free hit counter 8 LANGKAH CARA MENGELOLA KEUANGAN UNTUK UKM — FBI

8 LANGKAH CARA MENGELOLA KEUANGAN UNTUK UKM

zzelz8sl8chf.jpg

Ketika Anda memulai sebuah bisnis kecil atau UKM,maka Anda ketekunan dan semangat untuk membuat bisnis tersebut meraih kesuksesan. Namun, seperti yang Anda ketahui, memiliki sebuah bisnis adalah hal yang sangat menantang dan harus dapat mengelola banyak hal agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang harus dikuasai oleh setiap pemilik bisnis adalah cara mengelola keuangan. Berikut adalah beberapa tips cara mengelola keungan untuk bisnis kecil atau UKM:

1. Membuka rekening bank
Setelah Anda mendaftarkan bisnis Anda secara sah, langkah selanjutnya adalah Anda perlu menyisihkan pendapatan bisnis Anda. Memiliki rekening bank yang terpisah dari rekening pribadi akan mempermudah untuk menghitung jumlah dan pembayaran pajak. Perhatikan juga bahwa LLC, kemitraan, dan perusahaan diwajibkan secara hukum untuk memiliki akun bank secara terpisah untuk bisnis. Namun, pemilik tunggal tidak membutuhkan akun terpisah secara hukum, tetapi sangat disarankan.
Mulailah dengan membuka rekening giro bisnis, lalu rekening tabungan apa pun yang akan membantu Anda dalam mengatur dana dan merencanakan pajak. Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan kartu kredit bisnis untuk mulai membangun kredit bisnis. Korporasi dan LLC diharuskan menggunakan kartu kredit terpisah untuk menghindari tercampurnya aset pribadi dan bisnis.

2. Menekan pengeluaran Anda
Salah satu cara pengelolaan keuangan bisnis yang wajib dilakukan adalah belajar untuk melacak pengeluaran Anda secara efektif. Ini adalah langkah penting yang memungkinkan Anda memantau pertumbuhan bisnis Anda, membuat laporan keuangan, melacak pengeluaran yang dapat dikurangkan, menyiapkan pengembalian pajak, dan mendukung apa yang Anda laporkan pada pengembalian pajak Anda.
Memulai bisnis Anda di rumah adalah salah satu cara yang bagus untuk menjaga agar biaya tetap rendah. Anda dapat memanfaatkan beberapa hal yang ada di rumah Anda untuk bisnis seperti koneksi internet, ponsel, dan transportasi ke dan dari tempat kerja dan untuk urusan bisnis.

3. Menggunakan software yang tepat
Ada kalanya setiap pemilik bisnis harus membuat beberapa keputusan sulit tentang bagaimana mengelola laporan keuangan dan sebagainya. Namu, Anda tidak perlu lagi merasa bingung karena terdapat sebuah sistem yang disebut dengan odoo ERP. ERP merupakan sebuah sistem yang dapat digunakan dan sangat bermanfaat bagi bisnis UKM Anda, namun juga dapat memakan waktu, tenaga dan sumber daya, dan biaya ketika digunakan secara reguler.
Jika Anda bertanya-tanya bagaimana bisa sistem ERP dapat menguntungkan bisnis UKM Anda? Intinya adalah manfaat jangka panjang sistem ERP jauh lebih besar daripada biaya awal, waktu dan usaha yang Anda lakukan pada bisnis UKM Anda. Dengan mempelajari lebih lanjut tentang apa itu ODOO ERP dan mengapa Anda harus memilih ODOO ERP, Anda mungkin akan mulai mengeksplorasi pilihan untuk menemukan solusi ERP yang tepat untuk bisnis Anda.
Dengan menggunakan sistem ERP yang tepat dapat memberikan perkembangan dan kemudahan yang signifkan terhadapat bisnis UKMAnda. Sebelum Anda memutuskan untuk mengaplikasikan sistem ini Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada penyedia jasa implementasi ODOO ERP untuk mengetahui lebih dalam tentang sistem ini.

4. Siapkan Sistem Penggajian
Sebagai pemilik sebuah bisnis UKM, Anda kemungkinan akan bekerja sendirian. Namun, mungkin Anda akan merekrut karyawan paruh waktu untuk membantu Anda, atau freelancer untuk mendesain logo Anda. Segera, Anda perlu menetapkan apakah individu tersebut adalah karyawan atau kontraktor independen. Untuk karyawan, Anda harus memutuskan jadwal pembayaran gaji dan memastikan bahwa Anda membayar pajak yang benar; ada banyak layanan yang dapat membantu Anda untuk menangani hal ini. Untuk kontraktor independen, pastikan untuk melacak berapa banyak Anda membayar setiap orang.

5. Mempelajari tentang pajak barang impor
Tergantung pada model bisnis UKM Anda, Anda mungkin berencana untuk membeli dan mengimpor barang dari negara lain untuk dijual di toko Anda. Saat mengimpor produk, Anda kemungkinan akan dikenakan pajak dan bea. Ini adalah biaya yang dikenakan negara Anda pada barang yang masuk. Luangkan waktu untuk mempelajari tentang seluk beluk barang impor, dan pajak terkait, sehingga Anda mngetahui banyak hal yang dapat memudahkan Anda.

6. Menetapkan Prosedur Pajak Penjualan
Dunia eCommerce telah mengguncang peraturan pajak penjualan dan mereka diakui agak membingungkan karena masalah lokasi. Ketika pelanggan masuk ke toko fisik, mereka membayar pajak penjualan dari negara bagian atau provinsi tempat mereka melakukan pembelian, tidak peduli apakah mereka tinggal di kota itu, atau mereka berkunjung dari seluruh dunia. Namun, saat Anda berjualan online, Anda sering menjual ke pelanggan yang tinggal di negara bagian / provinsi berbeda, dan bahkan negara.
Menjualsebuah produk ke pelanggan internasional bisa lebih mudah daripada penjualan domestik karena Anda tidak perlu membebankan pajak penjualan saat menjual ke pelanggan di luar negeri. Seperti contohnya, pemilik toko di Kanada tidak perlu membebankan GST / HST kepada pelanggan yang berada di luar Kanada. Untuk pemilik toko di Amerika, pembelian internasional juga bebas pajak. Namun, ini bisa menjadi sedikit rumit tergantung pada keadaan tempat Anda tinggal.

7. Tentukan kewajiban pajak Anda
Kewajiban pajak bervariasi tergantung pada struktur hukum dari sebuah bisnis. Jika Anda berwiraswasta (kepemilikan tunggal, LLC, kemitraan), Anda akan mengklaim pendapatan bisnis pada pengembalian pajak pribadi Anda. Korporasi, di sisi lain, adalah entitas pajak yang terpisah dan dikenakan pajak secara independen dari pemilik. Penghasilan Anda dari perusahaan dikenakan pajak sebagai karyawan.

8. Terus mengevaluasi kembali metode Anda
Ketika Anda pertama kali memulai sebuah bisnis UKM, Anda dapat memilih untuk menggunakan spreadsheet sederhana untuk mengelola keuangan Anda, tetapi ketika bisnis Anda tumbuh Anda akan ingin mempertimbangkan metode yang lebih canggih seperti Quickbooks atau aplikasi Bench. Seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda, ada baiknya untuk terus meninjau ulang jumlah waktu yang Anda habiskan untuk mengevaluasi laporan bisnis Anda, dan berapa banyak waktu yang membebani bisnis Anda. Solusi pembukuan yang tepat berarti Anda dapat menginvestasikan lebih banyak waktu dalam bisnis dengan pembukuan tidak lagi menjadi masalah bagi Anda, dan berpotensi menghemat uang bisnis Anda.
Akhir kata, memulai sebuah bisnis kecil dan menengah (UKM) dapat menjadi proses yang luar biasa, tetapi jika Anda mengikuti beberapa tips tersebut, Anda akan dapat mengantisipasi beberapa hal yang akan mempengaruhi bisnis Anda. Mulai dari membuka jenis rekening bank yang tepat untuk menentukan berapa banyak yang akan Anda hasilkan per produk, beberapa hal tersebut akan berkontribusi pada kesuksesan bisnis Anda, sekarang dan seiring pertumbuhannya.

Sumber: https://www.suryasemesta.com/langkah-cara-mengelola-keuangan-untuk-ukm.html
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori