Contact Us

Diet Sehat untuk Pekerja Kantoran

Para pekerja kantoran cenderung memiliki pola makan yang kurang baik. Selain pilihan makanan yang jauh dari menu sehat, para pekerja kantoran ini juga sering melanggar aturan makan yang benar. Misalnya ngemil di antara jam makan.

Aktivitas kerja di kantor yang menuntut Anda berlama-lama duduk di depan komputer juga tak baik untuk kesehatan. Terlalu banyak duduk akan membuat Anda berisiko mengalami nyeri pinggang dan punggung. Selain itu, Anda juga kurang bergerak sehingga lama-kelamaan, berat badan meningkat.

Supaya aktivitas kerja di kantor lebih efektif, sebaiknya ikuti pola diet berikut ini.

Jangan tinggalkan sarapan
Sarapan sangat penting untuk menyupali energi tubuh dan otak saat bekerja. Jika tidak sarapan, Anda akan lebih sulit berkonsentrasi dan rasa lapar akan mengganggu kerja.

Bila tak sempat sarapan, bawalah buah atau jus buah. Pilih buah yang bisa menyuplai gula darah ke otak sehingga menghambat rasa lapar datang lebih cepat. Misalnya jeruk, apel, dan strawberry.

Kurangi kebiasaan makan di luar

Saat makan siang, Anda bersama teman sekantor mencari jajanan di warung makan. Pilihan makanan di warung pinggir jalan yang beragam juga bisa membuat Anda melupakan asupan nutrisi sehat.

Bila menu yang Anda pilih memenuhi semua kebutuhan nutrisi, tak ada masalah. Coba pilih menu yang seimbang, ada karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sebagainya.

Tapi kebanyakan jajanan di pinggir jalan tingkat kebersihan dan kesehatannya diragukan. Misalnya makan ayam goreng, minyak yang digunakan belum tentu sehat. Minyak tersebut biasanya sudah dipakai menggoreng berkali-kali, sehingga bisa membahayakan kesehatan.

Lupakan camilan tak sehat
Di antara waktu makan, Anda perut tetap bekerja sehingga terkadang timbul rasa lapar. Pasti Anda tergoda untuk ngemil.

Gorengan atau keripik kentang memang teman yang menyenangkan di antara jeda makan. Tapi makanan seperti itu tak ada gizinya dan tinggi kolesterol.

Siapkan buah untuk camilan
Coba makan buah setidaknya lima kali dalam sehari. Bila keinginan ngemil datang, makan buah. Kandungan nutrisi sehat dalam buah tak perlu dipertanyakan lagi. Serat dan vitamin tinggi bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh dan memperlancar pencernaan.

Pilih buah berwarna kuning seperti jeruk, mangga, aprikot untuk memenuhi kebutuhan beta karoten. Buah-buahan berantioksidan tinggi seperti strawberry, blueberry atau grapefruit juga bisa jadi pilihan.

Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk salad buah, rujak, atau jus buah, atau smoothies. Selain buah, Anda juga bisa menyiapkan sayur untuk camilan, misalnya brokoli, bayam, atau wortel.

Jangan abaikan rasa haus
Pegawai kantoran banyak menghabiskan waktu di dalam ruang berpendingin (AC). Hal ini membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Kadang Anda menunda minum karena kesibukan kerja. Tapi hal itu membahayakan fungsi kerja ginjal.

Anjuran minum air putih yang baik minimal delapan gelas sehari. Tapi bagi Anda, sebaiknya tambah porsi minum. Bila Anda malas bolak-balik mengambil minum di dispenser, sediakan teko di meja Anda.

Perbanyak menu ikan
Bekerja 8-10 jam sehari membuat Anda banyak menguras otak. Sehingga Anda perlu mengasup protein tinggi.

Penelitian kesehatan mengungkapkan, orang yang memakan ikan minimal tiga kali seminggu memiliki risiko terserang penyakit lebih rendah. Kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi pada ikan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, protein tinggi ikan juga membantu memperbaiki sel-sel otak dan sistem saraf. Dengan demikian, kerja otak dan konsentrasi Anda lebih baik.

http://kosmo.vivanews.com

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori