PZL-230 Skorpion adalah desain pesawat serang darat untuk AU Polandia. Proyek ini dimulai sekitar akhir 1980'an oleh PZL. Namun dibatalkan tahun 1994 karena keterbatasan dana untuk merealisasikan pesawat ini. Skorpion memiliki desain yang unik, dimana dia memiliki dua mesin yang menyatu langsung dengan air-intake yang menempel di belakang sayap. Sungguh, sebuah inovasi desain pesawat terbaru untuk dunia dirgantara.
Sejarah
Proyek ini dikembangkan oleh tim yang dikomandoi oleh Andrzej Frydrychewicz di PZL Okecie. Dia dan timnya menganalisa berbagai pengalamannya dalam kancah peperangan modern seperti Perang Vietnam, Perang Soviet-Afghanistan dan memanfaatkan pengalaman mereka dengan berbagai desain pesawat Polandia lainnya seperti PZL-130 Orlik ( http://en.wikipedia.org/wiki/PZL-130_Orlik )
PZL menginginkan pesawat dengan kemampuan STOL, manuver lincah, namun murah, mudah dibuat dan dimodifikasi. Desain awal Skorpion berupa mesin jet ganda, dimana sepasang canard juga di pasang disitu, penempatan mesin ditempatkan di tengah-atas sayap seperti A-10 Thunderbolt II.

Desain awal PZL-230 Skorpion
Selain itu, proyek ini nantinya mampu melahirkan pesawat serang darat dengan kemampuan mampu take off dari landasan sekitar 250 m panjangnya, mampu menggotong 2000 kg munisi, melaju dengan kecepatan 640 km/jam, dan dilengkapi cannon 25mm dengan persenjataan dari NATO dan Pakta Warsawa. Kemampuan fly-by-wire, dan penerapan avionik canggih juga akan diterapkan.
Tahun 1990, desain awal Skorpion berubah total. Menteri Pertahanan Polandia menginginkan pesawat dengan kecepatan 1000 km/jam, dan mampu membawa persenjataan seberat 4000 kg. Desain ulang Skorpion lambat laun mengubahnya menjadi penyerang berat, ketika mesinnya dipindahkan ke bagian tengah sayap. Perubahan ini juga memanjangkan kemampuan take off sepanjang 400 m. Desain terbarunya dibuat begitu datar, diharapkan desain ini dapat mengusung kemampuan siluman.

PZL-230F, sebuah inovasi desain terbaru di bidang kedirgantaraan
Model pertama dibuat dengan versi F pada tahun 1992. Kemudian, nama F di ubah menjadi D, dan muncul berbagai varian seperti DT (trainer), dan DB (combat variant). Sayangnya, desain pesawat ini dibatalkan pada tahun 1994 karena keterbatasan dana. Padahal desain ini sudah diterima oleh AU Polandia.
Spesifikasi
PZL-230F
Wingspan - 9 m
Length - 9.30 m
Height - 4.8m
Maximum speed - 1000 km/h (Mach 0.85),
Service ceiling - 11.5 000 m
Wing area - 25.40 m2
Empty weight - ?
Total weight - 10 000 kg (4000 kg of munitions)
Rate of climb - ?
Range: 300 km
Runaway needed: 400 m