free hit counter Cara Memilih Software ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda — FBI

Cara Memilih Software ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

Cara-Memilih-Software-ERP-yang-Tepat-untuk-Bisnis-Anda.jpg

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi, maka banyak pula pilihan software ERP yang ada di pasaran, namun, memilih software ERP yang tepat untuk bisnis Anda dapat menjadi tugas yang luar biasa. Sementara banyak perusahaan merasa bahwa software apa pun akan dapat digunakan dan bisnis mereka hanya akan menyesuaikan dengan fungsi software tersebut, tetapi hal ini bukanlah sebuah pilihan yang baik untuk bisnis Anda. Selanjutnya, karena ERP harus menjadi prakarsa bisnis transformasional yang memberikan keunggulan kompetitif utama bagi perusahaan Anda, keputusan tersebut tidak boleh dianggap enteng atau dibuat dengan informasi yang tidak lengkap.
Jadi apa yang harus dilakukan untuk menemukan software ERP yang bagi bisnis Anda? Berikut adalah beberapa cara memilih software ERP yang tepat untuk bisnis Anda:

1. Melakukan analisa produk
Karena ERP merupakan software yang bisa dibilang sangat penting dalam pengelolaan sebuah bisnis, Anda harus terlebih dahulu menentukan dan mendokumentasikan proses bisnis Anda saat ini,seperti poin-poin kekurangan, dan kekuatan dari bisnis yang sedang dijalankan. Analisis ini juga harus menyertakan proses seperti apa yang akan terjadi pada masa depan bisnis Anda di masa depan dan persyaratan bisnis yang lain. Proses dan persyaratan ini akhirnya harus dapat digunakan oleh penyedia jasa ERP yang potensial untuk menunjukkan kemampuan produk mereka dalam konteks kebutuhan bisnis Anda.

2. Evaluasi kecocokan teknis.
Meskipun ERP adalah sebuah sodtware bisnis daripada inisiatif teknologi, penting juga untuk memahami bagaimana solusi software potensial tersebut akan sejajar dengan infrastruktur bisnis Anda saat ini. Misalnya, jika Anda menggunakan Microsoft, Anda cenderung menemukan kecocokan teknis yang lebih baik dengan produk atau software ERP yang dibangun di atas platform .NET.

3. Memahami total biaya kepemilikan.
Selama siklus penjualan, jasa penjualan software ERP tertarik untuk mengecilkan biaya dan risiko yang terkait dengan pembelian software mereka. Namun, jauh lebih mudah untuk menerima biaya potensial di awal proses daripada setelah Anda sudah berkomitmen untuk memilih solusi tertentu. Pastikan untuk melihat "biaya tersembunyi" yang terkait dengan ERP, termasuk biaya penerapan, peningkatan hardware, penimbunan kembali sumber daya tim proyek Anda, pemeliharaan software, dll.

4. Mengembangkan rencana implementasi yang realistis.
Saat Anda masih dalam siklus penjualan, Anda harus mempertimbangkan perkiraan durasi penerapan vendor secara mendalam. Sangat penting untuk mengembangkan rencana proyek komprehensif yang mencakup tidak hanya kegiatan yang diperlukan untuk menginstal software tersebut, tetapi juga beberapa hal yang diperlukan untuk memastikan bahwa solusi tersebut sepenuhnya berfungsi, diuji, dan diterima oleh pengguna akhir. Rencana ini harus dikembangkan sebelum memilih software ERP yang akan diterapkan sehingga Anda sepenuhnya memahami komitmen biaya dan sumber daya yang diperlukan untuk membuat proyek tersebut sukses. Rencana proyek implementasi Anda harus mencakup semuanya mulai dari proses bisnis dan desain alur kerja hingga migrasi data, percontohan ruang konferensi, beberapa pengujian berulang, dan kegiatan manajemen perubahan organisasi utama.

5. Melihat potensi dari software ERP
Jika Anda tidak mempelajarinya secara mendalam, Anda mungkin tidak akan mendapatkan potensi maksimal dari software ERP tersebut. Proyek ERP tidak berbeda. Kemungkinannya adalah bisnis Anda melihat ERP sebagai cara untuk mengurangi biaya, meningkatkan pendapatan, atau skala untuk pertumbuhan bisnis, dan Anda harus memperkirakan serta mengukur manfaat terhadap metrik ini jika Anda telah menyadari potensi penuh dari software ERP tersebut.

6. Tidak terpaku pada satu jasa penydia software saja
Meskipun ini mungkin terdengar seperti sebuah saran yang biasa Anda dengan dimana saja, hal ini juga relevan untuk memilih sebuah paket ERP. Berlawanan dengan kepercayaan umum, ada lebih dari dua hingga tiga jasa penyedia software ERP utama. Meskipun dua hingga tiga jasa penyedia softwar tersebut merupakan mayoritas yang telah mendominasi pasar, ada setidaknya 70 solusi software ERP yang layak di pasaran, semua dengan berbagai tingkat fungsionalitas dan kekuatan. Terlalu banyak perusahaan memilih jasa penyedia software ERP berdasarkan nama merek atau berdasarkan apa yang dilakukan pesaing. Sebaliknyasebuah bisnis perlu mempertimbangkan opsi yang akan memenuhi kebutuhan mereka untuk mengungguli bisnis pesaing yang lain.

7. Carilah saran yang obyektif dan independen.
Tanyakan rekan kerja atau karyawan Anda tentang apa yang mereka gunakan atau rekomendasikan untuk perusahaan seperti milik Anda. Melakukan penelitian di internet atau menyewa konsultan ERP jika diperlukan. Bagaimanapun, jangan anggap Anda memiliki semua jawaban jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan ERP. Temukan sumber lain yang independen untuk memvalidasi apa yang Anda dengar dari jasa penyedia software ERP yang Anda pilih.
Dengan mengikuti tujuh langkah ini, Anda akan jauh lebih mungkin menjadi salah satu pemilik bisnis yang sukses dengan memanfaatkan software ERP untuk diterapkan dalam setiap kegiatan bisnis Anda.

Sumber: https://www.suryasemesta.com/cara-memilih-software-erp-yang-tepat-untuk-bisnis-anda.html

Komentar

  • rgexbku0e8aa.png

    Sistem ERP dikenal oleh banyak pebisnis karena kontribusinya yang tak dapat disangkal terhadap manajemen keuangan perusahaan, otomatisasi penggajian, penagihan, pemantauan biaya, penjualan dan kemampuan CRM. Selain itu, para pengguna sistem atau software ini juga tidak memiliki kendala untuk mengintegrasikannya ke dalam bisnis mereka. Sistem ERP ini memilik banyak jenis dan kelebihannya masing masing, berikt adalah 8 software ERP terbaik pada tahun 2018:

    1. Odoo ERP
    Odoo merupakan sebuah software open-source yang dapat membantu mengelola bisnis Anda secara keseluruhan. Terlepas dari apa yang Anda harapkan dari sebuah software open-source, Odoo mengemas semua penjualan, akuntansi, POS, inventaris, dan fitur manajemen proyek yang diperlukan ke dalam unit yang terintegrasi, dan memungkinkan Anda untuk mengelola bisnis Anda dengan cara yang paling cocok untuk bisnis Anda. Pengembang juga menangani konektivitas, dan membantu Anda mengembangkan potensi bisnis Anda dengan membawa dan memanfaatkan data dari sistem lain. Platform ini bahkan menawarkan perangkat MPR terpadu untuk PLM dan pemeliharaan berkala, berbagai fitur pemasaran email, dan helpdesk yang berfungsi penuh bagi pelanggan Anda. Odoo juga merupakan salah satu dari beberapa software manajemen finansial yang mendukung segala bentuk dokumen keuangan.

    2. NetSuite ERP
    NetSuite merupakan salah satu sistem ERP omnichannel yang mungkin tidak pernah Anda gunakan atau butuhkan, tetapi software ini menjadi pelopor beberapa software ERP yang telah banyak dijual di pasaran. NetSuite ERP menerima berbagai penghargaan industry karena menawarkan solusi yang mudah untuk banyak bisnis dari berbagai industri dan latar belakang.
    Untuk mendukung reputasi tersebut, NetSuite ERP dapat mempersingkat proses mission-critical, menyisakan ruang yang cukup untuk penyesuaian dan kebutuhan spesifik bisnis Anda. Software ini juga pengelolaan keuangan yang canggih, manajemen sumber daya, dan kontrol supply-chain untuk menjaga bisnis Anda tetap stabil.
    NetSuite ERP terdiri dari beberapa modul in-suite seperti Keuangan, Manajemen Pesanan, Manajemen Produksi, Manajemen Supply-chain, Manajemen Gudang, Pengadaan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia yang dapat memaksimalkan pengelolaan bisnis Anda. Selain itu, NetSuite ERP juga dilengkapi dengan sebuah built-in intelegence sistem yang dapat diintegrasikan dengan sejumlah solusi industri terkemuka untuk memfasilitasi migrasi data.

    3. Sage Intacct
    Sage Intacct memiliki sistem yang berguna untuk menutup berbagai kekurangan fungsi dari software lain dalam industri manajemen keuangan, dengan kapasitas ERPnya sering menjadi fokus perhatian. Apa yang membuat sistem Sage ini selalu dimanfaatkan untuk menutup berbabgai kekurangan beberapa software manajemen lain yang ada dalam lingkungan perusahaan adalah Sage Inctacct memliki pemrosesan metrik dan wawasan mendetail serta kapasitas untuk melayani sejumlah industri selain manufaktur (akuntansi, waralaba, perawatan kesehatan, perhotelan, layanan, grosir, dan nonprofit ).

    4. ECount ERP
    Software yang satu ini sering direkomendasikan untuk skalabilitas dan fleksibilitasnya, karena dapat disesuaikan untuk berbagai industri dengan sedikit atau tanpa pengetahuan pengkodean sama sekali. ECount ERP merupakan sbuah sistem yang sering dipilih secara umum oleh usaha kecil dan menengah yang ingin meningkatkan produktivitas bisnis mereka karena sistem ini dapat mengintegrasikan berbagai fungsi akuntansi penting seperti faktur, penggajian, manajemen pembelian, penganggaran, manufaktur, dan banyak lagi. ECount ERP sepenuhnya dihosting di cloud, dan tidak memerlukan pengaturan atau pemeliharaan yang rumit. Faktanya, inovasi dan pembaruan disinkronkan secara otomatis, dan Anda tidak perlu membayar biaya tambahan untuk mendapatkan versi terbaru dari sistem ini. Apa yang juga Anda sukai tentang ECount ERP adalah harganya yang terjangkau.

    5. Oracle’s E-Business Suite
    Oracle's E-Business Suite atau biasa disebut dengan EB Suite terdiri dari beberapa aplikasi Oracle terkemuka yang dibuat untuk manajemen keuangan. Apa yang semula merupakan sistem akuntansi tunggal sekarang diberdayakan untuk mencakup beberapa modul fungsi, termasuk SCM, HRMS, Project, Procurement, dan CRM. Inti dari sistem ini tidak lain adalah kemampuan perencanaan sumber daya perusahaan yang menggunakan teknologi manajemen basis data relasional yang berarti bahwa Anda dapat menggunakan sebuah alat tunggal untuk mengumpulkan semua informasi sumber daya, dan mengelola pengadaan-ke- proses pembayaran dan pemesanandari dasbor yang sama.

    6. FinancialForce ERP
    FinancialForce ERP adalah produk lain pada daftar ini yang tidak boleh Anda lewatkan karena sistem ini dapat terintegrasi dengan CRM Salesforce, menekankan sedemikian pentingnya pengelolaan keuangan dan pelanggan secara interdependen. Sistem ini sepenuhnya berfokus pada efisiensi waktu dan biaya proses bisnis Anda, mengelola dan menangkap semua informasi pelanggan yang relevan, dan membuat Anda tetap dapat melihat peluang pasar. Dengan memiliki tim pendukung yang sangat andal, FinancalForce sama-sama bermanfaat bagi para profesional dan tim keuangan, yang juga dapat berkolaborasi, mempercepat kemajuan, dan berbagi informasi antar lintas departemen. Dengan basis cloud, FinancialForce ERP tidak hanya akan mempromosikan tujuan bisnis Anda dan memberikan yang terbaik bagi Anda, tetapi juga menawarkan fleksibilitas yang tak tertandingi untuk mempertahankan kendali atas kesuksesan bisnis Anda.

    7. WorkWise ERP
    WorkWise ERP menggabungkan 8 unsur manajemen pelanggan dan bahkan 45 aplikasi kontrol manufaktur penting (misalnya: konfigurasi produk, teknik, metrik seluler, perencanaan kebutuhan kapasitas Shop Floor Control (SFC), dan integrasi CAD) untuk bisnis modern. Hal ini membuat sistem ERP ini cukup menjadi one-stop-shop untuk pembeli ERP yang ambisius dan produsen yang sedang berkembang yang juga dapat menerapkan sistem ini sesuai keinginan (di lokasi atau di cloud), dan menggunakannya sebagai satu-satunya sistem penjualan, pemasaran, dan aplikasi layanan pelanggan yang juga menangani rekayasa produk, kontrol keuangan, manajemen dokumen, dan analisis bisnis. Pada saat yang sama, WorkWise ERP mudah digunakan, terukur, dan dapat dikonfigurasi, dan sepenuhnya dioptimalkan untuk dioperasikan melalui seluler atau mobile dan di luar kantor.

    8. ERPNext
    ERPNext merupakan sebuah solusi ERP open-source yang menyederhanakan penjualan dan manajemen persediaan. Sistem ini menargetkan sebagian besar usaha kecil dan menengah yang ingin mengelola penjualan, akuntansi, dan inventaris dari satu platform, dan sistem ini juga dianggap sebagai salah satu alat yang paling mudah disesuaikan. Diperkuat dengn ekstensi tanpa batas membuat ERPNext mudah dikonfigurasi dan digunakan secara sinergis dengan software pihak ketiga. Selain itu, ERPNext juga dikenal memiliki dukungan yang dapat diandalkan, tersedia baik untuk instalasi lokal dan juga cloud, serta memiiki komunitas pengguna yang sangat besar yang berkontribusi terhadap inovasi dan perkembangan sistem ini.


    Sumber: https://www.suryasemesta.com/software-erp-terbaik.html
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori