Beriklan dengan menggunakan baliho besar yang ada di jalan raya memakan banyak biaya yang tidak sedikit. Belum lagi untuk mengukur keberhasilan iklan yang dijalankan juga sangat sulit. Untuk itu saat ini ada banyak pengusaha yang beralih untuk beriklan dengan menggunakan metode lain yaitu sosial media. Beberapa bisnis bahkan menggunakan jasa social media management untuk menjalankan kampanye iklannya dengan efektif.
Dari sekian banyaknya sosial media yang ada, Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg di medio tahun 2004 menjadi salah satu sosial media yang digunakan untuk beriklan. Data yang dikutip dari CupoNation per Juni 2019 lalu ada kurang lebih 120 juta pengguna terdaftar di sosial media Facebook. Angka tersebut membawa Indonesia berada di peringkat keempat sebagai negara dengan pengguna Facebook terbanyak.
Angka yang fantastis tersebut rupanya tidak hanya menunjukkan kalau warga Indonesia gemar melakukan sosialisasi di sosial media Facebook. Lebih daripada itu, angka fantastis tersebut bisa menjadi indikator yang sangat menarik untuk dunia marketing dan periklanan. Angka yang ada berarti potensi untuk menjangkau audiens dengan beragam cara beriklan yang bisa dijalankan semua bisnis tanpa terkecuali.
Konsep beriklan di sosial media bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang cukup rumit. Namun, cara ini rupanya menjadi yang mutakhir untuk digunakan bisnis di era digital seperti saat ini. secara simpel visitor yang di dapat dari iklan akan di konversi kedalam sebuah website. Dan untuk itu di perlukan website dan jika anda belum memiliki website disarankan menggunakan Jasa Pembuatan Website. karna website yang dibutuhkan cukup rumit.
Facebook dirancang dengan mengedepankan user interface yang memudahkan setiap penggunanya untuk melakukan interaksi termasuk juga untuk beriklan. Dengan begitu Anda bisa menjalankan kampanye iklan dengan mudah. Di bawah ini kami rangkum 5 langkah yang bisa Anda jalankan untuk menjalankan kegiatan iklan dengan menggunakan platform sosial media Facebook.

image from : https://breefstudio.com/
- Tentukan tujuan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tujuan. Setiap kampanye iklan yang dilakukan pasti memiliki tujuan, entah itu berupa brand awareness, meningkatkan konversi, atau meningkatkan kunjungan ke website toko online Anda. Semua tujuan tersebut rupanya memiliki cara yang berbeda untuk mencapai trget yang diinginkan.
Maka dari itu sebelum Anda menggunakan beriklan di Facebook, Anda bisa mulai untuk menentukan tujuan dengan pasti sehingga Anda juga bisa mengarahkan kampanye iklan yang akan dijalankan. Setidaknya Facebook membagi tujuan menjadi 3 yaitu untuk brand awareness, pertimbangan, dan konversi.
- Memilih pemirsa
Setelah menentukan tujuan, Anda bisa melanjutkan ke tahap pemilihan audiens. Di antara jutaan orang yang ada di Facebook, tentunya tidak semua pengguna bisa masuk ke dalam kategori audiens bisnis Anda. Untuk itu diperlukan tahap penargetan audiens agar iklan yang dijalankan juga bisa berdampak efektif.
Facebook membuat kampanye iklan yang akan dijalankan ebih terarah dan terukur. Target yang ingin Anda jangkau dispesifikasikan menjadi golongan umur, lokasi, minat, jenis kelamin, bahasa yang digunakan, koneksi, demografi. Target yang ada kemudian kembali disaring menjadi pemirsa khusus, dan pemirsa serupa. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan Facebook Piksel untuk membuat audiens yang lebih jelas dan spesifik.
- Pilih platform
Tentu saja Anda menjalankan iklan di Facebook, tapi rupanya Facebook kembali membuat wadah untuk beriklannya menjadi sesuatu yang spesifik. Seperti yang kita tahu platform Instagram kini sudah diakuisisi oleh Facebook, maka Anda juga sebenarnya bisa menjalankan iklan di Instagram.
Ada beragam lokasi yang bisa dijalankan, misalnya beranda Facebook atau beranda Instagram, Instagram explore, marketplace Facebook, kolom kanan Facebook, Messenger, Facebook Stories, dan beberapa saluran lain. Anda juga bisa memilih Penempatan Otomatis yang kemudian sistem dari Facebook yang akan bekerja untuk iklan Anda.
- Tetapkan anggaran
Beriklan tidaklah gratis tapi bukan berarti Anda perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk kegiatan promosi yang satu ini. Di Facebook, Anda bisa melakukan kampanye iklan mulai dari nominal yang sangat kecil sekalipun. Facebook memang membebaskan Anda untuk menetapkan anggaran untuk kampanye iklan yang dijalankan.
Bayangkan, Anda bisa mulai menjalankan iklan dengan nominal Rp. 20.000 saja! dengan nominal kecil tersebut Anda juga bisa leluasa menentukan berapa lama iklan akan berjalan. Anggaran yang kecil tersebut sangat ramah untuk kantong pengusaha kecil dan menengah yang sedang merintis kesuksesan.
- Pilih format yang diinginkan
Bagaimana iklan Anda akan dilihat oleh banyak audiens? Apakah dalam bentuk stories, foto, video, atau gambar katalog? Facebook menyediakan enam format iklan yang bisa dipilih untuk beriklan. Menggunakan foto, video, stories, messenger, carousel, tayangan slide, koleksi, atau bahkan mungkin bisa langsung dimainkan?
Tentukan dan kreasikan format iklan Anda ke dalam bentuk yang terbaik. Jangan lupakan kualiatas gambar atau video yang akan digunakan untuk beriklan. Anda bisa dengan mudah menggunakan facebook untuk kegiatan kampanye iklan, Selamat mencoba!