free hit counter Ini Adalah Alasan Mengapa Banyak Bisnis Menggunakan Sistem Manajemen Gudang — FBI

Ini Adalah Alasan Mengapa Banyak Bisnis Menggunakan Sistem Manajemen Gudang

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Warehouse Management System (WMS) adalah sebuah sistem manajemen gudang yang mampu mengoptimalkan semua proses dan operasional pergudangan. Selain itu, biasanya manajemen gudang ini selalu menjadi bagian utama dari fungsi distribusi yang jauh lebih besar dan lebih kompleks.

Namun sekarang, sebagian besar UKM (Usaha Kelas Menengah) telah mulai menyadari akan pentingnya sebuah sistem manajemen gudang dengan skenario logistik yang terintegrasi, pengelolaan pengiriman dihari yang sama serta pemenuhan e-commerce.

Pelaksanaan manajemen gudang telah memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif mereka dengan cara meminimalkan biaya tenaga kerja, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan akurasi inventori, meningkatkan fleksibilitas dan daya tanggap yang cepat.
Berikut adalah beberapa manfaat dari sistem manajemen gudang diantaranya
Perputaran persediaan yang lebih cepat

Sistem manajemen pergudanga yang baik itu dapat meminimalkan waktu tunggu dengan cara membatasi pergerakkan inventori serta meningkatkan keandalan catatan inventori sehingga dapat mendukung kegiatan inventori secara real time.

Dengan begitu, persyaratan untuk safety stock dapat kita minimalkan untuk meningkatkan keseluruhan perputaran persediaan dan juga tujuan pengelolaan.
Pemanfaatan ruang gudang secara efektif

Sistem manajemen gudang tidak hanya berfungsi untu meminimalkan kebutuhan safety stock namun juga secara teratur dapat membantu dalam memperbaiki ruang gudang yang tersedia secara sistematis sehingga kita dapat melakukan kegiatan penerimaan, pengemasan dan pengiriman secara efektif.
Pengurangan pada dokumen persediaan

Sistem manajemen gudang dapat sangat meminimalkan dokumen secara konvensional terkait dengan fungsi gudang dan juga dapat memastikan arus inventori dan informasi berjalan dengan tepat waktu.
Peningkatan pelayanan pelanggan

Dengan mengoptimalkan proses yang benar dari pesanan produk hingga pengiriman, bisnis dapat berjalan lebih efisien dan akurat dalam menemukan ketersediaan barang dan tanggal pengiriman yang tepat. Dengan kata lain, semua kegiatan dapat berjalan dengan cepat sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sekarang kita telah sama – sama mengetahui beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan menggnakan sistem manajemen gudang. Sekarang kita telah memahami pentingnya peran dari sebuah warehouse management system bagi bisnis logistik, dan sekarang saatnya kita memilih sistem yang tepat untuk fungsi gudang yang kita miliki.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori