Contact Us

Inilah Calon Polisi Masa Depan RI 2009

[size=medium][align=center]Lulusan Terbaik Akpol TA 2009
''Supaya Bapak Bisa Salaman Dengan SBY''[/align][/size]


56f13c4d008e61576b153f8.jpg

Semarang, CyberNews. Sebanyak 499 taruna mengikuti pengambilan sumpah atau janji dalam upacara penutupan pendidikan Taruna Akpol tahun ajaran 2009 di lapangan Bhayangkara Akpol, Semarang, Kamis (10/12).

Pengucapan sumpah itu merupakan sebuah rangkaian prosesi sebelum mereka dilantik menjadi anggota Polri, yang akan dilakukan di Dermaga Ujung Armada Timur, Surabaya, 23 Desember 2009.

Adalah Tiksnarto Andaru Rahutomo (20), taruna detasemen 41 (sebutan untuk taruna yang masuk pada tahun ajaran 2006), dan Riyanto (27), taruna detasemen 42 (masuk tahun ajaran 2007), yang menjadi pusat perhatian. Mereka menerima penghargaan Adhi Makasaya dari Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri.

Sebuah penghargaan yang menobatkan dua orang itu sebagai taruna terbaik pada angkatannya masing-masing, dinilai dari aspek akademis, jasmani, dan kepribadian atau mental.

Bahagia, haru dan gembira tentu saja dirasakan oleh keduanya. Namun lebih dari itu, mendapat penghargaan Adhi Makasaya bagi Tiksnarto sebuah ''pemenuhan'' pesan dari almarhum ibunya, Titik Sumartini, yang ditujukan kepada sang bapak, Supiyarto.

Lelaki asal Wonolopo, Mijen, Semarang, itu pun kini merasa ''plong''. Selain itu, ''pengorbanannya'' saat memutuskan mengundurkan diri sebagai mahasiswa Fakultas Teknik Industri, UGM Yogyakarta itu, juga tak sia-sia. "Selepas lulus SMA, saya diterima di UGM namun dalam waktu bersamaan juga lolos seleksi taruna Akpol. Ibu meninggal dunia pada bulan Ramadhan lalu karena sakit. Sebelum meninggal, beliau cuma berpesan kalau saya harus jadi lulusan terbaik supaya bapak bisa bersalaman dengan Pak SBY," ujar alumni SMA 3 Semarang lulusan tahun 2006 itu. :top: :top:

Perasaan hampir serupa juga dialami oleh Riyanto, taruna asal Tuban, Jawa Timur. Alumnus S1 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang, yang lulus tahun 2006 itu, tak pernah mengira sebelumnya kalau akan memperoleh penghargaan Andhi Makasaya.

Sebelum diterima di Akpol, Riyanto dinyatakan lulus mengikuti test sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS). Namun dalam waktu yang bersamaan, ia juga lulus dalam seleksi penerimaan siswa sekolah calon bintara (Secaba). Atas saran sang bapak, Slamet (54), yang kesehariannya bertani di kampung halaman, Riyanto memutuskan untuk masuk Secaba.

"Empat bulan saya ditempatkan di Polres Bojonegoro lalu disarankan oleh bapak lagi untuk mendaftar Akpol. Dan hari ini, saya mewakili teman-teman taruna saat upacara pengucapan sumpah. Saya telah membuat bangga kedua orang tua saya," ungkap dia. ( Adi Prianggoro / CN13 )



[size=medium]NOTE : Mas..nanti kalau sudah penempatan jangan jadi polisi brengsek ya... :top: :top:[/size]

Komentar

  • semoga prestasi kerja anda tetap baik... :top:
  • Semarang, CyberNews. Mabes Polri membuat kebijakan baru terkait penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) untuk tahun ajaran 2010. Tahun depan, Akpol dipastikan tak akan menerima lagi taruna dari jenjang sarjana baik S1 maupun S2.

    Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri mengatakan, dari pengalaman lalu, pendidikan dari jenjang SMA dan sarjana ternyata tak bisa disatukan. "Mulai tahun akademik 2010, Akpol hanya akan menerima lulusan dari SMA saja dengan lama studi empat tahun. Jadi lulus sudah S1. Selanjutnya kalau mengambil PTIK maka langsung mengambil program S2," terang kapolri usai memimpin upacara penutupan Pendidikan Taruna Akpol di Semarang, Kamis (10/12).

    Dengan kebijakan baru itu, dipastikan pada tahun depan tak ada lagi taruna Akpol dari rekruitmen S1. Namun kapolri menyatakan, masih terbuka peluang bagi sarjana yang ingin menjadi polisi yaitu dengan pendidikan Perwira Polri Sumber Sarjana (PPSS).

    Menurut BHD langkah itu adalah salah satu upaya guna mewujudkan reformasi birokrasi di internal Polri. "Target kita pada 2010 memang membenahi sumber daya manusia. Ada perubahan mendasar di aspek pendidikan, dan SDM yang paling mutlak untuk merubah kultur Polri. Basiknya dulu kita rubah," jelasnya.

    Tak hanya pendidikan di Akpol saja yang dirubah, tetapi semua elemen pun mengalami perubahan. Kapolri menjelaskan, mulai 2010 mendatang untuk pendidikan Bintara dan Secapa pun akan dirubah. Masa pendidikan yang selama ini berlangsung empat bulan akan menjadi tujuh bulan.

    Begitu pula dengan PTIK dan Sespati, yang semula setahun diadakan bisa dua kali akan menjadi sekali saja dalam setahun. "Ke depan, bobot dan kualitas yang ditingkatkan, bukan jumlahnya. Perbaikan ke dalam akan terus dilakukan," paparnya.

    Akpol mulai menerima taruna dari jenjang sarjana mulai tahun 2007. Pada tahun itu Akpol menerima taruna dari rekruitmen sarjana sebanyak 211 dan SMA tercatat 79 orang. Selanjutnya pada 2008, taruna kesemuanya rekruitmen dari jenjang sarjana yaitu 314 orang. Terakhir pada 2009 ini, taruna dari S1 sebanyak 72 orang dan lulusan SMA 327 orang.

    Selama pendidikan, sarjana dan SMA memang ada perbedaan mendasar. Lulusan S1 mengikuti masa pendidikan selama dua tahun enam bulan, dan dari SMA menjalani tiga tahun enam bulan. ( Saptono Joko Sulistyo , Adi Prianggoro/ CN13 )


    [size=medium]
    Note : yang terpenting HILANGKAN UANG SOGOKAN supaya bisa masuk Akpol, tetangga saya tahun ini di mintain duit 250jt agar anaknya bisa masuk Akpol....[/size]
    :sleep: :sleep:
  • Ingat. Serve and protect
    bukan punish and enslave
  • selamat atas kelulusan dengan predikat terbaik...

    buktikan nantinya setelah terjun ke masyarakat dapat menjadi Polisi yg menjadi panutan masyarakat...bukan d anggap sebagai musuh masyarakat
  • semoga lulusan tebaik ini bisa mengangkat nama POLRI dari jurang ketidakpercayaan masyarakat terhadap kepolisian kita dan juga harapan jangan anda-anda ini mengikuti POLISI yang bejat.
  • syarat diperketat tapi aturan tidak diperketat malah akan membuat celah pungli makin lebar lebih dahsyat ndan...
  • mudahan dari awal yg baik ini menjadikan anda orang yg baik pl... :top:
  • Mrgareb menulis:

    [size=medium]
    Note : yang terpenting HILANGKAN UANG SOGOKAN supaya bisa masuk Akpol, tetangga saya tahun ini di mintain duit 250jt agar anaknya bisa masuk Akpol....[/size]
    :sleep: :sleep:

    Ya begitulah...kalo masuknya aja harus keluar duit...

    Besokpun kalo jadi polisi ya harus balik modal lah...

    Itulah sebenarnya yang bikin polisi banyak yang korup..:(
  • Berjuta harapan untuk para lulusan AKPOL TA 2009....
    semoga bisa memperbaiki citra kepolisian..
  • dewo9090 menulis:
    Mrgareb menulis:

    [size=medium]
    Note : yang terpenting HILANGKAN UANG SOGOKAN supaya bisa masuk Akpol, tetangga saya tahun ini di mintain duit 250jt agar anaknya bisa masuk Akpol....[/size]
    :sleep: :sleep:

    Ya begitulah...kalo masuknya aja harus keluar duit...

    Besokpun kalo jadi polisi ya harus balik modal lah...

    Itulah sebenarnya yang bikin polisi banyak yang korup..:(

    Duit-duit, ga akan lari dari yg satu ini,,

    Masuk kesana duit, masuk kesini duit :blah:
  • dyudhi menulis:
    Ingat. Serve and protect
    bukan punish and enslave

    Itulah yg terjadi di negara maju. :top:
    Harusnya mulai sekarang, kita rakyat biasa juga paham.
    Bahwa mereka (Polisi) digaji dari pajak yg kita bayar.
    mereka (Polisi) harus Serve dan Protect (Melayani dan melindungi)
    That's it!!

    karena kita adat ketimuran, tentu saja Etika Saling Menghormati/menghargai juga dikedepankan.
    gak mungkin khan, kalau Polisi kerjanya gak becus ditendang oleh pembayar pajak? :blah:

    REP+5 gue kasih buat Bung dyudhi
  • INGAT AMANAH BRO...
    INGAT SEMUA AKAN MATI,
    BAWA BEKAL YANG BAIK-BAIK !!!

    SELAMAT & SUKSES YO...
  • Mudah2an bisa menjadi kebanggaan bagi Polri dan rakyat Indonesia di masa depan...
  • lulusan terbaik harus tetep baik jangan cman jadi pengompas rakyat doank...
  • castro6281 menulis:
    dewo9090 menulis:
    Mrgareb menulis:

    [size=medium]
    Note : yang terpenting HILANGKAN UANG SOGOKAN supaya bisa masuk Akpol, tetangga saya tahun ini di mintain duit 250jt agar anaknya bisa masuk Akpol....[/size]
    :sleep: :sleep:

    Ya begitulah...kalo masuknya aja harus keluar duit...

    Besokpun kalo jadi polisi ya harus balik modal lah...

    Itulah sebenarnya yang bikin polisi banyak yang korup..:(

    Duit-duit, ga akan lari dari yg satu ini,,

    Masuk kesana duit, masuk kesini duit :blah:

    jangankan masuk polisi, kerja di pabrik aje pake duit dulu, nyari duit pake duit
  • semoga aja tidak jadi mafia kasus deh
    Dan ngga mau disuap jugaaa
  • selamat,,,,
    semoga tidak menjadi polisi seperti yang itu tuh,,, :sleep: :sleep: :peace:
  • ini topic 2009 kok diangkat angkat ke tahun 2011...

    polisinya udah di calonin dari 2 tahun yg lalu :D
  • NAh.. lulusan terbaik angkatan 1978 dulu pada kemana ya... gak kelihatan kiprahnya.. ato larut terbawa arus yang tak beres di instituisi.

Tinggalkan sebuah Komentar

Komentar yg tidak sesuai judul atau numpang iklan (tersembunyi), akan dihapus atau banned. Gunakan signature untuk menaruh link promosi anda

Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori