Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffic website yang mungkin saja berakhir dengan leads. Saat ini website memang menjadi alat termutakhir yang bisa digunakan untuk mencapai banyak target mulai dari brand awareness, peningkatan traffic atau kunjungan web, hingga peningkatan penjualan. Dua cara yang paling umum digunakan adalah teknik SEO dan SEM. dan sudah banyak Jasa SEO Website Profesional yang tersebar.
SEO dan SEM merupakan dua teknik yang banyak digunakan untuk mencapai target-target tertentu yang terkait dengan dunia digital marketing. Target yang paling umum dicapai dengan menggunakan teknik ini adalah traffic dan leads. Dua target yang paling umum dicapai ini memang bisa diraih dengan menggunakan teknik SEO dan SEM, namun di antara kedua teknik tersebut sebenarnya siapa yang bisa dikatakan paling tepat untuk digunakan?
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui lebih jauh apa yang dimaksud dengan SEO dan SEM. Dua hal ini sebenarnya saling terkait namun jika dipahami lebih jauh, keduanya merupakan hal yang berbeda.
Search Engine Optimization (SEO)
SEO merupakan teknik yang dilakukan untuk menempatkan sebuah situs di posisi pertama sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu dengan mengoptimalkan beragam cara yang bisa dilakukan melalui on-page maupun off-page.
Tujuan dasar dari SEO pada dasarnya adalah mendapatkan posisi paling optimal di mesin pencari. Posisi yang strategis di mesin pencari memang sangat penting karena saat ini user menggunakan mesin pencarai seperti Google untuk memperoleh banyak hal oleh sebab itu posisi pertama di halaman pertama menjadi sesuatu yang terus dioptimalkan oleh banyak situs web.
Teknik SEO terbagi ke dalam dua cara yakni SEO on-page dan off-page, kedua cara ini bisa digunakan berbarengan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Hal yang perlu Anda ketahui adalah teknik SEO on-page biasanya akan dioptimalkan melalui hal-hal yang terkait website itu sendiri. Misalnya dengan optimalisasi kata kunci di setiap artikel di dalam website. sedangkan SEO off-page lebih menekankan pada optimalisasi yang dilakukan dari luar website misalnya seperti penggunaan backlink.
SEO merupakan cara organik yang dilakukan oleh webmaster untuk mendapatkan traffic yang sesuai target. Maka dari itu proses untuk memaksimalkan SEO memakan waktu yang cukup lama karena semua metode dilakukan dengan organik.
Search Engine Marketing (SEM)
Lain halnya dengan SEO, teknik SEM merupakan sebuah teknik yang orientasinya tidak hanyapada peningkatan traffic, namun juga kepada potensial pelanggan yang bisa diraih. Berbeda dengan SEO yang menggunakan metode organik, teknik SEM membutuhkan biaya yang sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.
Teknik ini memang cukup ampuh untuk mendatangkan leads dan kepopuleran website dalam waktu yang cepat karena menggunakan iklan berbayar yang diatur dalam jangka waktu dan tempat tertentu bisa menarik perhatian calon konsumen dengan mudah.
Penggunaan teknik SEM juga sebenarnya mudah dikendalikan dan dilacak efektivitasnya karena menggunakan alat ukur yang mempermudah analisis. Penggunaan SEM bisa mempermudah Anda memantau efektivitas iklan bisnis yang sudah dijalankan. Jika dalam beberapa bulan atau kurun waktu tertentu dianggap tidak sesuai dengan target, Anda bisa mengganti hal-hal yang terkait dengan pengaturan iklan.
Google Ads dalam hal ini menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menjalani SEM. Sampai di sini sebenarnya sudah cukup terlihat perbedaan antara SEO dan SEM. Dan untuk menjalankan kedua metode ini di perlukan peforma website yang baik dan memerlukan jasa pembuatan website terbaik.
Mana yang sebaiknya Anda pilih?
Lalu di antara kedua teknik tersebut, mana yang sebaiknya Anda jalankan? SEO atau SEM? Baik SEO pun SEM, keduanya sah saja dilakukan bahkan untuk performa yang lebih unggul Anda bisa menggunakan keduanya secara berbarengan.
Pilihan yang tepat untuk bisnis daring Anda sebenarnya bisa dilakukan dengan mengetahui dan mengenali lebih jauh target dan kebutuhan bisnis daring Anda. Hal ini karena target akan sangat berpengaruh terhadap cara yang akan digunakan. Jika target bisnis daring Anda adalah peningkatan penjual dan masuknya calon konsumen baru dalam waktu dekat, maka penggunaan SEM adalah langkah tepat.
Namun, jika Anda ingin menjangkau lebih banyak audiens untuk mengunjungi website dan meningkatkan brand awareness maka bisa menggunakan SEO. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menjalankan dua hal tersebut berbarengan karena SEO dan SEM memiliki ranah yang cukup berbeda.