Contact Us

Tugas manusia???

nilaimanusia.jpg

saya tertarik untuk membahas kata2 diatas ini, Tugas yang diberikan Tuhan kepada manusia?

Kalau kita bicara secara umum(manusia) agak sulit,karena akan menunjuk2 yang lain,seakan diri sudah paling benar.
Sekarang coba kita koreksi diri sendiri saja,tanya ke diri saja "Mana surat tugas saya?"apakah ada yang memegang surat tugas dari Tuhan?karena apabila ada,maka saya perlu menanyakan kembali kepada Tuhan(jika ada),tentang surat tugas tersebut(jangan2 ketinggalan dalam perut ibu saya)....:D

Disini menurut saya penting,karena tidak perlu berlaku laku seakan akan ditugaskan oleh Tuhan padahal ga punya surat tugas tersebut,rusaknya dunia ini salah satunya karena merasa rasa dikasih tugas sama Tuhan.

Monggo kita bahas...karena menurut saya Tuhan tidak pernah menugaskan apapun pada manusia,manusia itu makhluk lemah,bisa apa sih?kalau Tuhan itu ada(SUPER MAHA),yah kerjain sendiri aja.

:peace: :peace:
«1

Komentar

  • DST, apa hubungannya dgn kutipan Signature ?
    Tolong disambungkan dulu dong...
  • [size=small]wah, signature ku dibahas.... :blah:

    well Brain,

    perkara tugas manusia,

    start dari kata 'makna khalifah dimuka bumi' ini aja dulu dech...

    monggo, aku menyimak aja dulu.... :wait:
    [/size]


    ;)
  • SimpleMan menulis:
    DST, apa hubungannya dgn kutipan Signature ?
    Tolong disambungkan dulu dong...

    adalah....nah giliran pakde nih yang ga paham...
    tuh mbakyu paham....
    wah bener2 hari ini belajar pemahaman yang berbeza2....:ngakak:

    5551272 menulis:
    [size=small]wah, signature ku dibahas.... :blah:

    well Brain,

    perkara tugas manusia,

    start dari kata 'makna khalifah dimuka bumi' ini aja dulu dech...

    monggo, aku menyimak aja dulu.... :wait:
    [/size]


    ;)

    ok khalifah....itu ditujukan untuk siapa?manusia?
    manusia yang seperti apa?
    mungkin mbakyu bisa jelaskan kriteria manusia yang layak disebut khalifah.
    karena tidak mungkin semua nya jadi khalifah....mengapa?
    Khalifah adalah gelar yang diberikan untuk pemimpin umat...kalau semua jadi khalifah?mana umatnya?hahahahaha

    menurut saya rusaknya bumi ini karena semuanya mau jadi khalifah...:blah:

    monggo dilanjut
  • [size=small]iya deh, mungkin kalau ilustrasi khalifah rada ketinggian dari sekedar maksud tugas manusia, karena ngga sembarangan orang bisa menjadi khalifah seperti yang ada di link ini:)

    Sekarang aku nanya, kalau kita ditakdirkan menjadi guru ( misalnya ) maka, otomatis tugas kita mengajar muridnya, iya kan ?

    Kalau kita ditakdirkan menjadi seorang dokter, maka otomatis tugas kita adalah menolong / mengobati orang sakit.

    dan seterusnya...

    nah, lagi lagi pasti nanti ada pertanyaan :

    siapa juga yang nyuruh orang jadi ini dan itu :confused:

    Hidup ini kan pilihan....

    tapi, siapa juga yang dapat menyangkal takdir Allah, iya ngga?

    tugas manusia dimuka bumi tidak lepas dari takdir perjalanan hidupnya kan? :blah:

    Bedanya kita dengan makhluk lain spt misalnya simpanse apa sih? mereka juga cerdas kan, tapi ngga diminta untuk melakukan sesuatu yang bisa membangun lingkungan disekitarnya supaya menjadi sebuah kehidupan yang lebih baik.. :think:


    [/size]
  • tugas manusia? ya jadi manusia sebaik-baiknya aja... sampai waktunya mati nanti.
  • wait..jangan dialihakan dulu.
    balik lagi ke khalifah tersebut....saya juga pernah islam,ketika mendengar kata khalifah tersebut maka terlintas dalam pikiran "wakil allah",ok sampe sini sependapat atau tidak?
    mbak kan startnya makna "khalifah dulu deh" silahkan berbagi makna dulu...

    soal takdir itu nanti saya jawab,dokter,guru,rampok,dll
  • saya boleh ikut nyambung atau pertanggungjawaban sama yang punya 'signature' aja...:grin:

    :peace:
  • brainwashed menulis:
    wait..jangan dialihakan dulu.
    balik lagi ke khalifah tersebut....saya juga pernah islam,ketika mendengar kata khalifah tersebut maka terlintas dalam pikiran "wakil allah",ok sampe sini sependapat atau tidak?
    mbak kan startnya makna "khalifah dulu deh" silahkan berbagi makna dulu...

    soal takdir itu nanti saya jawab,dokter,guru,rampok,dll

    kalau wakil Allah mungkin kurang pas ya, soalnya kesannya jadi wakil Tuhan,

    lebih tepat pemimpin umat - dalam hal ini umat muslim

    sesungguhnya Allah SWT telah memerintahkan (kepada kita) untuk taat kepada khalifah. Allah berfirman : "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(Nya), dan ulil amri diantara kamu." (AN NISA :59)
  • agus69 menulis:
    tugas manusia? ya jadi manusia sebaik-baiknya aja... sampai waktunya mati nanti.

    SEMUA MANUSIA PASTI merasa sudah SEBAIK BAIKNYA melakukan yang menurutnya TERBAIK.

    baik yang berprofesi sebagai guru,dokter,jaksa,polisi,maling,rampok dan lain lain.
  • 5551272 menulis:
    brainwashed menulis:
    wait..jangan dialihakan dulu.
    balik lagi ke khalifah tersebut....saya juga pernah islam,ketika mendengar kata khalifah tersebut maka terlintas dalam pikiran "wakil allah",ok sampe sini sependapat atau tidak?
    mbak kan startnya makna "khalifah dulu deh" silahkan berbagi makna dulu...

    soal takdir itu nanti saya jawab,dokter,guru,rampok,dll

    kalau wakil Allah mungkin kurang pas ya, soalnya kesannya jadi wakil Tuhan,

    lebih tepat pemimpin umat - dalam hal ini umat muslim

    sesungguhnya Allah SWT telah memerintahkan (kepada kita) untuk taat kepada khalifah. Allah berfirman : "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(Nya), dan ulil amri diantara kamu." (AN NISA :59)

    kenapa kurang pas mbakne?
    kalau pemimpin umat(dalam hal ini muslim) jelas tertuju pada satu manusia yaitu muhammad.

    kalau dilihat dari ayat ini :
    Kaum Musa berkata: "Kami telah ditindas (oleh Fir'aun) sebelum kamu datang kepada kami dan sesudah kamu datang {556}. Musa menjawab: "Mudah-mudahan Allah membinasakan musuhmu dan menjadikan kamu khalifah di bumi(Nya), maka Allah akan melihat bagaimana perbuatanmu {557}. (AL A'RAAF (Tempat tertinggi) ayat 129)

    disini terlihat musa berkata kaumnya(banyak orang),padahal waktu itu musa adalah pemimpin umat?

    well...sepertinya ada yg salah nih...::think:
  • brainwashed menulis:

    kenapa kurang pas mbakne?
    kalau pemimpin umat(dalam hal ini muslim) jelas tertuju pada satu manusia yaitu muhammad.

    kalau dilihat dari ayat ini :
    Kaum Musa berkata: "Kami telah ditindas (oleh Fir'aun) sebelum kamu datang kepada kami dan sesudah kamu datang {556}. Musa menjawab: "Mudah-mudahan Allah membinasakan musuhmu dan menjadikan kamu khalifah di bumi(Nya), maka Allah akan melihat bagaimana perbuatanmu {557}. (AL A'RAAF (Tempat tertinggi) ayat 129)

    disini terlihat musa berkata kaumnya(banyak orang),padahal waktu itu musa adalah pemimpin umat?

    well...sepertinya ada yg salah nih...::think:

    nabi Musa khan juga muslim ( tidak menyekutukan Allah ) :)

    Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. "mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." Qs. Al Baqarah (2): 30.

    Ini ayat yang menceritakan rencana Allah untuk menurunkan Adam ke muka bumi kan ? :think:
  • ini ruwet mulai ga nyambung....simpan dulu ayat2nya.
    ok kita balik lagi...pelan pelan.

    yang saya bahas itu kalimat khalifahnya.
    kalau wakil Allah mungkin kurang pas ya, soalnya kesannya jadi wakil Tuhan,

    lebih tepat pemimpin umat - dalam hal ini umat muslim

    lalu saya tanya?

    kenapa kurang pas mbakne?
    kalau pemimpin umat(dalam hal ini muslim) jelas tertuju pada satu manusia yaitu muhammad.

    ok sampe sini dulu aja....disini apa itu yg dimaksud atau bukan?kalau bukan yg bagaimana?

    wah gawat nih diskusi bisa mencar2 kesana kemari,kayak petasan
  • [size=small]ok Brain, kita start lagi aja ya..

    Definisi Khalifah

    Khalifah dan Khulafa (jamak) secara bahasa artinya wakil, pengganti, orang yang menggantikan orang yang sebelumnya. Al-Quran menyebut kata khalifah dalam surat al-Baqarah: 30 dan Shad: 26), Khulafa’ (3 kali: al-A’raf: 69, 74; an-Naml: 62), Khalāifa (4 kali: al-An-âam: 145; Yunus: 14, 73; Fathir: 39) dan masih banyak ayat lain yang menyatakan kata bentukannya.

    Semuanya dinyatakan dalam arti bahasa, yakni pengganti yang menggantikan umat atau pemimpin terdahulu; menggantikan malaikat untuk mengurus bumi atau mendapat amanah dari Allah untuk mengelola bumi.

    Menurut istilah yang lebih khusus lagi pada kekuasaan, berarti orang yang dipilih oleh jama'ah menjadi pemimpin mereka.

    Khalifah menurut sejarah ialah; Kepala Pemerintahan Islam pada zaman sahabat, yaitu dengan bai'at sebagai pernyataan setia dari penduduknya dengan jalan pilihan.

    Sesudah masa sahabat, sebutan Khalifah dipergunakan untuk sebutan kepala Pemerintahan tetapi tidak melalui pilihan (kerajaan). Dulu, pada saat Abu Bakar As-Shiddiq menjadi pemimpin umat Islam, beliau disebut Khalifah (pengganti) dari Rasulullah. Lalu, ketika Umar ra menggantikan, beliau disebut khalifat khalifat Rasulillah (pengganti dari pengganti Rasulullah). Karena gelar ini terlalu panjang, akhirnya Umar ra. berinisiatif mengganti gelar itu dengan Amirul Mukminin (pemimpin orang-orang mukmin).

    [/size]
  • [size=small]Semua manusia yang diciptakan oleh Allah di muka bumi adalah Khalifah Allah; atau pengganti makhluk Tuhan untuk melaksanakan amanah Tuhan sebagai pengelola bumi ini. Allah memberikan amanah kepada semua manusia (Khulafa) untuk membangun bumi ini; bukan kepada Malaikat, Jin, Hewan, gunung, langit dan lain sebagainya; walaupun mereka juga ciptaan Allah. “Sesungguhnya kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung”. (Qs. 33:72). Manusialah yang sanggup untuk memegang amanah itu karena potensi yang dimiliki oleh manusia.[/size]
  • Pada saat itu aku mengerti bahwa Tuhan adalah suatu pencarian pribadi, setiap orang bertanggungjawab atas pencariannya.

    Jadi apapun yang berhubungan dengan Tuhan kesimpulan saya adalah masalah pribadi, baik itu tugas dari Tuhan wahyu dari Tuhan atau apapun itu yang datangnya dari Tuhan.

    Apakah ada surat tugas dari Tuhan saya katakan ada. Apakah anda bisa melihatnya tentu saja tidak. Surat itu sifatnya pribadi dan didesain hanya bisa dilihat dan dirasakan oleh pribadi saya sendiri. Dan ketika saya melihat sekeliling saya ternyata banyak juga yang sudah menerima surat tugas dari Tuhan walaupun desain dan pemahaman mereka terhadap surat tugas tersebut berbeda dengan saya.:)
  • Jadi kesimpulan nya setuju sama yang mana mbak?

    Khalifah sebagai :

    wakil Allah/pengganti Allah atau pemimpin umat ?
  • brainwashed menulis:
    Jadi kesimpulan nya setuju sama yang mana mbak?

    Khalifah sebagai :

    wakil Allah/pengganti Allah atau pemimpin umat ?

    [size=small]kalau dibilang pengganti Allah ya nggak lah, manusia kan ciptaan Nya

    kalau dibilang pemimpin umat, ya bisa - di atas kan tadi udah aku post..

    tapi intinya adalah :

    Manusa adalah khalifah, dimuka bumi, penciptaan telah direncanaan oleh Allah, keberadaannya di bumi adalah karena skenario Allah.

    Manusia adalah makhluk yang sempurna secara bentuknya dibanding dengan makhluk lain, manusia juga adalah makhluk yang paling tinggi derajatnya dari segi potensi yang diberikan Allah padanya, tetapi potensi itu juga yang akan menjadiakan manusia derajatnya lebih rendah dibanding binatang sekalipun.

    Segala keistimewaan dan kekurangan itu telah melekat pada manusia dan karena itulah manusia menjadi khalifah di muka bumi dengan segala potensi yang telah diberikan, dengan segala amanah yang akan dijalankan dan dengan segala cobaan yang akan ditemui.
    [/size]
  • Itukan menurut pemahaman mbak,tidak semua umat islam sependapat dengan mbak...SAYA YAKIN 1 juta persen.

    merujuk surat :
    Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. (33:72)

    Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. (2:30)

    Seharusnya manusia itu tahu bahwa memegang amanat langsung dari Sang Pencipta,
    kalau sudah begitu apa staus manusia tersbut?dibawah khalifah atau khalifah itu sendiri?kalau sama2 begitu?lalu kenapa tunduk sama perintah orang lain?aneh ga?

    Yah Kecuali dia bukan manusia..........:D
  • Boleh ikutan bro brainwashed???
  • Hampir mirip2 di NI dan GFT dah.... :grin:
  • Atau bro simple aja deh... Boleh ikutan?
  • brainwashed menulis:
    Itukan menurut pemahaman mbak,tidak semua umat islam sependapat dengan mbak...SAYA YAKIN 1 juta persen.

    merujuk surat :
    Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. (33:72)

    Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. (2:30)

    Seharusnya manusia itu tahu bahwa memegang amanat langsung dari Sang Pencipta,
    kalau sudah begitu apa staus manusia tersbut?dibawah khalifah atau khalifah itu sendiri?kalau sama2 begitu?lalu kenapa tunduk sama perintah orang lain?aneh ga?

    Yah Kecuali dia bukan manusia..........:D

    [size=small]lha... yang merintah kan Allah SWT, langit , gunung dsb kan mengindar aja, bukan ngelempar amanah ke manusia.... :rolleyes: lagian, apa sebegitu sederhananya ayat ini ditafsirkan, kan termasuk ayat yang bermakna kiasan, kan kamu juga tahu bahwa ada ayat yg mukhkamat, ada yang mustahbiyat... :D [/size]
    5551272 menulis:
    [size=small]Semua manusia yang diciptakan oleh Allah di muka bumi adalah Khalifah Allah; atau pengganti makhluk Tuhan untuk melaksanakan amanah Tuhan sebagai pengelola bumi ini. Allah memberikan amanah kepada semua manusia (Khulafa) untuk membangun bumi ini; bukan kepada Malaikat, Jin, Hewan, gunung, langit dan lain sebagainya; walaupun mereka juga ciptaan Allah. “Sesungguhnya kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung”. (Qs. 33:72). Manusialah yang sanggup untuk memegang amanah itu karena potensi yang dimiliki oleh manusia.[/size]


    [size=small]Brain, kalau dibawah khalifah berarti manusia itu lebih rendah dari Malaikat, Jin, Hewan, gunung, langit dan lain sebagainya dong.... :rolleyes:, lha wong waktu Nabi Adam diciptakan, malaikat disuruh sujud koq... :sleep:[/size]

    @ Bang Simple,
    iya nih,, GFT & NI pindah kemari..... gawat,,,,, :grin:

    wes ah , ganti topik pertanyaannya ya Brain, tapi eyke mau pergi keluar kota dulu 2 hari.... :blah:
  • TUgas manusia..?..hemmmm
    bagi saya sederhana aja dulu, skr saya hanya berjalan dalam proses menuju Sejatinya Manusia.
  • SimpleMan menulis:
    Hampir mirip2 di NI dan GFT dah.... :grin:

    disini kan Agama dan Kepercayaan Lain nya,jadi agama boleh masuk kesini....:D
  • lha... yang merintah kan Allah SWT, langit , gunung dsb kan mengindar aja, bukan ngelempar amanah ke manusia.... Rolleyes lagian, apa sebegitu sederhananya ayat ini ditafsirkan, kan termasuk ayat yang bermakna kiasan, kan kamu juga tahu bahwa ada ayat yg mukhkamat, ada yang mustahbiyat... Big Grin

    Ya menurut saya sesederhana itu,kalau bahasa alquran itu rumit,maka mungkin alquran memang bukan untuk seluruh manusia dari ga sekolah sampai yang berpendidikan tinggi.
    Sekarang saya tanya mbak,yang memberi petunjuk itu siapa?......ahli tafsir?seribu ahli tafsir ngasih tau kalau orang nya keras kepala,yah ga paham2.
    Brain, kalau dibawah khalifah berarti manusia itu lebih rendah dari Malaikat, Jin, Hewan, gunung, langit dan lain sebagainya dong.... , lha wong waktu Nabi Adam diciptakan, malaikat disuruh sujud koq...

    YA,kan mbak sendiri yang bilang "kamu juga tahu bahwa ada ayat yg mukhkamat, ada yang mustahbiyat..." tapi kamu ga mau tahu....:sleep:

    Tuhan mbak sendiri yang berkata manusia itu lebih rendah dari hewan,bahkan menyamakan manusia dengan hewan.
    “Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi.” (7:179)

    Ya itu proses,nanti semua pasti akan terbukti,okey deh hati hati loh mbak di jalan...:D
  • Kalau menurut saya sih tugas manusia itu adalah menjadi pemimpin diri sendiri.

    Mengapa manusia menjadi pemimpin dalam dirinya sendiri?

    Yah itu tadi, untuk melaksanakan tugas-tugas manusia.


    Adapun tugas manusia itu adalah, mengerjakan semua perintah-perintah dari Tuhan, dan menjauhkan semua larangan-larangan dari Tuhan.
  • Kalau menurut saya sih tugas manusia itu adalah menjadi pemimpin diri sendiri.

    Mengapa manusia menjadi pemimpin dalam dirinya sendiri?

    Yah itu tadi, untuk melaksanakan tugas-tugas manusia.


    Adapun tugas manusia itu adalah, mengerjakan semua perintah-perintah dari Tuhan, dan menjauhkan semua larangan-larangan dari Tuhan.
  • sesuai dengan petunjuk dari alkitab lae bahwa “Tuhan menciptakan manusia sesuai dengan citra-Nya”.

    tapi FAKTA menunjukkan prilaku2 yang ada di sekitar kita menunjukkan...apakah seperti itu citra Tuhan?omong kosong kan....

    lalu saya kembali ke teori darwin,asal usul manusia....oh ternyata memang species hewan mamalia...nah ini cocok dengan FAKTA yang ada....:D

    lalu manusia apa yang disebut dalam alkitab tersebut?
    kalau menurut saya ada kriteria bisa disebut manusia,dan yang tidak memenuhi kriteria tersebut maka belum bisa disebut manusia....dan kembali ke awal topik bahwa Allah memberikan amanahnya kepada manusia,bukan untuk yang bukan manusia.
  • brainwashed menulis:
    sesuai dengan petunjuk dari alkitab lae bahwa "Tuhan menciptakan manusia sesuai dengan citra-Nya".

    tapi FAKTA menunjukkan prilaku2 yang ada di sekitar kita menunjukkan...apakah seperti itu citra Tuhan?omong kosong kan....

    lalu saya kembali ke teori darwin,asal usul manusia....oh ternyata memang species hewan mamalia...nah ini cocok dengan FAKTA yang ada....:D

    lalu manusia apa yang disebut dalam alkitab tersebut?
    kalau menurut saya ada kriteria bisa disebut manusia,dan yang tidak memenuhi kriteria tersebut maka belum bisa disebut manusia....dan kembali ke awal topik bahwa Allah memberikan amanahnya kepada manusia,bukan untuk yang bukan manusia.

    oleh karena itulah didatangkan juruslamat manusia. (maaf bro saya tidak mengaitkan agama, kalau bro mau mungkin akan sedikit mengerti)
  • SIBAGARIANG menulis:
    brainwashed menulis:
    sesuai dengan petunjuk dari alkitab lae bahwa "Tuhan menciptakan manusia sesuai dengan citra-Nya".

    tapi FAKTA menunjukkan prilaku2 yang ada di sekitar kita menunjukkan...apakah seperti itu citra Tuhan?omong kosong kan....

    lalu saya kembali ke teori darwin,asal usul manusia....oh ternyata memang species hewan mamalia...nah ini cocok dengan FAKTA yang ada....:D

    lalu manusia apa yang disebut dalam alkitab tersebut?
    kalau menurut saya ada kriteria bisa disebut manusia,dan yang tidak memenuhi kriteria tersebut maka belum bisa disebut manusia....dan kembali ke awal topik bahwa Allah memberikan amanahnya kepada manusia,bukan untuk yang bukan manusia.

    oleh karena itulah didatangkan juruslamat manusia. (maaf bro saya tidak mengaitkan agama, kalau bro mau mungkin akan sedikit mengerti)

    Ya ga masalah mas....kita berdiskusi disini silahakan berbagi,apapun pemahaman itu tidak masalah.

    pernah tidak bertanya?kalau dulu Yesus pernah didatangkan menyelamatkan manusia(kurun waktu yesus ada),kenapa sekarang yesus tidak turun lagi?banyak manusia yang ingin selamat.
    saya juga mau selamat bro....tapi tentunya selamat dunia dan di akhirat....kalau ada pastur yang mampu menyelamatkan saya dunia dan akhirat...kasih tau saya bro...saya akan silaturahmi,bersama2 teman saya yang juga ingin selamat....:D
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori