free hit counter Ini yang Terjadi Jika Anda Lakukan Diet yang Salah — FBI

Ini yang Terjadi Jika Anda Lakukan Diet yang Salah

bewgln7dwza2.jpg

Memiliki tubuh yang langsing dan ideal sudah barang tentu jadi impian setiap orang. Oleh sebab itulah, tidak heran jika kemudian banyak pria maupun wanita yang mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Mulai dari diet mayo, diet gluten, OCD, diet keto hingga diet yang ekstrem. Namun sayangnya, karena keterbatasan pengetahuan, tidak sedikit yang terjerumus pada pola diet yang salah. Jangan dianggap enteng! Sebab diet yang dilakukan secara sembarangan justru dapat membahayakan kesehatan. Berikut Go Dok paparkan 7 bahaya diet tidak sehat yang harus Anda ketahui:

1. Berkurangnya massa otot
Selanjutnya, bahaya diet tidak sehat yaitu membuat Anda kehilangan massa otot. Ketika dipaksa untuk beraktivitas secara normal, tubuh yang kekurangan nutrisi –khususnya asupan protein- akan mengambil cadangan energi dari otot. Hal inilah yang membuat massa otot perlahan berkurang. Dampaknya, bukan saja berat badan jadi lebih susah dipangkas, tapi tubuh Anda akan terlihat ‘menggelambir’ karena komposisi antara lemak dan otot yang tidak seimbang.

2. . Efek yoyo
Bahaya diet tidak sehat yang pertama adalah timbulnya efek yoyo. Ya, istilah yang mengacu pada peningkatan kembali berat badan ini memang umum sekali dialami oleh mereka yang secara brutal memangkas kebutuhan kalori harian saat menerapkan pola diet yang salah.

Umumnya, efek yoyo diawali oleh kebiasaan diet ketat yang tidak memperhatikan kebutuhan kalori tubuh. Memang, di masa-masa awal, diet ketat ini terlihat membuahkan hasil yang signifikan. Namun, hati-hati! Karena ketika diet tidak lagi dipraktikkan, tubuh akan kembali mengalami peningkatan berat badan –bahkan melebihi bobot awal.

3. Selulit
Meskipun tidak mengancam nyawa, namun timbulnya selulit yang diakibatkan oleh diet tidak sehat tetap saja dapat menurunkan kepercayaan diri Anda. Selulit sendiri muncul karena kulit kehilangan kealistisannya akibat tubuh yang kehilangan bobot secara signifikan. Biasanya, selulit akan muncul di beberapa area, seperti paha, perut, bokong, hingga lengan.


4. Depresi

Jangan kira diet serampangan tidak berpengaruh pada kondisi psikologis Anda! Karena faktanya, tubuh yang kekurangan asupan gizi akan menunjukkan beberapa gejala ketidakseimbangan hormonal yang berimbas pada memburuknya suasana hati (mood), emosi, dan gairah seksual.

5. Rambut rontok
Bahaya diet tidak sehat yang selanjutnya adalah rambut rontok. Penyebabnya tidak lain karena kurangnya asupan nutrisi saat diet. Hal ini terbukti mempengaruhi kesehatan folikel rambut sekaligus menghambat proses regenerasi sel di kulit kepala.

6. Gangguan makan
Terakhir, bahaya diet tidak sehat yang sering terlupakan adalah munculnya gangguan makan –seperti bulimia dan anoreksia. Dua jenis gangguan makan ini biasanya muncul karena pelaku diet merasakan kewajiban untuk menjaga bobot tubuh agar tidak kembali naik. Karenanya, mereka menjadi lebih terpaku pada berat badan pada timbangan, bukannya kondisi kesehatan serta komposisi tubuh secara keseluruhan. Jika tidak ditangani dengan segera, bulimia dan anoreksia dapat menyebabkan malnutrisi, bahkan kematian.

Itu tadi 7 bahaya diet tidak sehat yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori