Hello There, Guest! - Silahkan Daftar atau Login Cepat via Facebook
Post Terbaru Sejak Login Terakhir   Post Terbaru 24 Jam Terakhir


 
  • 153 Vote(s) - 2.93 Average
Tools    New reply


8 Sep 2009 01:38
jungle
Kolonel
Posts 4.233
Reputation: 142
Awards:

(This post was last modified: 8 Sep 2009 01:47 by jungle.)
cuma sekedar sharing Info saja bagi siapa saja khususnya para FBI'ers yang akan dan mau mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan)... Wink
Berikut adalah syarat-syarat umum dalam pembuatan IMB untuk membangun rumah baru ataupun renovasi rumah...:

Secara umum syarat-syarat membuat IMB cukup mudah:
- Mengisi formulir Permohonan Ijin.
- Foto Copy surat tanah
- Gambar konstruksi bangunan (denah, tampak muka, samping,belakang,rencana utilitas)
- Fotocopy KTP
- Persetujuan tetangga (khusus bangunan bertingkat)
- Bukti pelunasan PBB

Tarif dan biayanya ada beberapa komponen:
- Tarif dasar retribusi dihitung per m2-
- Tarif dasar bangunan non gedung : pagar, jalan dan parkir, teras/bangunan terbuka, saluran dan jembatan, kolom, menara, cerobong dan sejenisnya. Dihitung per m2.
- Tarif bangunan induk disesuaikan dengan kelas jalan (jalan utama,jalan lokal, jalan desa, gang), jenis bangunan (sosial, non komersial, komersial), jumlah lantai (I. II, II, dst), luas bangunan (0-100m2, 101-250m2, >251m2)

Dan utk pembangunan/renovasi yg dibawah 12m3 tidak perlu IMB yg kalau tidak salah sesuai perda No.7/1991 :Pasal 17

Kegiatan yang tidak memerlukan izin adalah:
- Pekerjaan yang termasuk dalam pemeliharaan dan perawatan bangunan yang bersifat biasa.
- Mendirikan kandang pemeliharaan binatang atau bangun-bangunan di halaman belakang dan isinya tidak lebih dari 12 m3.
- Bangun-bangunan di bawah tanah.
- perbaikan-perbaikan yang ditentukan oleh Gubernur Kepala Daerah.

Nah...sudah jelaskan. Jika anda punya rumah mau renovasi, dan bertanya-tanya "apakah perlu IMB untuk pembangunannnya, saya rasa pasal 17 ayat 2 diatas sudah menjawabnya, Asalkan tidak lebih dari 12 m2. Kalo lebih sebaiknya anda mempersiapkan IMB lebih dahulu sebelum pelaksanaan. Jika tidak, rumah anda bisa disegel, dan pastinya dendanya justru lebih banyak daripada biaya pembuatan IMB itu sendiri.

Sebagai contoh perhitungan pengurusan IMB untuk Tangerang, Surabaya dan Jogjakarta Tarif IMB Normal Tidak pernah tercantum untuk publik, yang tercantum hanyalah rumus Rp 750.000,- untuk BAPL Retribusi dihitung dengan formula, permeter sekitar 10-15rb, dihitung dari lokasi dan ukuran. Biaya murah selisih 2-3 juta dari oknum...weleh weleh Rolleyes

Selamat mengurus dan merenovasi.. Smile
Reps +  supi






signature
[b][color=#0000CD]Cool, Calm and Confident[/color][/b]

8 Sep 2009 08:04
sutisna
Brigjen
Posts 5.862
Reputation: 30
Awards:

hmmmm......

ini yang resminya ya om....?????

kok ngak sekalian disebutkan embel-embelnya.....






signature
[size=medium]I know that I am not the best man in the world, I don't care.
[b]I just do my best[/b][/size]

8 Sep 2009 12:21
jungle
Kolonel
Posts 4.233
Reputation: 142
Awards:

iya ini resmi Grin
embel-embel maksudnya sekalian draft rincian biayanya gitu ya ?






signature
[b][color=#0000CD]Cool, Calm and Confident[/color][/b]

8 Sep 2009 12:38
sniper78
Jendral
Posts 12.287
Reputation: 126
Awards:

Thanks infonya boss.

