Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

BOLEHKAH TIDAK SHOLAT DHUHUR??

assalamualaikum.wr.wb..

mngkn judulnya aneh ya,, tp emang betul, saya tanya serius..


kita semua tau. BAHWA SHOLAT DHUHUR ADALAH [size=medium]SHOLAT WAJIB[/size],disamping ada 4 waktu sholat lainya yg mana kita tau bhw FIRST HISAB MANUSIA ADALAH SHOLAT.. KRN WAJIB NEH.


[size=medium]asumsi kondisinya adalah sehat wa'alfiat. bukan musafir
( ada ditempt tinggalnya). tanpa kurang sdktpn...jd scr jasmani dan rohani, tdk ada alasaan si manusia tdk sholat dhuhur kl melihta dhohirnya
[/size]

PERTANYAAN SAYA.ADAKAH ALASAN YG MEMBUAT TDK SHOLAT DHUHUR 4 ROKAAT TP TDK BERDOSA, bahkan ttp mendapakan ganjaran pahala.. DAN EMANG DIAJARKAN OLEH SYARIAT?

SAYA INGATKAN LAGI APA YG MEMBUAT seorang MUSLIM TDK SHOLAT WAJIB (JUMAT) DAN DIPERBOLEHKAN BAHKAN GA KENA SANGSI DOSA?




thakns utk mnjwab.....


(sertakan alasan yg kuat, NO AKAL. KARENA INI SYARIAT dan ga ada mksd saya utk menggurui...)
«13

Komentar

  • [size=medium]yang boleh kayaknya yang sedang haid . dia akan mendapatkan pahala yag seperti dia lakukan sebelum haid (sholat) jadi boleh boleh saja .
    asal bukan pria . kata guruku sich .. gak tau betul apa salah !! :blah:[/size]
  • :rolleyes: saya sdh tulis tdk ada mslh baek jasmani dan rohani.....

    jd kl haid jelas itu gangguan,, dalam hal ini bkn hanya PRIA tp jg WANITA.. jd pertanyaan saya berlaku scr universal. tdk bedakan pria dan wanita..


    next
  • [size=small]Boleh, bagi Laki - laki, pada hari Jum'at.. :)

    Fardhunya Shalat Jumat Berdasarkan Firman Allah, "Apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (al Jumu'ah: 9)


    467. Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Kami adalah orang-orang kemudian yang mendahului pada hari kiamat. Hanya saja mereka (dan dalam satu riwayat: hanya saja setiap umat 4/153) diberi kitab sebelum kita (dan kita diberinya sesudah mereka 1/216). Kemudian hari mereka ini yang telah difardhukan oleh Allah telah diperselisihkan mereka. Maka, Allah memberi petunjuk kepada kita. Lantas orang-orang mengikuti kita mengenai hari itu, orang-orang Yahudi besoknya (hari Sabtu), dan orang-orang Nasrani besok lusa (hari Ahad)." (Lalu beliau diam, kemudian bersabda, "Karena Allah ta'ala[1], wajib atas setiap muslim mandi sekali dalam seminggu, dengan mencuci kepalanya dan seluruh tubuhnya." 1/216).
    [/size]
  • :top: bagus.. ini mulai serius nih...jadi dalam hal ini saya walpoun sehat wal afiat boleh tdk sholat wajib DHUHUR asal ketemu sholat jumat,, pdhl kita tahu DHUHUR adalah wajib,, sdngkn JUMAT SUNNAH MUAKAD..... ( ada sunnah nya) ,
    (SAMINA WA'ATHONA)

    sampe saat ini ada jwbn tepat dr jenng 555... SHOLAT JUMAT ... ADA LAGI,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



    (dalam hal ini saya ga ada mksd menggurui. saya cuma ingin menunjukan bgmn akal berfungsi dalam ISLAM, kpn akal digunakan, kpn tdk boleh dugunakan, saya sangat berharap moga thread ada hikmah yg bisa kita ambil.. sekalian saya cek DIRI sendiri apakah saya salah apa tdk, jd bantuan temen2 atas dasar legawa hati dalam berdiskusi sangat diharapkan.)
  • [size=small]
    telat gw...
    :pusing:

    sibuk cari rezeki...
    :cry:
    [/size]
  • elang biru menulis:
    telat gw...
    Pusing

    sibuk cari rezeki...

    belom telaT BANG .. BARU DIJAWWAB SHOLAT JUMAT,,, AYOO TEMEN2 ADA LAGI GA??? SELAIN HARI JUMAT.....
  • [size=small]apa ya? tidak shalat dzuhur tepat pada waktunya tapi menggabungkan dengan shalat ashar jika sedang dalam perjalanan jauh gitu?? :think:[/size]
  • ga.. ga ada penggabungan disini... MURNI SHOLAT DHUHUR,,,,,,,,ayoo... sholat apalg YG BISA MEMBOLEHKAN SAYA TDK SHOLAT DHUHUR,,,,?? SERIUS NEH
  • [size=medium]kang,, Alhamdulillah nemu nih.. :blah:[/size]

    [align=justify][size=small]BERTEPATANNYA HARI IED DENGAN HARI JUM'AT


    Oleh
    Syaikh Ali bin Hasan bin Ali Abdul Hamid Al-Atsari


    Telah meriwayatkan Abu Daud (1070), An-Nasa'i (3/194), Ibnu Majah (1310),
    Ibnu
    Khuzaimah (1461), Ad-Darimi (1620) da Ahmad (4/372) dari Iyas bin Abi Ramlah

    Asy-Syami ia berkata.

    "Aku menyaksikan Mua'wiyah bin Abi Sufyan bertanya kepada Zaid bin Arqam, ia

    berkata : "Apakah engkau pernah menyaksikan bersama Rasulullah
    Shallallahu 'alaihi wa sallam bertemunya dua hari raya pada satu hari ?"

    Zaid berkata : "Ya"

    Mu'awiyah berkata : "Lalu apa yang beliau lakukan ?"

    Zaid menjawab : "beliau shalat Id kemudian memberi keringanan (rukhshah)
    untuk
    shalat Jum'at, beliau bersabda :

    "Siapa yang ingin shalat maka shalatlah"[1]

    Abu Hurairah dan selainnya membawakan riwayat tentang hal ini dari Nabi
    Shallallahu 'alaihi wa sallam.

    Dan ini yang diamalkan para sahabat radhiyallahu 'anhum.

    Abdurrazzaq meriwayatkan dalam "Al-Mushannaf" (3/305) dan juga Ibnu Abi
    Syaibah dalam "Al-Mushannaf" (2/187) dengan sanad yang shahih dari Ali
    Radhiyallahu 'anhu, bahwasanya berkumpul dua hari raya pada satu hari, maka
    ia
    berkata :

    "Artinya : Siapa yang ingin menghadiri shalat Jum'at maka hadirilah dan
    siapa
    yang ingin duduk maka duduklah"

    Dalam "Shahih Bukhari" (5251) disebutkan riwayat semisal ini dari Utsman
    Radhiyallahu 'anhu.

    Dalam "Sunan Abi Daud" (1072) dan "Mushannaf Abdurrazaq" (nomor 5725) dengan

    sanad yang Shahih dari Ibnuz Zubair.

    "Artinya : Dua hari raya bertemu dalam satu hari, maka ia mengumpulkan
    keduanya bersama-sama dan menjadikannya satu. Ia shalat Idul Fitri pada hari

    Jum'at sebanyak dua raka'at pada pagi hari, kemudian ia tidak menambah
    hingga
    shalat Ashar..."


    Asy-Syaukani berkata dalam "Nailul Authar" (3/348) mengikuti riwayat ini :

    "Dhahir riwayat ini menunjukkan bahwa ia tidak mengerjakan shalat Dhuhur.

    Dalam riwayat ini menunjukkan bahwa shalat Jum'at jika gugur dengan salah
    satu
    sisi yang diperkenankan, maka tidak wajib bagi orang yang gugur darinya
    untuk
    mengerjakan shalat dhuhur. Dengan ini Atha' berpendapat.

    Tampak bahwa orang-orang yang berkata demikian karena Jum'at adalah pokok.
    Dan
    engkau tahu bahwa yang diwajibkan oleh Allah Ta'ala bagi hamba-hamba-Nya
    pada
    hari Jum'at adalah shalat Jum'at, maka mewajibkan shalat Dhuhur bagi siapa
    yang meninggalkan shalat Jum'at karena udzur atau tanpa udzur butuh dalil,
    dan
    tidak ada dalil yang pantas untuk dipegang sepanjang yang aku ketahui"



    [Disalin dari Kitab Ahkaamu Al-Iidaini Fii Al-Sunnah Al-Muthahharah, edisi
    Indonesia Hari Raya Bersama Rasulullah, oleh Syaikh Ali Hasan bin Ali Abdul
    Hamid, Al-Atsari, terbitan Pustaka Al-Haura, penerjemah Ummu Ishaq Zulfa
    Husein]
    _________
    Foote Note.
    [1]. Imam Ali Ibnul Madini menshahihkan hadits ini sebagaimana dalam
    "At-Talkhisul Habir" 2/94
    [/size]
    [/align]
  • Assalamualaikum wr wb..........

    Karena hujan barangkali.. :D

    Dari Ibnu Abbas ra. Bahwa Rasulullah SAW shalat di Madinah tujuh atau delapan; Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya`”. Ayyub berkata, ”Barangkali pada malam turun hujan?” Jabir berkata, ”Mungkin”. (HR Bukhari 543 dan Muslim 705).

    Dari Nafi` maula Ibnu Umar berkata, ”Abdullah bin Umar bila para umaro menjama` antara maghrib dan isya` karena hujan, beliau ikut menjama` bersama mereka.” (HR Ibnu Abi Syaibah dengan sanad Shahih).

    Hal seperti itu juga dilakukan oleh para salafus shalih seperti Umar bin Abdul Aziz, Said bin Al-Musayyab, Urwah bin az-Zubair, Abu Bakar bin Abdurrahman dan para masyaikh lainnya di masa itu. Demikian dituliskan oleh Imam Malik dalam Al-Muwattha` jilid 3 halaman 40.

    Selain itu ada juga hadits yang menerangkan bahwa hujan adalah salah satu sebab dibolehkannya jama’ qashar.
    Dari Ibnu Abbas ra. Bahwa Rasulullah SAW menjama` zhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya` di Madinah meski tidak dalam keadaan takut maupun hujan.” (HR Muslim 705).

    Mohon pencerahan :D
  • tepat sekali.. :top: alkhamdulillah jeng ketemu..ini pointnya,



    SAYA coba sebisa saya..KITA MUSLIM PUNYA 2 PEGANGAN WAJIB, SUNNAH DAN AL QURAN... DAHULUKAN QURAN , JK TDK ADA LIHAT SUNNAH, JIKA TDK ADA MAKA BERTIJTIMALAH...PERHATIKA JUMAT ADA DALAM AL QURAN. YG JENG 55 TUNJUKAN.
    "Apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (al Jumu'ah: 9)

    NO REGRADS, INGAT ADA DLM QURAN..

    TERUSNYA SATA PETIK HADITS YG JENG BAWA...

    Telah meriwayatkan Abu Daud (1070), An-Nasa'i (3/194), Ibnu Majah (1310),
    Ibnu
    Khuzaimah (1461), Ad-Darimi (1620) da Ahmad (4/372) dari Iyas bin Abi Ramlah
    Asy-Syami ia berkata.
    "Aku menyaksikan Mua'wiyah bin Abi Sufyan bertanya kepada Zaid bin Arqam, ia
    berkata : "Apakah engkau pernah menyaksikan bersama Rasulullah
    Shallallahu 'alaihi wa sallam bertemunya [size=large]dua hari raya pada satu hari ?[/size]"
    Zaid berkata : "Ya"
    Mu'awiyah berkata : "Lalu apa yang beliau lakukan ?"
    Zaid menjawab : "beliau shalat Id kemudian memberi keringanan (rukhshah)
    untuk
    shalat Jum'at, beliau bersabda :
    "Siapa yang ingin shalat maka shalatlah"[1]


    LIHAT YG SAYA BOLD DAN HITAMKAN ITU. disitu kita BISA MELIHAT jeng,KITA JG BISA TEMUKAN KEJELASAN, bahwa tanpa kita sadari atau mngkn sdh kita sadari bahwa

    [size=medium]SHOLAT JUMAT ADALAH SHOLAT HARI RAYA JUGA[/size]

    artinya kedudukan SHOLAT JUMAT SAMA DENGAN SHOLAT IED.. PUNYa SUNNAH PUNYA RUKUN..YG ADA TATA CARA, TDK BOLEH DIKURANGI DAN JUGA TDK BOLEH DITAMBAHI.....

    kl kita liat bgmn dua hari raya ketemu, tentunya ada 2 sholat hari raya dgn 1 dhuhur..lalau bgmn kah nasib dhuhur.. kl katnya BLH GA SHOLAT DHUHUR ASALKAN SHOLAT JUMAT, TP BMN JIKA BERTEMU IED.. MAKA HILANGLAH JUMAT NYA.. BOLEH SHOLAT BLH JG ENGGA... LALU DHUHURNYA...
    bingung kan :confused:,

    NAH PERTANYAAN SELAJUTNYA SAYA SIMPLE.. BGMNKAH NASIB SHOLAT DHUHUR JIKA TERNYATA SHOLAT JUMAT TDK KITA LAKUKAN KrN SHOLAT IED..?


    MANGGA diteruskan :)
  • [size=small]hmm gitu ya... :wait:

    oh berarti, shalat Dzuhurnya jadi nggak wajib atau gugur kewajibannya ya ?
    [/size]
  • doneck menulis:
    Assalamualaikum wr wb..........

    Karena hujan barangkali.. Big Grin

    Dari Ibnu Abbas ra. Bahwa Rasulullah SAW shalat di Madinah tujuh atau delapan; Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya`”. Ayyub berkata, ”Barangkali pada malam turun hujan?” Jabir berkata, ”Mungkin”. (HR Bukhari 543 dan Muslim 705).

    Dari Nafi` maula Ibnu Umar berkata, ”Abdullah bin Umar bila para umaro menjama` antara maghrib dan isya` karena hujan, beliau ikut menjama` bersama mereka.” (HR Ibnu Abi Syaibah dengan sanad Shahih).

    Hal seperti itu juga dilakukan oleh para salafus shalih seperti Umar bin Abdul Aziz, Said bin Al-Musayyab, Urwah bin az-Zubair, Abu Bakar bin Abdurrahman dan para masyaikh lainnya di masa itu. Demikian dituliskan oleh Imam Malik dalam Al-Muwattha` jilid 3 halaman 40.

    Selain itu ada juga hadits yang menerangkan bahwa hujan adalah salah satu sebab dibolehkannya jama’ qashar.
    Dari Ibnu Abbas ra. Bahwa Rasulullah SAW menjama` zhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya` di Madinah meski tidak dalam keadaan takut maupun hujan.” (HR Muslim 705).

    Mohon pencerahan Big
    walaikumsalam wr.wb
    selamat bergabung kang doneck

    iya bnr,, lek mslh jamak dan qoshor emang di gunakan dalam keadaan kita tdk bisa beribadah krn suatu hal yg menghalagi utk ibadah.tp melakukan ibadah.
    tp hujan masuk dalam kategori mengganggu. jd dhuhur bisa saya gabungkan dgn ashar..menjamak atau menqosor sholat bkn berarti 1 sholat hilang.. bkn bgt... jama dan qosor sesuai dgn artinyy yaitu menggabungkan jd satu.....

    jadi ttp saja saya telah sholat DHUHUR :) .. coba baca baek2 mksd saya kang doneck :top:
  • [size=small]Kang, kalau shalat Jum'at itu jam 12 , sementara shalat Ied jam 7 pagi seperti waktu dhuha,

    kalau tetap dilakukan nggak apa apa kan ya?

    atau juga sebaliknya, kita shalat dhuhur setelah paginya shalat Ied, juga tidak apa apa kan?
    [/size]
  • hmm.. kl kita bermain dgn logika dan akal tentunya mngkn.:D
    tp dalam hal ini kta ga blh keluar jalur. yaitu AL QURAN DAN SUNNAH/HADITS......coba nanti lihat hasilnya gmn..


    SBG CATATAN DALAM HAL INI KITA AKAN PEGANG TEGUH 2 HAL YAITU SUNNAH DAN AL QURAN..JGN BERBELOK.... COZ ITU SESUAI PEGANGAN KITA SBG UMAT ISLAM DAN PASTI KAGA SALAH APALGI BID'AH


    NANTI dilanjut LAGI ... sholat dulu..
  • badrun menulis:
    :top: bagus.. ini mulai serius nih...jadi dalam hal ini saya walpoun sehat wal afiat boleh tdk sholat wajib DHUHUR asal ketemu sholat jumat,, pdhl kita tahu DHUHUR adalah wajib,, [size=medium]sdngkn JUMAT SUNNAH MUAKAD..... ( ada sunnah nya),[/size]
    (SAMINA WA'ATHONA)

    sampe saat ini ada jwbn tepat dr jenng 555... SHOLAT JUMAT ... ADA LAGI,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



    (dalam hal ini saya ga ada mksd menggurui. saya cuma ingin menunjukan bgmn akal berfungsi dalam ISLAM, kpn akal digunakan, kpn tdk boleh dugunakan, saya sangat berharap moga thread ada hikmah yg bisa kita ambil.. sekalian saya cek DIRI sendiri apakah saya salah apa tdk, jd bantuan temen2 atas dasar legawa hati dalam berdiskusi sangat diharapkan.)

    baru pertama kali terjadi hukum solat jum'at dari fardhu ain berubah menjadi sunnah muakadah.


    secara hukum syar'i yang namanya sunnah dibawah fardhu.
    kalo yang terjadi seperti pemahaman sdr.badrun maka solat jumat menjadi tidak wajib dilaksanakan bagi pria yang sudah baligh karena bersifat sunnah muakadah.

    saya tidak ingin memojokkan atau mencari2 kesalahan sdr.badrun tapi inilah kesesatan yang nyata karena hal yang fardhu turun derajatnya menjadi sunnah hanya karena kurang ilmu atau merasa sok hebat dalam beragama... masya Allah...

    semoga jadi koreksi buat sdr.badrun agar lebih berhati2 dalam melangkah dan memberi penilaian thdp seseorang krn dalam waktu sekejap semua bisa berbalik keadaannya. Hanya Allah swt. yang berhak menghakimi bukan makhluk ciptaannya.

    wallahu a'lam





    [size=small]sebenarnya sudah dari pertama thread ini dibuat pengen ditanggepin tapi krn susah login jadinya nonton aja... :cool:[/size]
  • mungkin untuk pertimbangan . 3 x meninggalkan sholat jumat maka hilanglah ke islamanya.
    Coba dikaji jg meninggalkan sholat jumat mendapat dosa.
    Meninggalkan sholat ied tdk apa2.
  • sholat dhuhurnya tetap wajib.
    hadist tsb hnya memperingan dari sholat jum'at tp tidak menggugurkan kewajiban sholat dhuhur.
    bila melaksanakan sholat jum'at maka dhuhur boleh tidak dilaksanakan, bila tidak sholat jum'at maka dhuhur adalah wajib.
    karena sholat ied dan jum'at merupakan sholat sunnah berjemaah di waktu yg sama/ satu hari. cukup salah satu dilaksanakan, apabila keduanya ingin dilaksanakan juga boleh.
    hanya sekedar berbagi.. maaf klo kurang berkenan
  • iya..selamat datang disini.. maaf baru OL, dikarenakan PLN BERGILIR mati lampu :( , asem tenan....

    oh gpp.. dicari kesalahan adalah hal terbaik bg mansuia yg mau berubah, dan saya sangat menhormati itu,selama tdk mnganggu thread ini dgn akal.. dan tdk membelok pada pokok thread..
    ito_aries menulis:
    saya tidak ingin memojokkan atau mencari2 kesalahan sdr.badrun tapi inilah kesesatan yang nyata karena hal yang fardhu turun derajatnya menjadi sunnah hanya karena kurang ilmu atau merasa sok hebat dalam beragama... masya Allah...

    sesat? yah ini bagus sekali :sleep: .. isnyallah SELAMA SAYA TDK BERBELOK DR SUNNAH DAN AL QURAN maka TDK SESAT... tp saya jamin jika ada hukum sunnah dan al quran tp melakukan pembenaran menggunakan akal. berrati BID'AH.. DAN ISNYALLAH tdk adalah rasa sok hebat, kecuali cara pandang manusia yg penuh dengki.. wallahualam..

    DAN MEMANG SAYA BERHARAP TEMAN-TEMAN MEMBACA THREAD INI DGN SEKSAMA.. SENGAJA SAYA MERUBAH KATA SUNNAH MUAKAD AGAR DIKRITIK. JADI SAYA TAU BAHWA TEMAN2 DISINI BNR2 MEMBACA,DAN MENGETAHUI HUKUM SHOLAT JUMAT YG SAYA TULIS SALAH.KRN MNRT SAYA SANGAT MUDAH UTK MENDAPATKAN AKSI . krn jumat ada dlm al quran dan sangat familiar di telinga kita,,
    ITULAH DIAWAL SAYA TULIS DGN BOLD.. SBG KUNCI DISKUSI
    SAYA SENDIRI menulis:
    dalam hal ini saya [size=medium]ga ada mksd menggurui[/size]. saya cuma ingin [size=medium]menunjukan bgmn akal berfungsi dalam ISLAM[/size], kpn akal digunakan, kpn tdk boleh dugunakan, saya sangat berharap moga thread ada hikmah yg bisa kita ambil.. [size=large]sekalian saya cek DIRI sendiri apakah saya salah apa tdk[/size], [size=medium]jd bantuan temen2 atas dasar legawa hati dalam berdiskusi sangat diharapkan[/size].)

    MAKANYA SAYA DISANA SDH PERMISI BKN BERMKSD NGAJARI, DAN MINTA DILIAT SAYA SALAH ATAU TIDAK DAN MINTA BANTUAN. JD BKN BUKAN CUMA LEWAT AJA TP TDK DIRESAPI.. KRN SAYA BNR2 BERHARAP ADA YG BERKATA KNP SAYA GANTI SUNNAH MUAKAD KOK TDK FARDHU AIN...BARU STLH ITU DILANJUT, OELH SEBAB ITU.. BERULANG KALI PULA SAYA BERKATA....
    SAYA SNDIRI menulis:
    SBG CATATAN DALAM HAL INI KITA AKAN PEGANG TEGUH 2 HAL YAITU SUNNAH DAN AL QURAN..JGN BERBELOK.... COZ ITU SESUAI PEGANGAN KITA SBG UMAT ISLAM DAN PASTI KAGA SALAH APALGI BID'AH

    DAN SANMPI POST SAYA TERKAHIR SAYA MENULIS
    SAYA SENDIRI menulis:
    .coba nanti lihat hasilnya gmn..
    itu krn saya menunggu ada yg krirtik saya,KRN JENG 555 DAN TMN2 BLM ADA YG KOMNETAR.JD KRN SELAMA BLM ADA YG KRITIK SAYA BLM BISA LANJUT UTK MASUK KEPOKOK PENJELASAN HADITS, DAN AYAT AL QURAN TTNG JUMAT. KRN PENGERTIAN HUKUM HRS MENGERTI SBG LANGKAH AWAL UTK MASUK KE HADITS DAN AL QURAN...DAN SAYA EMAG BERTUJUAN AGAR THREAD INI BERPIKIR SMUA. BUKAN HANYA DR SAYA, TP DR ANDA-ANDA SEMUA.INILAH YG NAMANYA DISKUSI BUKAN ONE MAN SHOW...

    SHNGGA PADA AKHIR THREAD AKAN ADA SUATU PEMAHAMAN TTNG SHOLAT JUMAT,ada APA DGN SHOLAT JUMAT, KNP DAN MENGAPA.. LALU SHOLAT IED. KNP PIDATO JD BIDAH, DAN SEMUANYA DGN BERPEGANG SUNNAH DAN AL QURAN, BUKAN AKALDAN SUBHANALLAH SUKURLAH. ANDA MASUK, KRN KRITIKAN ANDA YG SAYA TUNGGU.UTNK SAYA MASUK KETINGKAT SELANJUTNYA. :sleep: pdhl sya berharp dr yg lain :sleep: ...
    CARA JEBAKAN MODEL BEGINI BG YG PAHAM typical SAYA DI GFT SERING SAYA GUNAKAN KPD UMAT TETANGGA, SHNGGA JAWABAN MRK AKAN JD SENJATA MAKAN TUAN MRK.. bedanya ini kpd umat sendiri. tp resikonya saya yg harus salah, agar ada efek ke temen2 utk masuk kesini..jd ada aksi dan reaksi..

    inilah syiar mas, DGN WAJIB MELURUSKAN KEMBALI PERKATAAN, kita harus ikhlas membuat suatu kesalahan agar siap dkritik,SIAP DITUDUH , SEMATA-MATA agar smua mo konsentrasi krn ini ttng IBADAH,,jadi smua harus2 bnr2 jeli.krn ni ga maen2..itulah yg dinamakan NOT MAN SHOW.
    jd disini anda bisa lihat.. betapa saya tdk sok hebat bukan.....SYIAR ITU wajib legawa, ikhlas, dan TEGAS mas..;)


    jk ada yg bertanya lagi. knp sya pake metode pendidikan cara ini.. cobalah bertanya kpd anak psikologi,, pasti mrk tau.
    PARA IBU ATAU GURU ANDA WAKTU SD SERING SEKALI PAKE METODE YG SAYA PAKE AGARA DPT PERHATIAN MURID/ANAK2 MRK ..:top:

    inlah yg menjaga thread anda bersih dan rapi hingga akhir sbg sebuah cerita yg menarik utk dibaca.krn isinya ilmu semua, bkn debat2 kosong . krn jumat dan dhuhur adlh ibadah yg sama2 punya beban DOSA;)

    jelas bkn,,, skrng krn sdh ada yg kritik.. bisa kita lanjutkan, kpd pokok permasalahan YG LBH DALEM LAGI...dan tetap saya trimkasih ama mas ito.. artinya anda mengamati dgn jelas post2 yg saya tulis dgn berpikir. tofadlo disini . saya ajak anda utk berdiskusi dgn ILMU.. no hate. dan jiwa SYIAR.. tofadlo. ahlan wasahlan di di thread saya.
    ===============================================================================

    nah psrti yg bung ITO BILANG.. JUMAT FARDHU AEN.. DISINI SAYA BNR-BNR BUTUH KETELITIAN ANDA, KRN NANTI KITA SMUA BISA TAU DGN BAEK DAN BNR, APA ARTI HADITS, RAHASIA DIBALIK JUMAT, DAN IED.. MAKNA, HIKMAH DSB YG MNGKN BARU BG ANDA.DGN HARAPAN JG KITA SEMUA BERMAIN DIDALAMNYA..
    SEKALI SAYA GA NIAT MENGGURUI.ATOPN SOK PINTAR. huehueheu.. ga ada gunanya terkenal. aplg pake nick badrun. tdk ada yg tau ssiapa saya,,,bwhaha.. jd sudahi sajalah kata sok pinta sok hebat dsb. krn saya yakin. orang yg mengatakan itu ga lbh dr orang yg justru pengin hebat dan dengkinya gede nemen, coz ini dunia maya..
    JD INI MURNI HANYA KRN WAJIB HUKUMYA UTK MEMBAGI HARTA TERMASUK ILMU.
  • bagi antum bisa jadi itu hanyalah sebuah permainan untuk menguji rekan2 muslim di NI ini dan artinya antum sebagai penguji sudah merasa lebih hebat dari rekan2 disini.
    kalo antum punya pengetahuan harusnya di bagi tanpa pamrih bukan sekedar jebakan yang sifatnya "KONYOL" seperti ini.

    tapi bagi saya pribadi apapun alasan antum itu hanyalah sebuah alasan untuk menutupi kedok antum sendiri akan kekurangan antum jadi gak ada gunanya panjang lebar, muter2 buat cari pembenaran pribadi.

    sebenarnya dari diskusi kita kemarin sudah sgt keliatan kelemahan antum dengan menafikan ijma' dan qiyas sbg rujukan penting dlm islam.
    hari ini antum bikin kesalahan lebih fatal lagi menurunkan derajat suatu hukum.
    entah besok hukum apalagi yang akan antum kesampingkan.

    saya bukan untuk mencari permusuhan tapi ada hal yang sangat perlu diluruskan dan ini bukan sekedar permainan.
    kalo mau tahu apa itu bid'ah?, inilah bid'ah yang nyata krn sgt jelas dalam tulisan antum dzuhur hukumnya wajib, sdgkn solat jumat sunnah muakad. ditambahlagi diperkuat lagi hadits tanpa mengerti apa yang ditulis pdhl seseorang yang paham tidak akan mungkin bermain2 untuk hal yang sifatnya sangat mendasar seperti ini.

    wallahu a'lam
  • ITO-ARIES menulis:
    kalo mau tahu apa itu bid'ah?, inilah bid'ah yang nyata krn sgt jelas dalam tulisan antum dzuhur hukumnya wajib, sdgkn solat jumat sunnah muakad. ditambahlagi diperkuat lagi hadits tanpa mengerti apa yang ditulis pdhl seseorang yang paham tidak akan mungkin bermain2 untuk hal yang sifatnya sangat mendasar seperti ini.
    :SLEEP:





    ==========================================================================
    [size=large]
    [align=center].. SELANJUTNYA KEMBALI KE TOPIC.. [/align][/size]

    SPRRI YG ITO YG BILANG BAHWA JUMAT FARDHU AIN. .. HUKUMNYA WAJIB BG YG KENA SYARAT , DAN DOSA JK DITINGGALKAN sperti yg BUNG AND YOU SAMPAIKAN .......
    AND-YOU menulis:
    ] mungkin untuk pertimbangan . 3 x meninggalkan sholat jumat maka hilanglah ke islamanya.
    Coba dikaji jg meninggalkan sholat jumat mendapat dosa.

    NAH DISINI PENTING SEKALI.. SAYA AKAN AMBIL LAGI HADITS DR JENG 555
    JENG 555 menulis:
    berkata : "Apakah engkau pernah menyaksikan bersama Rasulullah
    Shallallahu 'alaihi wa sallam bertemunya [size=large]dua hari raya pada satu hari [/size]?"

    HARI RAYA.. JD SAMA-SAMA HARI RAYA :think:. ied hari raya, jumat jg hari raya,,
    tp knp hukum jumat fardhu ain YG ditinggalkan dosa. sdngkn dhuhur wajib hukumny ditinggalkan jelas dosa jg . dan mengapa ied cuma sunnah muakad ???

    ISLAM ADA JAWABAN..

    SILAHKAN RESAPI DAN CERMATI...... KARENA SETELAH INI.... SAYA AKAN MASUK KE MASALAH YG MNRT SAYA SERING DILUPAKAN UMAT MUSLIM PDHL SUNNAH MENGATAKAN KL NI ADALAH HARI RAYA UMAT ISLAM...
    KENAPA JUMAT HARI RAYA.. DAN KNP HARUS JUMAT KOK GA SENIN, SELASA :confused: ?



    :) DGN INI KALIAN AKAN ATAU ISI PENUH DR HADITS YG DISAMPAIKAN JENG 555... BARU STLH SELSE DGN PEMAHAMAN HADITS.. KITA COBA MASUK KE AYATNYA.......


    MANGGA NEXT.......


    :NB TTP PEGANG SUNNAH DAN AL QURAN..JGN BERBELOK :top:
  • gini ya kang,

    dari semua jawaban yang ada akang hanya sibuk mengquote tulisan akang sendiri. darisini bisa kita liat cara kerja akang tsb hanya untuk membela diri.
    silahkan dan sah2 aja toh yang namanya manusia punya kekurangan.

    kalo akang mau nanggepin tolong keluarin dalilnya yang mengatakan solat jumat hukumnya sunnah muakad sesuai penjabaran akang. gak perlu akang quote sana quote sini tulisan akang karena cape untuk membacanya dan ujung2nya saya dicap agnois dan munafik... :D
    kalo dari awal bahasan hukumnya fardhu ain pasti saya gak bakal masuk dalam thread akang ini krn sepanjang yang saya tahu sampe saat ini hukumnya tidak pernah berubah atau turun jadi sunnah.
    katanya setiap berbicara ada dalilnya?

    silahkan lanjut bagi rekan2 lain yang mau nambahin udh jamnya bobo... :cool:
  • ASTAGFIRULLAH TUH ANAK.. DENGKI ANDA BGT BESAR..DAN SILAHKAN BERDISKUSI. TUNJUKAN DAN BAGI ILMU ANDA.jika anda punya ilmu.. saya rasa itu lbh berguna dalam menujukan kemampuan drpd anda bekrta punya ilmu, dan merendahkan orang lain serta berharp anda dianggap bnr dan hebat tp isisnya cuma kata-kata umpatan aja..

    oke ayoo.. knp saya KASIH CONTOH masukan kesalahan sunnah muakad UTKPANCING TEMEN2 ........

    PERTANYAAN KHUSUS UNTK BUNG ITO ................ATAS TULISAN INI.........
    -ITO_AIES menulis:
    kalo dari awal bahasan hukumnya fardhu ain pasti saya gak bakal masuk dalam thread akang ini krn sepanjang yang saya tahu sampe saat ini hukumnya tidak pernah berubah atau turun jadi sunnah.
    katanya setiap berbicara ada dalilnya?
    KL BGT TERANGKAN PADA SAYA,,APA HUKUM SHOLAT DHUHUR SBG FIRST HISAB YG JD TIANG AGAMA YG DITURUNKAN DI SINDRATUL MUUNTAHA DAN BERDOSA JK DITINGGALKAN ?
    KL ANDA JWB WAJIB KNP BISA GUGUR DGN JUMAT YG FARDHU AIN YG KENA DOSA JIKA DITINGGLAAKAN YG DITURUNKAN DIBUMI .......?
    KL JUMAT FARDHU AIN BISA GANTIKAN DHUHUR YG HUKUMNYA WAJIB,, LALU KNP IED YG HUKMYA SUNNAH MUAKAD BISA MENGGUGGURKAN JUMAT YG FARDHU AIN?


    SILAHKAN JAWAB PERTANYAAN KHUSUS BUAT ANDA INI DGN KIBLAT SUNNAH DAN ALQURAN,,,


    silhakn disini dgn ilmu anda yg bisa merendahkan saya. atau kl msh cuma bisa mengumpat.. MAKA ITULAH ILMU ANDA :TOP:

    next teman-teman.....


    NB:TETAP PEGANG TEGUH SUNNAH DAN AL QURAN
  • harap anda ber 2 berhati hati dan bersabar.
    jng terjebak pada pemikiran anda sendiri tentang orang skitar anda.
  • So what gitu loh???
    penasaran ane, langsung pengen tau hasil ahir nye
    maklum ane awam beud perkara bituan :pusing::pusing::pusing::rolleyes:
  • baik kang saya jawab pertanyaan anda biar saya tidak di cap dengki (lagi2 kebiasaan memvonis masih belum hilang)...

    hukum solat jumat:
    "Jumat itu suatu kewajiban atas tiap-tipa muslim dengan berjama'ah kecuali empat orang yaitu : hamba sahaya, perempuan, anak-anak dan orang sakit." (HR.`Abu Dawud dan Al-Hakim).

    "Hendaklah orang-orang itu berhenti dari meninggalkan sholat Jumat atau kalau tidak, Allah akan menutup hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang yang lalai." (HR. Muslim)

    "Sungguh aku berniat menyuruh seseorang (menjadi imam) sholat bersama-sama yang lain, kemudian aku akan membakar rumah orang-orang yang meninggalkan sholat Jumat.” (HR. Muslim)
    Menurut Abu Hanifah minimal 3 orang selain imam. Dalilnya bahwa yang disebut jamak (jamaah) itu adalah tiga ke atas.
    Menurut Imam Malik harus ada minimal 12 orang untuk syahnya sholat Jumat.
    Dalilnya adalah riwayat yang menceritakan bahwa ketika Rasulullah SAW sedang khutbah Jumat, tiba-tiba datang rombongan kafilah dagang pulang dari berniaga. Serta merta jamaah bubar menyambutnya dan hanya tersisa 12 orang saja. Peristiwa itu menjadi asbabunnuzul surat Al-Jumuah.

    Menurut Imam Syafi‘i dan Ahmad bin Hanbal minimal harus ada 40 orang penduduk setempat untuk melakukan sholat Jumat.
    Dalilnya adalah hadits Kaab ra. tentang awal mula dilaksanakannya sholat Jumat. Diterangkan bahwa saat itu jumlahnya 40 orang. (HR Abu daud dan Ibnu Majah). Masih menurut mereka, belum ada nash yang tsabit yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW sholat Jumat dengan jumlah jamaah kurang dari 40 orang.

    Siapa yang ketinggalan solat jumat maka ia mengqadha'nya dengan shalat dzuhur empat rakaat, jika ia ada halangan maka ia tidak berdosa, dan jika tidak ada halangan, ia berdosa karena ia mengabaikan shalat jum'at. disinilah keringanan2 dalam islam, tidak menyulitkan ummat.

    wallahu a'lam
  • [size=small]sudah hari Jum'at
    alhamdulillah masih bertemu dengan hari Jum'at
    [/size]

    khusyuk.jpg
  • arphill menulis:
    numpang lewat.... mbah :)

    [size=small]
    mas arphill ! buru2 amat, mau kemana ?
    mari duduk dulu mas
    ada majlis ilmu disini
    [/size] :)
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori