free hit counter Nasrani itu bukan Kristen !! — FBI

Nasrani itu bukan Kristen !!

[align=center]74d770347302280.jpg[/align]

[size=x-large][align=center]TAHUKAH ANDA?
NASRANI ITU BUKAN KRISTEN![/align][/size]

Nasrani. Nama yang sering kita dengar di telinga. Banyak dari kita umat Katolik jika ditanya: "Apakah ada orang Nasrani di sini?" akan ikut tunjuk tangan. Tetapi tahukah anda bahwa Nasrani sebetulnya bukan Kristen, malah dianggap sebagai sekte bidat (sesat) oleh Kekristenan?

[size=large]ASAL KATA "NASRANI"[/size]
Pemikiran yang umum adalah bahwa kata "Nasrani" berasal dari kata Nazaret, yaitu kota asal Yesus. Yesus sendiri pun disebut sebagai orang Nazaret.

"Setibanya di sana ia pun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: orang Nazaret." (Matius 2:23)

Akan tetapi, istilah "orang Nazaret" berbeda dari istilah "Nasrani" itu sendiri. Nasrani adalah nama sebuah sekte Yahudi pra-Kristen (sudah ada sebelum Kekristenan) yang menganut Genostik Mandaean.


[size=large]SEPERTI APA SEKTE NASRANI ITU?[/size]
Pendeknya, anggota sekte Nasrani masih memegang semua adat dan tata cara peribadatan Yahudi yang lama menurut hukum Taurat, namun juga mempercayai bahwa keselamatan datang melalui Yehoshua, anak Elohim, lahir dari perawan Mariam, mati dan bangkit, naik ke surga, dan akan datang kemudian untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Bapa Gereja Santo Hieronimus (Jerome) mendefinisikan orang-orang Nasrani sebagai "mereka yang menerima Kristus sedemikian rupa namun tanpa meninggalkan Hukum yang lama". [On Isaiah 8:14]

Sebagai sebuah sekte pra-Kristen, yang artinya sudah ada sebelum Kekristenan, sekte Nasrani hidup berdampingan dengan sekte-sekte Yahudi lainnya, seperti Farisi, Saduki, Esseni, Herodian, dan lain-lain. Bukan tidak mungkin bahwa beberapa orang yang dibaptis oleh Yohanes Pembaptis merupakan orang-orang sekte Nasrani.


[size=large]MENGAPA BISA TERCAMPUR?[/size]
Pada awal perkembangan Kekristenan di kalangan Yahudi, memang masih banyak yang memelihara Hukum Taurat, seperti yang kita baca dalam Kisah Para Rasul bab 15 di mana Rasul Petrus masih mempermasalahkan sunat. Akan tetapi dengan pertolongan Roh Kudus, Gereja pun bertumbuh menjadi Gereja yang sungguh menerima penggenapan Injil Kristus atas Taurat lama.

Dapat dimaklumi bahwa jemaat Kristen perdana yang masih dalam proses transisi "Taurat menuju Injil" itu kemudian disamakan oleh para pemimpin Yahudi dan dianggap sebagai sekte Nasrani juga (Kis 24:5).

Tetapi dengan berkembangnya waktu dan ajaran para rasul maka makin jelas beda antara mereka yang berasal dari sekte Nasrani, dengan mereka yang mengikuti ajaran Yesus yang kemudian disebut sebagai "Kristen" (Kis 11:26; 26:28; 1 Pet 4:16).

Dalam kitab suci Islam, pengikut Yesus disebut sebagai Nasrani (Nashara, Sura 5:82); ini dapat dimaklumi mengingat bahwa orang-orang Muslim awal banyak berinteraksi dengan umat Yahudi, terutama di Medinah, sehingga umat Muslim ikut menggunakan julukan orang Yahudi terhadap umat Kristen.


[size=large]APA SEBETULNYA ISTILAH ARAB UNTUK MENYEBUT ORANG KRISTEN?[/size]
Orang-orang Kristen di Timur Tengah menyebut diri mereka dengan sebutan "MASIHIN", yang artinya pengikut al-Masih, atau Mesias, yang adalah Yesus.

Sebenarnya di dalam kitab al-Quran pun Yesus sudah disebut "al-Masihi" (Sura 4:157), yang artinya "Mesias", maka dari itu umat Islam pun menyebut Yesus sebagai Isa al-Masih, Yesus sang Mesias.


[size=large]KESIMPULAN[/size]
Jadi apakah tepat menggunakan istilah Nasrani untuk menyebut orang Kristen? Berdasarkan sejarahnya, tentu saja tidak tepat! Nama "Nasrani" adalah label merendahkan dari umat Yahudi terhadap umat Kristen. Karena itu, janganlah kita mengaku diri sebagai Nasrani, namun mengakulah dengan bangga sebagai KRISTEN, pengikut Kristus, Mesias yang hidup!

—Servus Veritatis—

=============================
Sekarang kita tahu bahwa Nasrani tidak sama dengan Kristen, kecuali anda penganut Gnostisisme yang dianggap bidat/sesat oleh Gereja. :top:

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Kategori