8 Sep 2009 18:28
jungle
Kolonel
Posts 4.233
Reputation: 142
Awards:

Ada komen lain selain "thanks infonya bosss" bung snip ? Smile






signature
[b][color=#0000CD]Cool, Calm and Confident[/color][/b]

11 Sep 2009 00:49
jungle
Kolonel
Posts 4.233
Reputation: 142
Awards:

(This post was last modified: 11 Sep 2009 01:04 by jungle.)
(8 Sep 2009 08:04)sutisna Wrote:
 
kok ngak sekalian disebutkan embel-embelnya.....

oke, ini lebih detailnya....
Mudah-mudahan semakin memberikan pencerahan bagaimana pengurusannya, dan semakin anda dibuka matanya akan tingkah laku pelaku-pelaku pelayan masyarakat dalam melayani masyarakatnya.... Sad
Biaya-biaya yang akan dikeluarkan selama pembelian rumah biasanya tidak jauh dari biaya-biaya dibawah ini:
  • IMB rumah baru Untuk mengajukan rumah baru seharusnya tidak memakan biaya besar dan lebih cepat karena biasanya yang membangun (kontraktor) sudah memliki gambar yang fix sehingga prosesnya lebih cepat. Untuk gambar juga harus mengikuti ketentuan yang berlaku dimana luas dan letak tanah kosong harus sesuai dengan aturan pemerintah. Biayanya sekitar 3,5 juta untuk proses 2 minggu. Bila kita membeli rumah yang baru di perumahan yang baru dibangun, kita tidak perlu repot-repot membuat IMB, karena developer pasti sudah memilki IMB untuk perumahan tersebut. Dan bila kita membeli di perumahan dengan KPR bank., pihak bank tersebut yang akan berurusan dengan devloper dan kita tinggal menuggu saja. Tapi bila kita membeli dari rumah seken, maka kita harus mengurus IMBnya.
  • IMB Renovasi IMB diajukan apabila akan dilakukan renovasi atau perombakan rumah yang signifikan sehingga ukuran dan bentuk rumah juga berubah banyak. Pengajuan ini juga cenderung cepat bila kita sudah memilki gambar denah sebelum dan sesudah dirombak, serta ukuran yang baru tidak melebihi ketentuan pemerintah yaitu luas tanah yang tersisa harus 40% dari luas total tanah, serta letak tanah ruang tanah kosongnya harus berada di samping, depan dan belakang rumah, sesuai ketentuan (bukan hanya berada di depan saja). Apabila tidak sesuai dengan ketentuan, maka gambar akan dirubah atau akau digunakan gambar palsu yang sudah dimanipulasi yang tentu saja ini akan memakan biaya dan dan dana lebih. Jadi lebih baik tanyakan dulu ke bagian IMB di kelurahan atau BPN agar well prepare. Biasanya biayanya sekitar 3,5 Juta untuk tanah yang tidak ada masalah. Yang dimaksud bermasalah adalah apabila di renovasi mejadi sebuah rumah sedangkan denah adalah 2 kapling biasanya akan dikenakan tambahan 500rb - 1 juta untuk merubah status tanah 2 kapling menjadi 1 kapling.
  • IMB rumah lama IMB ini diajukan apabila kita membeli rumah seken yang belum memliki IMB saat membangunnya (bahasa kasarnya adalah bangunan liar). Biaya yang dikeluarkan akan lebih besar daripada IMB rumah baru dan renovasi karena akan dikenakan denda dan dispensasi dari Pemda (Pemerintah daerah) yang besarnya bisa lebih mahal 2-3 juta. Tergantung persentase dari NJOP. Biaya ini belum termasuk biaya penggabungan 2 kapling atau lebih menjadi 1 kapling apabila ternnyata bangunan berada diatas penggabungan kapling tsb. Biasanya untuk pembuatan IMB denda despenasi penggabungan tanah memkan biaya 7-8 juta. Pengajuan ke-3 IMB diatas pada umumnya dilakukan karena alasan mengajukan KPR dan Kredit ke BANK. Smile Saran saya bila alasannya untuk mengajukan kredit KPR lebih baik menggunakan IMB rumah baru saja walaupun sebenarnya rumah tsb adalah rumah seken, jadi rumah lama yang ada sekarang dianggap rumah yang baru di bangun. Karena bank juga tidak akan cross check apakah IMB tersebut untuk rumah lama, renovasi atau rumah lama. IMB bagi BANK adalah syarat administrasi dan tidak melihat jenis IMB tsb tetapi melihat dari ukuran rumah yang tertera dengan ukuran rumah di dalam faktur pajak. Pada umumnya setiap rumah tidak memiliki IMB yang sesuai dengan yang eksisting karena telah banyak perubahan baik di dalam maupun diluar bangunan. IMB yang sesuai antara ukuran di IMB dengan eksisting akan diminta utuk pengajuan kredit. Sebagai tambahan, pada saat mengajukan IMB, ada beberapa syarat yang harus di persiapkan yaitu :
    - fotocopy pemilik rumah/tanah
    - fotocopy KK pemilik tanah
    - Fotocopy sertifikat tanah berkas-berkas yang harus di tandatangin dengan materai sebanyak 7 buah.
    Agar kita tidak bolak-balik ke kelurahan/BPN, mintalah berkas-berkas yang harus di isi dan ditandatangani sehingga kita datang ke kelurahan/BPN langsung menyerahkan semua syarat tersebut.






signature
[b][color=#0000CD]Cool, Calm and Confident[/color][/b]

11 Sep 2009 01:02
jungle
Kolonel
Posts 4.233
Reputation: 142
Awards:

Pajak Penjual dan Pajak Pembeli
Berhati hatilah dengan penjual rumah yang ingin menjual rumahnya dengan harga bersih, karena kita harus tau dulu apakah harga besih adalah harga diluar notaris dan pajak penjual atau tidak. Bila penjual minta bersih diluar biaya-biaya lain. Bersiap-siaplah untuk merogoh tabungan lebih banyak. Rincian pajak adalah sbb:

Pajak Penjual (PPH) : 5% x harga (tanah rumah) NJOP
Pajak Pembeli (BPHTB) : 5% x harga (tanah rumah – 60 Juta)

Contoh :
Luas tanah 145 m2, harga tanah di NJOP adalah 1.300.000/m2
Harga bangunan di NJOP 500rb/m2
Sehingga pajak penjual = 5% x [145 x ( 1.300.000 500.000) ] = 13.050.000
Pajak pembeli = 5% x [[145 x ( 1.300.000 500.000) ] – 60.000.000]] = 10.050.000. Sehingga apabila kita yang harus membayar pajak pejual maka kita harus mengularkan dana untuk pajak jual beli adalah 23.100.000 diluar harga rumah.

Biaya notaris
Apabila biaya notaris yang akan ditunjuk bersama di tanggung oleh pembeli maka bersiap-siap aja untuk mengeluarkan waktu dan tenaga yang lebih, karena selain kita harus mencari-cari notaris PPAT yang murah dan benar (bila tidak melalui KPR Bank) kita juga harus ngotot-ngototan menawar harga ke notarisnya. Wow Tapi bila kita melalui KPR bank, kita akan mendapat notaris yang sudah memiliki standar biaya dari BANK tsb. Untuk mendapatkan harga yang spesial dari notaris BANK kita harus pandai-pandai meloby manager cabang bagian perkreditan tempat kita mengajukan tsb. Akan lebih baik bila kita bisa meloby ke yang lebih berwenang diatas manager tsb, sehingga kita akan mendapatkan potongan harga khusus untuk notaris tsb.
Biaya-biaya yang akan kita keluarkan untuk notaris sbb:
Biaya cek sertifikat : Rp. 100.000,-
Biaya SK 59 : Rp. 100.000,-
Biaya validasi pajak : Rp. 200.000,-
Biaya Akte Jual Beli (AJB) : Rp. 2.400.000,-
Biaya Balik Nama (BBN) : Rp. 750.000,-
SKHMT : Rp. 250.000,-
APHT : Rp. 1.200.000,-
Total : Rp.5.000.000,-

Cek sertifikat diperlukan untuk memastikan apakah sertifikat tersebut asli atau palsu, Validasi pajak juga perlu untuk memastikan apakah pajak sudah dibayar/belum atau bukti pembayaran ternyata palsu, biaya akte jual beli merupakan biaya perngurusan segala berkas-berkas sampai selesai dan kita hanya menandatangani bersama si penjual semua berkas-berkas dan pernjanjian jual beli, biaya balik nama adalah biaya pengurusan balik nama semua sertifikat dari penjual ke pembeli.






signature
[b][color=#0000CD]Cool, Calm and Confident[/color][/b]

11 Sep 2009 01:07
jungle
Kolonel
Posts 4.233
Reputation: 142
Awards:

Biaya Bank
Bila mengajukan kredit melalui bank kita akan dikenakan biaya administrasi antara lain :
Biaya apraisal sebesar Rp.300.000 yaitu biaya administrasi untuk proses pengajuan peminjaman kredit ke bank.
Biaya administrasi PSJT sebesar 0.5% dari sisa pokok kredit kita. Biaya ini akan di bebankan ke kita bila kita kita akan melunasi KPR kurang dari 1 tahun. Tapi bila lebih dari satu tahun kita tidak akan dikenakan biaya apapun.
Biaya asuransi, yaitu asuransi kebakaran dan asuransi jiwa. Pada umumnya akan kita bayar lansum selama jangka waktu kredit yang disejui, dan bekisar antara 1.8 juta – 2,4 juta.

Uang kita juga akan ditahan (dibekukan) di dalam tabungan kita sebesar 1 kali angsuran perbulan kita. Jadi didalam tabungan kira akan mengendap dana minimal 1 kali angsuran yang tidak dapat kita tarik.

Biaya peningkatan HGB ke SHM
Bila sertifikat yang ada adalah HGB (Hak Guna Bangunan), maka pembeli dapat meningkatkan sertifikat menjadi SHM (Sertifikat Hak Milik). Biayanya sbb:
Biaya pemasukan kas negara (2% x (NJOP tanah – 60 Juta)
Misal harga NJOP tanah : Rp.1.300.000/m2 dan luas tanah adalah 145 m2. maka NJOP tanah : 1.300.000x 145 = 188.500.000. jadi biaya pemasukan kas negara untuk peningkatan SHM adalah : 2% x (188.500.000-60.000.00) = Rp. 2.570.000
Jasa notaris : Rp. 1.000.000- Rp.2.000.0000. Jadi total biaya peningkatan hak milik antara Rp 3.570.000- Rp.4.570.000

yup sementara itu dulu yah.. Wink






signature
[b][color=#0000CD]Cool, Calm and Confident[/color][/b]

11 Sep 2009 21:56
MuakMan(MM)
Kolonel
Posts 3.192
Reputation: 94
Awards:
FBI FansCharityCSR Donatur

Kalo syarat mengurus IML ada gak?

12 Sep 2009 23:59
jungle
Kolonel
Posts 4.233
Reputation: 142
Awards:

IML ? Rolleyes
tanda kutip atau istilah yang lain nih Om ? Grin






signature
[b][color=#0000CD]Cool, Calm and Confident[/color][/b]

13 Sep 2009 02:51
MuakMan(MM)
Kolonel
Posts 3.192
Reputation: 94
Awards:
FBI FansCharityCSR Donatur

Nice posting Super Kid.
Hehehe... O_om hanya bercanda aza Blah
Daripada terlalu serius (maaf OOT)

IML kan kurang lebih dgn IMB, sama2 ada yg dibangun Big Grin

B2T Peace

16 Sep 2009 23:07
jungle_surf
Kopda
Posts 79
Reputation: 1
Awards:

IML tidak perlu izin sana sini...cukup ke Bini saja (bagi yang sah dan tercatat di DEPAG) Big Grin

IMB = Izin Mendirikan Bangunan
IML = Izin Mendirikan Lontong Grin

kalo dipikir-pikir memang betul...ada yang sama-sama mau dibangun Big Grin

aduhhh...kok jadi ikutan OOT yah... Confused
sebelum dijitak Bung Jungle...mending saya kabur dulu aza..... Big Grin

21 Dec 2009 23:50
betang
Serka
Posts 297
Reputation: 15
Awards:
Pembayar Pajak

ya ini???yang saya cari info-infonya

6 Oct 2010 13:23
supi
Prajurit
Posts 1
Reputation: 0
Awards:

Wah.. pas banget dengan yang gout cari nih om..


ThanksThanksThanksThanksThanks

1 Dec 2011 05:37
dharmaone
Prajurit
Posts 1
Reputation: 0
Awards:

wah thanks infonya.. nih pas banget mesti bayar IMB, ane diberitahu klo harus bayar IMB 6,5jt.. kaget juga bisa smahal itu.
bangunannya memang rada bermasalah karena ga diurus sama developer(ditinggal kabur) so g ada IMB, tanah juga ternyata bekas sawah yang diganti jadi bangunan..
oya ane mo nanya untuk biaya jasa perhitungan konstruksi brapa ndan.. ane di sleman yogyakarta.. thanks atas infonya[font=Courier]


   New reply




User(s) browsing this thread:
1 Guest(s)

Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2013 by Adimin | Fan Page | Group Discussion | Twitter | Google+ | Instagram