Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Dua Temuan Besar di Siprus, Kitab Injil dan Kuil Tertua Ditemukan

Dalam beberapa bulan ini ada dua penemuan besar di Siprus. Walau keduanya masih dalam perdebatan para ahli, namun temuan ini cukup membantu kita mengenal sejarah perkembangan keagamaan. Kedua temuan itu adalah sebuah kitab Injil berbahasa Syriac (dialek bahasa yang digunakan di masa hidup Yesus) dan sebuah kuil kuno yang diyakini kuil tertua di dunia.

Injil Berbahasa Syriac

Di utara Siprus, pihak otoritas di sana mengklaim telah menemukan apa yang mereka yakini sebagai kitab Injil versi kuno yang ditulis dalam Bahasa Syriac, dialek bahasa asli di masa kehidupan Yesus.

Melansir pemberitaan Reuters disebutkan, naskah tersebut ditemukan pihak kepolisian dalam sebuah penggerebekan para penyelundup barang-barang antik. Pihak Kepolisian Turki memberikan kesaksian dalam sidang pengadilan bahwa naskah tersebut dipercayai berusia 2.000 tahun.

Naskah dalam kitab itu berisikan beberapa kutipan dari Injil yang ditulis dalam huruf emas dan penutup dari kulit. Satu halaman berisikan gambar sebuah pohon dan tulisan delapan baris dalam bahasa Syriac. Para ahli masih memperdebatkan soal keotentikan dari naskah tersebut apakah asli atau palsu.

Seorang ahli mengatakan bahwa mereka memprediksi jika manuskrip itu berusia lebih dari 2.000 tahun dengan bentuk tulisan bertinta emas di atasnya. Di sisi lain, Peter Williams dari Warden of Tyndale House, University of Cambridge mengatakan bahwa naskah itu umurnya kurang dari 1.000 tahun.

Syriac adalah dialek Aramaic, bahasa asli di jaman kehidupan Yesus. Bahasa ini dipakai kebanyakan di Timur Tengah dan Sentral Asia. Diyakini bahasa ini masih digunakan oleh Kristen Suriah dan di Gereja Ortodoks Suriah di India. Sementara Bahasa Aramaic masih dipakain dalam beberapa ritual keagamaan Kristen Maronite di Siprus.

Kuil Berusia 4.000 Tahun

Seorang arkeolog Italia mengklaim telah menemukan sebuah bangunan relijius tertua di Siprus yang mirip seperti kuil-kuil suci dalam kitrab Injil di Palestina. Associated Press memberitakan adalah Maria Rosaria Belgiorno sang arkeolog yang mengatakakan bahwa penemuan itu merupakan bangunan relijius paling kuno di Siprus. Dan dengan begitu, bangunan ini menegaskan bahwa kepercayaan beragama telah ada lebih lama dari yang kita kira selama ini.

Namun, otoritas setempat di pulau itu belum bisa mengonfirmasikan hasil penemuan ini ke publik sebelum dilakukan penelitian lebih lengkap. "Usia situs di mana ia menemukan bangunan itu memang dibangun sekitar tahun 2.000 SM. Sayangnya, benar atau tidaknya penafsiran bahwa situs tersebut adalah sebuah kuil atau tempat suci, masih belum dapat dikonfirmasikan," ujar pejabat Departemen Benda-Benda Antik Siprus, Maria Hadjicosti.

Bangunan yang ditemukan itu seluas 200 meter persegi yang ditemukan tahun lalu di luar Pyrgos, sebuahd esa dekat pantai selatan yang sebelumnya juga pernah dilakukan pengggalian dan ditemukan pemukiman desa yang dihuni sekitar 500 orang pada tahun 2.000 SM yang artinya telah ada hasil kerajinan berupa industri baja kunodan berbagai jenis wewangian. Diyakini sebuah gempa bumi yang dahsyat telah menghancurkan pemukiman tersebut pada tahun 1.850 SM.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori