Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Teknologi Bantalan Karet Tahan Gempa

[align=justify][size=large]Teknologi Bantalan Karet Tahan Gempa[/size]

[size=medium]
bearing1.jpg

Azas utama penyediaan bangunan sipil adalah untuk tujuan kemanusiaan. Oleh karena itu perlu diperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan bagi penghuninya. Beberapa tahun terakhir, perancangan isolasi dasar (base isolation) yang digunakan untuk perlindungan gedung dari bahaya dan kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi telah digunakan sebagai teknologi dalam perancangan struktur gedung di wilayah gempa tinggi. Beberapa tipe struktur telah didesain menggunakan teknologi ini, baik gedung yang telah dibangun maupun yang masih dalam tahap konstruksi. Teknologi ini telah digunakan oleh beberapa negara, seperti Cina, Jepang, dan Amerika Serikat. Dalam pemodelan struktur gedung dengan base isolator diperlukan pemodelan base isolator yang optimum sehingga akan diperoleh lateral dan vertikal displacement yang akurat.


kellybearing.jpg
Test

Beberapa contoh gedung yang menggunakan Bantalan Karet.

kellyfire.jpg
Fire Department Command and Control Facility.Los Angeles

kellyusc.jpg
University of Southern California University Hospital

kellytohoku.jpg
Tohoku Electric Power Company, Japan


Balai Penelitian Teknologi karet Bogor sebagai Balai Penelitian mempunyai teknologi pembuatan bantalan tahan gempa yang digunakan untuk rumah tinggal maupun maupun gedung bertingkat. Bantalan yang digunakan untuk melindungi gempa bumi dibuat dari kombinasi lempengan karet alam dan lempeng baja. Bantalan tersebut dipasang disetiap kolom yaitu diantara pondasi dan bangunan. Karet alam berfungsi untuk mengurangi getaran akibat gempa bumi sedangkan lempeng baja digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet sehingga penurunan bangunan saat bertumpu diatas bantalan karet tidak besar.

posisi.jpg
Posisi Bantalan Karet


Prinsip Kerja

Pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan adalah komponen arah horizontal. Getaran tersebut dapat menimbulkan gaya reaksi yang besar, bahkan pada puncak bangunan dapat berlipat hingga mendekati dua kalinya. Oleh sebab itu apabila gaya yang sampai pada bangunan tersebut lebih besar dari kekuatan struktur maka bangunan tersebut akan rusak. Gaya reaksi yang sampai bangunan dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet tahan gempa. Pada dasarnya cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet tahan gempa dicapai melalui pengurangan getaran gempa bumi kearah horizontal dan memungkinkan bangunan untuk begerak bebas saat berlangusung gempa bumi tanpa tertahan oleh pondasi. Bila ditinjau gaya-gaya dalam pada struktur dengan base isolator, seolah olah gedung tersebut dibangun di wilayah gempa yang lebih kecil.


tanpabantal.gif
Perilaku struktur tanpa bantalan karet

denganbantal.gif
Perilaku struktur dengan bantalan karet


beberapa referensi :
Pengaruh Penggunaan Base Isolator, Arfiansyah Fathir

Base Isolation: Origins and Development James M. Kelly, Professor Emeritus Civil and Environmental Engineering, University of California, Berkeley

Teknologi Bantalan Karet, NetSains.com


Silahkan teman-teman kalau ada yang mau menambahkan atau mengkoreksi......
:thanks: :thanks: :thanks:

[/size]
[/align]

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori