Tahun 1887 : pabriknya didirikan di Utrecht Stationdwarsstraat (di Jalan Stasiun) dengan nama “Simplex Automatic Machine Company”. Pendirinya seseorang berkebangsaan Inggris, Charles Bingham. Tahun 1890 : Simplex mengawali produksi sepedanya dengan cara komplit/utuh.
Piet Leeuwenberg dari Dekft pendirinya serta Charles Bingham masuk jadi dewan direksinya th. 1893. Keluarga Leeuwenberg jadi wakil direksinya hingga th. 1954.
Produksi sepeda Simplex pada tahun1896 sudah menjangkau 5000 buah sepeda sesudah geser tempat di Overtoom, Amsterdam. Tahun berikut Simplex memperoleh status sebagai pabrik sepeda paling besar di Amsterdam.
Tahun 1899 : pabrik sepeda ini bernama NV Simplex, pabrik mesin, sepeda, serta motor. Tahun 1908 : Simplex meluncurkan satu style sepeda roda tiga (terutama untuk mengangkut orang sakit). Style ini otomatis untuk angkutan jarak jauh.
Tahun 1939 : Simplex mengenalkan satu sepeda alumunium dengan berat 12 kg. Produksi berhenti akibat perang pada th. 1943 akhir th. 1945.
Tahun 1952 : Simplex berhimpun dengan Locomotief, serta sekitaran th. 1960 sudah hasilkan 55. 000 sepeda. Berarti sudah memberi kontriusi 10% dari produksi sepeda di Belanda.
1892 : Willem Kolling, yang bekerja sebagai agen kantor pos di satu desa di Belanda yang bernama Dieren, mengundurkan diri serta mengawali usaha dagang sepeda dengan pesan satu sepeda di Inggris. Usaha dagangnya berkembang dengan begitu bagus. Kolling lalu mengawali kerja sama juga dengan pengecer feature dari besi serta kompor Rudolf Arentzen dari Dieren.
1902 : Arentzen serta Kolling beli tanah serta bangunan baru ditempat berdirinya pabrik yang saat ini serta mengawali produksi sepeda. Dalam th. yang sama, sepeda pertama kalinya yang bermerk Gazelle mulai dipasarkan.
1903 : Lalu Gazelle mengenalkan produksi sepeda motornya yang pertama, tetapi tidak di buat oleh Gazelle sendiri.
1905 : Walau perdagangannya berkembang bagus Arentzen mengundurkan diri dari perusahaan itu. Posisinya digantikan oleh Hendrik Kolling, saudara Willem Kolling.
1912 : Dengan pelebaran besar-besaran pada tanah serta bangunan awal mereka, serta dengan alat – alat permesinan yang modern serta spesialis, gagasan produksi sendiri dapat direalisasikan semuanya. Meraka mempunyai spesialisasi dalam pembuatan sepeda komplit. Disamping itu kesibukan perdagangan borongan Gazelle jadi makin utama.
1915 : Keluarga Kolling serta kemenakan mereka Van Breuking merubah nama perusahaan jadi “N. V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentzen en Kolling dalam dua puluh lima th. selanjutnya perusahaan ini alami pertumbuha yang mantap. Permintaan dari outlet domestik dan keinginan internasional bertambah dengan cara penting. Hal ini bisa karna pasar yang berkembang untuk sepeda Gazelle di Indonesia yang saat itu jadi di antara koloni Belanda. Selain sepeda – sepeda standard, sebagian type sepeda bermotor, delivery bicycles (sepeda antar) serta carier tricyles (sepeda muatan tiga roda) di produksi untuk bermacam bidang idustri
Sumber :
1. http://sepedaholic.com/sepeda-gazelle-seri-10.html
2. http://sepedaholic.com/ukuran-frame-sepeda.html
3. http://sepedaholic.com/sepeda-anak-family.html