Toyota Kijang Innova generasi pertama telah dapat dijangkau harga nya.
Sekarang untuk tahun 2004 vs mesin bensin dikisaran Rp 70 juta, sedang vs diesel beda dikit yaitu Rp 80 juta.
Dengan umur yang telah lebih dari 10 tahun, pasti mulai banyak pemilik yang mengubah perawatannya dari jaringan bengkel sah.
Seperti terpantau dari market onderdil baik orisinal ataupun aftermarket di sentra-sentra spare part ibukota.
Dari beberapa elemen yang dicari pemilik generasi awal Kijang Innova, ada banyak perangkat yang dapat disebutkan best seller.
Uniknya, elemen itu belumlah pasti termasuk fast moving, bahkan juga ada pula onderdil yang sebetulnya jarang ditukar.
“Biasanya ada-ada saja yang mencari,” katakan Agung Waluyo, bos Putra Agung Motor di pusat onderdil Palmerah, Jaksel.
Beberapa elemen ini termasuk juga barang ‘most wanted’ yang dapat masuk rincian berbelanja.
Baca Juga : <a rel="nofollow" href="http://carxbike.com/1990/mobil-70-jutaan.html">mobil bekas murah 70 sampai 80 juta</a>
Sokbreker Depan
Salah satunya elemen yang sebetulnya bukan onderdil fast moving serta sering jadi target pemilik Innova ialah sokbreker depan.
“Enggak tahu mengapa, tiap-tiap orang mencari sokbreker, tentu yang depan. Jarang mencari yang belakang,” papar pemukim bilangan Puri Indah, Jakbar ini.
Umumnya sokbreker alami kebocoran hingga tidak dapat kembali kerja optimal.
Jika ditukar, Konon usianya tidak lama. “Bahkan terkadang tidaklah sampai setahun telah ubah kembali," imbuhnya.
Sepasang sokbreker depan orisinal merk Kayaba bikinan lokal dapat diperoleh dengan bandrol seputar Rp 1 juta-an, atau variasi Ultra yang berwarna kuning di harga Rp 700 beberapa ribu.
Sedang merk aftermarket di luar negeri dapat juga dicari, seperti sokbreker Monroe yang dibandrol di rata-rata Rp 1 juta-an.
Atau sok yang lebih keras kembali seperti Bilstein yang sekarang ini harga nya telah sampai Rp 4 juta-an lebih.
Membersihkan as sokbreker hidrolik pintu bagasi gunakan lap halus Sok Pintu Bagasi
Elemen yang satu ini disebut terpenting tidak, tapi jika rusak dapat membuat sulit.
Sayangnya, spare part yang satu ini walau kecil harga nya dapat membuat kaget.
Sepasang parts yang resminya dimaksud stay back door ini harga nya dapat sampai Rp 500 beberapa ribu sepasang.
Ingin substitusi gunakan sok buat mobil lainnya juga susah sebab panjang serta dudukannya berlainan.
Atau dapat mencari elemen yang non-ori serta tambah murah, harga nya seputar Rp 150-250 ribu sepasangnya.