakukan sebelum memulai praktek cara membuat nugget rumahan murah meriah
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori