free hit counter Buat yang Mau Aqiqah, Ini Bedanya kambing dan Domba — FBI

Buat yang Mau Aqiqah, Ini Bedanya kambing dan Domba


Banyak orang yang nggak mengerti perbedaan antara kambing dan domba. Apalagi anak-anak kota besar yang tak pernah mengalami beternak domba atau kambing. Tahunya sekedar makan sate dan gulenya. Termasuk saya sendiri tadinya menduga domba itu ya kambing, mereka sama saja. Padahal keduanya sangat berbeda, yang hampir sama hanyalah bentuknya.
Apa saja bedanya antara domba dan kambing? Perhatikan poin-poin di bawah ini:

1. Perbedaan Makan

Domba dan kambing memang herbifora, namun kalau ketika di luar kandang, mereka mempunyai pakan favorit masing-masing. Kambing lebih suka menyantap daun-daun yang ada di atas, misalnya daun mahoni, daun pisang, daun ketela, dan lain-lain. Sedangkan domba lebih senang menyantap rumput yang berada di bawah.

Sekali lagi, itu jika mereka bisa memilih santapan di tempat liar. Adapun kambing yang dipiara di kandang ya tak dapat memilih makanan. Mereka hanya makan sesuai dengan apa yang disodorkan oleh manusia.

2. Perbedaan Fisik

Fisik keduanya memang mirip, namun tetap ada perbedaan. Perbedaan yang fading kelihatan adalah ekornya. Ekor kambing biasa mendongak ke atas, kalau ekor domba menggelayut ke bawah. Kebanyakan domba memiliki warna putih, kalau kambing ada beberapa macam, seperti hitam, coklat, putih hitam, coklat putih, atau putih bersih. Telinga domba kebanyakan keras dan tidak panjang, kalau telinga kambing umumnya panjang dan lemas.

3. Perbandingan Perilaku

Terdapat beberapa perbedaan perilaku antara kambing dan domba. Pertama, kambing lebih bebas dan tidak ketergantungan, sedangkan domba lebih memiliki ketergantungan untuk berkawan. Domba tak bisa berlama-lama berpisah dari gerombolannya, dan lebih senang bergerombol.

Selanjutnya, kambing tidak suka di tempat kumuh/ basah. Kalau tersentuh rumput basah, kambing akan berpindah ke location yang kering dan tinggi. Sedangkan domba kebalikannya.

4. Perbandingan Bulu/ Rambut

Kambing rata-rata memiliki bulu lurus, agak panjang dan tak begitu tebal, sehingga nggak perlu dipotongi. Sedangkan domba, umumnya memiliki bulu keriting & sangat tebal. Jika nggak dipotongi akan jadi gimbal. Makanya bulu domba dicukur secara berkala untuk dijadikan kain woollen.

5. Perbandingan Perasaan

Domba memiliki perasaan yang lebih peka ketimbang kambing. Itulah yang menjadikan domba cepat merasa gelisah saat berpisah dari kelompok.

6. Perbandingan Tanduk

Umumnya tanduk kambing tumbuh ke atas atau samping. Kalau tanduk domba umumnya melengkung.

Itulah sedikit perbedaan antara domba dan kambing yang mudah diperhatikan. Pastinya masih banyak perbedaan lainnya kalau diteliti lebih mendalam. Sesungguhnya domba dan kambing juga terdiri dari banyak jenis. Domba mempunyai banyak jenis, kambing pun memiliki banyak jenis. Saya tahu ini setelah banyak berinteraksi dengan Bunayya Aqiqah Jakarta.


Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori