
Contact form yang dibuat oleh jasa pembuatan website terpercaya memegang peranan penting sebagai media komunikasi antara pengunjung dengan pengelola web. Berbagai pesan yang masuk bisa berupa pertanyaan atau keluhan untuk dijawab secepat mungkin.
Form kontak bukan satu-satunya jalan menghubungi pengelola web. Pengunjung juga bisa menggunakan layanan chat online. Namun, terkadang chat offline sehingga pesan harus disampaikan melalui email. Meskipun menunggu agak lama, namun layanan ini 24 jam.
Artinya pengunjung bisa kapan saja berkirim email, namun harus mau menunggu balasannya. Hal ini disebabkan oleh bukan hanya satu atau dua orang yang mengirimkan pesan. Antrean semakin panjang maka balasannya semakin membutuhkan waktu.
Web atau toko online dengan layanan contact form biasanya ditandai dengan headline contact us atau hubungi kami. Pada umumnya kotak itu berisikan nama, alamat email, serta isi pesan yang hendak dipertanyakan atau disampaikan. Nanti balasannya akan dikirim ke email Anda.
Cara Mendapatkan Formulir Kontak dengan Mudah
Contact form yang paling populer adalah contact form 7. Untuk mendapatkan kontak ini Anda bisa melihat tutorial di internet. Hanya saja, jika mau lebih praktis tinggal menyerahkan pada jasa pembuatan website Jakarta. Selain lebih efektif, juga lebih bisa dipercaya kualitasnya.
Untuk mendapatkan form 7, Anda bisa memulai dengan melakukan instalasi. Nantinya akan diminta mengaktifkan plug in. Demi menyelesaikan tahapan ini Anda bisa mengklik activate agar kotak berkirim pesan ini bisa muncul pada tempatnya dalam web.
Langkah selanjutnya untuk aktivasi bisa mengklik contact kemudian add new. Nanti akan muncul kotak yang harus diisi. Perhatikan baik-baik apa saja permintaannya kemudian isi dengan teliti. Periksa kembali data yang diinput untuk memastikan tidak ada kesalahan.
Setelah plug in muncul selanjutnya Anda harus menentukan email mana yang akan menerima pesan. Ketika sudah ditentukan dari awal maka pengunjung tidak perlu direpotkan lagi. Mereka juga tidak perlu bingung ke mana tujuan pengiriman pesan.
Berikutnya atur tampilan contact form agar berbeda dari web lain. Posisikan sesuai dengan kebutuhan setelah mempertimbangkan faktor keindahan. Jika sudah mantap dengan pilihan maka Anda bisa segera mempublikasikan kotak layanan pesan untuk diakses publik.
Fungsi Formulir Kontak untuk Media Komunikasi Dua Arah
Fungsi utama contact form yang disediakan oleh jasa toko online profesional adalah untuk media komunikasi dua arah antara pengunjung dengan admin. Cara berkomunikasi seperti ini bisa lebih formal karena admin dapat memikirkan jawaban secara masak untuk pengunjung.
Biasanya ada maksimal jumlah kata sehingga pengunjung dan admin bisa belajar merangkai pesan dalam bahasa sepadat mungkin. Tujuannya supaya informasi yang dipertukarkan dapat langsung kepada intinya. Ketika sudah sampai inti maka solusi bisa segera dicari.
Kepadatan pesan dapat menunjukan profesionalitas di mana menghalangi kemungkinan kedua pihak melakukan sesi curhat. Terdengar aneh, namun hal seperti ini mungkin saja terjadi apabila pengunjung adalah orang iseng yang hanya ingin mengerjai admin.
Admin pengelola web bisa beristirahat di luar jam kerja dengan tenang karena tugas mengelola pesan hanya saat di kantor atau pada saat jam kerja saja. Tidak perlu risau akan direpotkan di luar jam kantor melalui kiriman pesan ke handphone atau email pribadi.
Nyaris semua web memberikan layanan contact form karena sadar keterlibatan pengunjung berperan besar bagi perkembangan bisnis. Langkah jasa pembuatan website terbaik dan profesional menyediakan kotak pesan adalah suatu hal bijak guna memudahkan kerja pemilik web, terutama dalam hal ini admin web.