Current time: 18 Apr 2014, 12:42 Hello There, Guest! LoginRegister
ForumBebas.com / Tekno / Ilmu Pengetahuan / Ilmu Teknik Sipil / Jenis-jenis Limbah



REPLY 
 
Thread Rating:
  • 101 Votes - 3.05 Average


  
owobidub
6 Jan 2010 13:54  (Edit: 6 Jan 2010 13:57 by owobidub.)    #1

Dokter Cinta

Jenis-jenis Limbah

Berdasarkan karakteristiknya, limbah dapat digolongkan menjadi 4 macam, yaitu :

1. Limbah cair
2. Limbah padat
3. Limbah gas dan partikel
4. Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

1.1 Limbah cair

Limbah cair adalah sisa dari suatu hasil usaha atau kegiatan yang berwujud cair (PP 82 thn 2001). Jenis-jenis limbah cair dapat digolongkan berdasarkan pada :
a.Sifat Fisika dan Sifat Agregat . Keasaman sebagai salah satu contoh sifat limbah dapat diukur dengan menggunakan metoda Titrimetrik
b. Parameter Logam, contohnya Arsenik (As) dengan metoda SSA
c. Anorganik non Metalik contohnya Amonia (NH3-N) dengan metoda Biru Indofenol
d. Organik Agregat contohnya Biological Oxygen Demand (BOD)
e. Mikroorganisme contohnya E Coli dengan metoda MPN
f. Sifat Khusus contohnya Asam Borat (H3 BO3) dengan metoda Titrimetrik
g. Air Laut contohnya Tembaga (Cu) dengan metoda SPR-IDA-SSA

1.2 Limbah padat

Limbah padat berasal dari kegiatan industri dan domestik. Limbah domestik pada umumnya berbentuk limbah padat rumah tangga, limbah padat kegiatan perdagangan, perkantoran, peternakan, pertanian serta dari tempat-tempat umum. Jenis-jenis limbah padat: kertas, kayu, kain, karet/kulit tiruan, plastik, metal, gelas/kaca, organik, bakteri, kulit telur, dll

1.3 Limbah gas dan partikel

Polusi udara adalah tercemarnya udara oleh berberapa partikulat zat (limbah) yang mengandung partikel (asap dan jelaga), hidrokarbon, sulfur dioksida, nitrogen oksida, ozon (asap kabut fotokimiawi), karbon monoksida dan timah.

1.4 Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Suatu limbah digolongkan sebagai limbah B3 bila mengandung bahan berbahaya atau beracun yang sifat dan konsentrasinya, baik langsung maupun tidak langsung, dapat merusak atau mencemarkan lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia.Yang termasuk limbah B3 antara lain adalah bahan baku yang berbahaya dan beracun yang tidak digunakan lagi karena rusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses, dan oli bekas kapal yang memerlukan penanganan dan pengolahan khusus. Bahan-bahan ini termasuk limbah B3 bila memiliki salah satu atau lebih karakteristik berikut: mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, bersifat korosif, dan lain-lain, yang bila diuji dengan toksikologi dapat diketahui termasuk limbah B3.

Limbah B3 dapat diklasifikasikan menjadi:

* Primary sludge, yaitu limbah yang berasal dari tangki sedimentasi pada pemisahan awal dan banyak mengandung biomassa senyawa organik yang stabil dan mudah menguap
* Chemical sludge, yaitu limbah yang dihasilkan dari proses koagulasi dan flokulasi
* Excess activated sludge, yaitu limbah yang berasal dari proses pengolahan dengan lumpur aktif sehingga banyak mengandung padatan organik berupa lumpur dari hasil proses tersebut
* Digested sludge, yaitu limbah yang berasal dari pengolahan biologi dengan digested aerobic maupun anaerobic di mana padatan/lumpur yang dihasilkan cukup stabil dan banyak mengandung padatan organik.

Macam Limbah Beracun

* Limbah mudah meledak adalah limbah yang melalui reaksi kimia dapat menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi yang dengan cepat dapat merusak lingkungan.
* Limbah mudah terbakar adalah limbah yang bila berdekatan dengan api, percikan api, gesekan atau sumber nyala lain akan mudah menyala atau terbakar dan bila telah menyala akan terus terbakar hebat dalam waktu lama.
* Limbah reaktif adalah limbah yang menyebabkan kebakaran karena melepaskan atau menerima oksigen atau limbah organik peroksida yang tidak stabil dalam suhu tinggi.
* Limbah beracun adalah limbah yang mengandung racun yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Limbah B3 dapat menimbulkan kematian atau sakit bila masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan, kulit atau mulut.
* Limbah yang menyebabkan infeksi adalah limbah laboratorium yang terinfeksi penyakit atau limbah yang mengandung kuman penyakit, seperti bagian tubuh manusia yang diamputasi dan cairan tubuh manusia yang terkena infeksi.
* Limbah yang bersifat korosif adalah limbah yang menyebabkan iritasi pada kulit atau mengkorosikan baja, yaitu memiliki pH sama atau kurang dari 2,0 untuk limbah yang bersifat asam dan lebih besar dari 12,5 untuk yang bersifat basa.

Sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam peraturan pemerintah No.18 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, limbah B3 terbagi atas dua macam yaitu yang spesifik dan yang tidak spesifik.
Perbedaan pokok antara limbah B3 spesifik dan tidak spesifik terletak pada cara penggolongannya. Pada limbah spesifik digolongkan kedalam jenis industri, sumber pencemaran, asal limbah, dan pencemaran utama sedangkan pada limbah tidak spesifik penggolongannya atas dasar kategori dan bahan pencemar

referensi


semoga ada ahli lingkungan yang membantu menjelaskan....Wait Wait
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
demonedic
7 Jan 2010 04:24    #2

Purnawirawan

Mesti pinter milih lokasi nih
banner
Pistol_aer
7 Jan 2010 09:30    #3

K A P O L S E X X X

matur kesuwun mas bud....
warta ne aku save as HTML yo.... Blah
signature
[size=medium][i]mempunyai Kemauan jangan samakan dengan mempunyai Kemaluan karena yg namanya Kemauan Tidak semulus dengan Kemaluan dan sekitarnya [/i][/size]
banner
owobidub
7 Jan 2010 11:09    #4

Dokter Cinta

(7 Jan 2010 04:24)demon_edge Wrote:
 
Mesti pinter milih lokasi nih

jangan deket-deket lokasi pabrik......

(7 Jan 2010 09:30)Pistol_aer Wrote:
 
matur kesuwun mas bud....
warta ne aku save as HTML yo.... Blah

silahkan kang Pistol......
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
andy_ukt
9 Jan 2010 16:09    #5

Kolonel

limbah .....

atau yg lebih dikenal dengan hasil buangan/ sisa dari suatu proses produksi...

limbah belum tentu dapat berbahaya atau mencemari lingkungan (abitik, biotik, culture)...

limbah dapat dikatakan berbahaya apabila terjadi dan menimbulkan dampak negatif yang penting dan mempunyai tingkat kekerapan yang tinggi...

ada juga lho limbah yang mempunyai nilai positif dan berguna...

misal limbah pabrik tahu..dimana ampas kedelai yg d jadikan tahu bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak...
banner
owobidub
9 Jan 2010 17:03    #6

Dokter Cinta

makasih tambahan infonya Pak Dosen Andy....... Top
signature
[size=medium][color=blue]“The journey of a thousand miles begins with a single step.”[/color][/size]
banner
REPLY 


Home | Go Top | Text Mode | RSS
Powered By MyBB, © 2002-2014