Contact Us

[Hindu]Sekilas Tentang Veda

Sebelumnya saya minta maaf atas kelancangan memposting Materi ini
Karena kemampuan dan pengetahuan saya masih terbatas
mudah2an rekan2 maklum.......
Bila ada yang salah/ kurang sesuai mohon koreksi dan saran
Bukan Veda nya yang tidak sempurna
namun karena karena saya yang Bodoh ini mencoba memaparkan nya

Veda (sruti ) adalah otoritas kebenaran dalam Hindu
Anda ngga menganggap kan klo Veda itu adalah sebuah kitab suci ? ,
Ok ga da salahnya kan? klo saya paparkan sekedar buat ngingatin kembali ( sapa tau bila ada yang menganggap Weda itu adalah sebuah Kitab),
Bahwa Veda itu kitab suci Agama Hindu yg digolongkan atas :
1. Sruti
2. Smrti
Bagaimana hubungan keduanya? Smrti selalu merupakan bayangan dari Sruti, Smrti merupakan bentuk ulang dari Sruti, Smrti tidak boleh bertentangan dengan Sruti, bila terjadi demikian maka otoritas kebenaran kembali pada Sruti.Lanjut..................

Kitab Weda (sruti) : merupakan Wahyu dari Tuhan sumber Hukum tertinggi Hindu dan otoritas kebenaran, yang terdiri atas :
1. Rgveda
2. Yajurveda
3. Samaveda
4. Atharvaveda
Yang masing-masing dikelompokkan atas atau mengandung :
- Samhita (himpunan mantra2) : yang mengandung mantra upasana ( doa kebaktian, pemujaan, ucapan syukur, mantra2 upacara kurban) ajaran filsafat, tata susila, pendidikan da lain lain, yang terdiri atas empat jenis yaitu :
Rgveda Samhita : Pengetahuan suci yang berhubungan dengan pemujaan
Yajurveda Samhita : Pengetahuan suci tentang upacara korban
Samaveda Samhita: Pengetahuan suci tentang irama
Atharvaveda Samhita: pengetahuan suci yang bermanfaat bagi kehidupan di dunia ini
Tiap2 Veda Samhita ini mempunyai kitab-kitab Brahmana ,Aranyaka dan Upanisad misalnya Aitareya Brahmana merupakan kitab Brahmana dari Rgveda, sathapata Brahmana merupakan Brahmana dari Yajurveda, Chandyoga Upanisad merupakan Upanisad dari Samaveda dst.
- Brahmana : uraian panjang tetang ketuhanan/teologi, teristimewa observasi tentang jalannya upacara korban dan prosedur dari upacara kurban. Bisa dikatakan Brahmana adalah ilmu tentang upacara
- Aranyaka : berisi tentang penjelasan tentang philosofis /arti dan makna upacara
- Upanisad : merupakan kesimpulan dari kitab-kitab Aranyaka,karena itu upanisad disebut Vedanta, Vedanta tidak hanya berarti akhir dari Veda tetapi uga merupakan puncak tertinggi dari dari ajaran Veda. Secara formal disebutkan ada 108 Upanisad namun hanya 12 yg dikatakan penting.
Kitab2 Upanisad memberikan wejangan tentang rahasia teringgi terhadap umat manusia, kitab2 ini merupakan intisari dari kitab-kitab Veda
«13

Komentar

  • semua kitab tidak ada yang sempurna ...kecuali kitab AQ....:D
  • Smrti

    Dalam memahami Veda dan kitab-kitab yang terkait dgn Veda kita mengenal istilah Veda dan susastra Veda, susatra Veda adalah kitab2 bukan wahyu Tuhan atau kitab2 yang tergolong kitab2 smrti.
    Dalam pengertian sempit kitab2 yg dimaksud susatra Veda adalah kitab2 Vedanga dan Upaveda. Dalam pengertian luas Vedangga meliputi pula kitab Dharmasastra, Itihasa, Purana, Agama/ Tantra dan Darsana.
    Vedanga adalah kitab2 berisi petunjuk2 tertentu untuk mendalami Veda, yg terdiri atas
    1. Siksa : ilmu Phonetika Veda
    2. Vyakarana : ilmu tata bahasa
    3. Nirukta ilmu etimologi
    4. Chanda : ilmu irama
    5. Jyotisa : ilmu astronomi dan astrologi
    6. Kalpa : ilmu tentang upacara korban

    Upaveda adalah kitab-kita yang menunjang pemahaman Veda.
    Masing2 kitab Catur Veda memiliki kitab upaveda
    1. RgVeda ; Ayurveda : ilmu tentang kesehatan
    2. Yajurveda ; Dhanurveda : ilmu perang
    3. Samaveda ; Gandharvaveda : ilmu pengetahuan samagana ( melagukan mantra Samaveda ) dan seni musik pada umumnya.
    4. Artharvaveda ; Arthaveda : ilmu tentang pemerintahan, ekonomi, pertanian, ilmu sosial
    brainwashed menulis:
    semua kitab tidak ada yang sempurna ...kecuali kitab AQ....:D

    :D :D
    saya senang anda bangga dengan Kitab anda........ boleh saya lanjutkan Postingan saya ???Dharmasastra
    Secara garis besar merupakan Dharmasastra merupakan hasil karya manusia yang berisi penjelasan dan penerapan dari kitab – kitab sruti namun isi nya Tidak boleh bertentangan dengan sruti. Kelompok Dharmasastra
    a. Manawadharmasastra
    b. Yajnavalkyasmrti
    c. Samkhalikhitasmrti
    d. Parasarasmrti



    Itihãsa
    Ramayana dan Mahabharata.klo yang ini ga usah dijelasin smua orang dah tau.

    Purãna
    Ada 18 Mahapurana dan 18 Upapurana
    Purana (Mahapurana )terdiri atas lima topik Utama ( Panca Laksana )
    1. Tentang Penciptaan semesta ( pratisarga, sarga dan Pralaya), 2.Geografi 3. kisah kisah Para Dewa dan berbagai kisah lainnya 4.Manvantara (waktu, jaman yuga dan Manu ) 5.Silsilah (Suryawamsa dan Chandrawamsa)


    Darshana
    Ilmu ke-filsafat-an dalam Ajaran Hindu tertuang dalam apa yang disebut 'Dharsana'.
    Dharsana, sebagai ilmu sekaligus seni olah-pikir, dalam Dharma bukanlah sembarang ilmu yang dapat dipelajari dengan mudah. Ada 6 aliran filsafat yang terkait langsung dengan keberadaan Hinduisme, yaitu: Samkhya, Yoga, Mimamsa, Vaisiseka, Nyaya dan Vedanta

    Agama
    Kitab kitab agama secara garis besar dikelompok atas
    1. Vaishnawa
    2. Saiwa
    3. Sakta

    sebagai tambahan nih ada seorang Bijak dan ahli yakni Sri Swami jagadguru Chandrasekharendra Saraswati merumuskan bahwa Veda dan susatra Veda terdiri atas 14 cabang pengetahuan yang disebut caturdasa Vidyasthana yang terdiri dari :
    1. Veda srurti ( 4 jenis kitab ) beserta seluruh cabangnya
    2. Vedanga ( 6 jenis kitab )
    3. Upanga Veda ( 4 jenis kitab )
    Namun beliau tidak menjelaskan kedudukan Upaveda tersebut diatas
    Jadi gw tambahin aja Upangaveda disini, yg termasuk kitab-kitab upangaveda adalah berikut :
    1. mimamsa : purvamimasa dan uttar mimamsa
    2. Nyaya : Nyaya-Vaisesika dan samkhya
    3. Purana : 18 Mahapurana, 18 Upapurana dan Itihasa ( Ramayana dan Mahabharata)
    4. Dharmasastra : kitab kitab Smrti

    note:
    ini sebagai tambahan lo biar nanti ga ada pertanyaan kitab sebenarnya masuk kelompok mana, penggolongan diatas adalah pengelompokan secara umum yg disepakati oleh para Bijak dan ahli agamaBhagavad Gita ??

    Ada baiknya kita simak pandangan Swami Sivananda tentang kedudukan Bhagavad Gita
    Kitab kitab Upanisad adalah sari susu Veda, Bhagavad Gita adalah intisari dari kitab-kitab Upanisad, dengan kalimat yang lain, di lukiskan
    Kitab-kitab Upanisad adalah lembu2 Bhagavad Gita adalah susu, Shri Khrisna adalah gembala yang memerah susu tersebut, Arjuna adalah anak lembu yang menyusu, sedangkan kita bila ingin bijak minumlah susu Gita itu.
    Bhagavad Gita adalah sruti dan juga Smrti.
  • :wow: BG....saya duduk mendengarkan wejangan...

    monggo kang mas....saya suka sekali BG...


    Sang Surya Acharya telah hadir...:D

    Rama Rama Hare Hare
  • hanya ada 1 (satu) kebenaran (Dharma)
    namum manusia bisa menempuhnya dengan buaanyaaak cara

    Moksartham jagadhita ya ca iti dharma.................
    semoga damai, dihati, dunia, nirwana
  • brainwashed menulis:
    :wow: BG....saya duduk mendengarkan wejangan...

    monggo kang mas....saya suka sekali BG...


    Sang Surya Acharya telah hadir...:D

    Rama Rama Hare Hare

    :grin:
    anda terlalu berlebihan, saya bukan seorang Acharya jika itu maksud anda

    dan postingan saya tidak bermaksud untuk meng gurui / ngasi wejangan
    tetapi..............
    tujuan postingan saya hanya untuk menambah wawasan saya lewat masukan kritikan rekan2 yang sudi membaca postingan saya :peace:

    oh ya saudara Brainwashed , dari posting2 an anda di FBI menurut saya anda mempunyai wawasan dan pengetahuan lintas Agama yang sudah mapan, jauh diatas saya :top:
  • mas harakiri...kau masih terselubung oleh indra.
    sehingga kau tidak melihat Sang Cahaya.

    sebutkanlah Mura-ri
    dendangkan bagavad gita
    walau sekali
    walau sebait
    tapi setiap hari didalam hati

    maka kau akan terbebaskan dari ajaran yang gagal menghadapi ujian Indra dan lolos dari cengkaraman maya sehingga kau akan melihat Sang Cahaya.

    karena maya tiada lain adalah shakti-Nya, jangan pernah berkhayal untuk bisa lolos dari cengkeramannya, tanpa restu dan anugrah-Nya. Hanya atas restu dan anugerah-Nya sajalah manusia bisa lolos dari cekeraman Maya.
    ah sakitnya ketika kau berusaha meloloskan diri dari cengkraman maya,tapi apabila kau sudah pernah sekali lolos dari cengkaraman maya itu maka kau akan selalu di lindungi oleh Sang Cahaya.

    semoga Sang Cahaya senantiasa menerangi setiap gerak dan langkah kita.

    Semoga semua makhluk damai dan bahagia.wew kok malah ceramah....lanjut mas..:D
  • untaian kata yang indah
    teruskan aja bila ada yang ingin anda sampaikan lagi
    silahkan............

    btw apakah anda sendiri sudah melihat Sang cahaya itu ?
  • Sang Cahaya ada dimana mana ....:D
    kemarin saya lihat ketika makan mie bakso...

    dah ah..aqyu kan malu....:shy:
  • ha ha..... anda sangat menghibur

    oh ya ngomong2 masalah "melihat "
    di BG ada termuat

    " Jika Engkau mampu melihat Ku, maka Engkau akan terikat kepada Ku dan tak bisa lepas, demikian juga Aku tidak akan bisa lepas darimu "
  • share sedikit tentang hindu..menurut mas..

    apakah dari yoga menghasilkan veda atau veda menghasilkan yoga ?
    kalau mas paham....well ...say goodbye to weda...:D
    karena kebanyakan pelaku yoga meninggalkan veda.

    soal "melihat"...
    lebih kejam mana Selubung Maya atau Sang Cahaya?
    waduh no komen deh...:D
  • wah mulai serius nih bro :D

    ini adalah pendapat saya pribadi ya :

    Brahman (Tuhan) melakukan Peciptaan melalui kekuatan Yoga
    sedangkan Veda adalah tuntunan untuk menuju Brahman termasuk didalamnya salah satu cara yang ditawarkan adalah melalui Yoga
    karena kebanyakan pelaku yoga meninggalkan veda.

    Veda memberi kan 4 jalan alternatif yang bisa kita tempuh untuk menuju Brahman

    1. Bhakti
    2. Karma
    3. Jnana
    4. Yoga

    alternatif ini diberikan mengingat kemampuan semua mahluk berbeda beda, jadi jalan mana yang ditempuh disesuaikan dengan kemampuan.
    dengan demikian pelaku Yoga tidak bisa dikatakan meninggalkan Veda, karena Yoga sendiri adalah salah satu alternatif yang ditawarkan oleh Veda
    Selubung Maya atau Sang Cahaya?
    mana yang lebih "kejam" ?

    itu kembali pada Orientasi seseorang, pakah ia menekankan jalan hidup material (duniawi) atau jalan hidup spritual.
    bagi yang menjalani hidup dengan mementingkan duniawi tentu selubung cahaya sangat memberatkan
    tapi bagi orang yang ingin menjalani kehidupan spritual tentu harus menyibak selubung Maya.
  • serius tapi santai yah...karena saya tidak suka berdebat...
    kecuali dengan YANG SEMPURNA itu...:D karena dengan mengklaim yang SEMPURNA...maka seharusnya maju seperti negara pembawa YANG SEMPURNA itu...tapi kok malah tambah dodol.

    sedikit OOT tentang sejarah...dahulu Indonesia ini sangat JAYA...sebelum masuk yang SEMPURNA itu.
    raja raja tanah jawa yang tidak mengenal SEMPURNA dan Tuhan bisa membuat indonesia menjadi gemah ripah loh jinawi.ah sudahlah capek saya ngebahas YANG SEMPURNA itu...:D

    back to topik.
    4 jalan alternatif....memang banyak jalan menuju roma.
    coba perhatikan kata saya tadi :
    karena kebanyakan pelaku yoga meninggalkan veda.
    kenapa saya berkata begini karena...dengan Yoga maka 3 jalan yang lain sudah dijalani...he he
    kalau anda yogis,kayaknya saya tidak perlu menjelaskan...kalau anda bukan yogis...wah coba dulu deh...hehehe
    omong2...saya bukan yogis...dulu emang saya yogis,ternyata tidur lebih nyaman daripada duduk...:D

    mas harakiri...memberatkan?menurut saya tidak dalam arti sebenarnyanya,karena asik asik aja.tapi maksudnya apabila dialami semua orang.

    perlu diingat juga kembali bahwa takdir sudah di tuliskan...bagaimana menghindari nya?ketika Sang Batara Guru "melihat" sudah waktunya ...suka tidak suka...ya harus diterima...hehehe
  • yah saya juga ga suka debat
    dan saya yakin saat ini kita lagi dialog bukan debat :D
    perlu diingat juga kembali bahwa takdir sudah di tuliskan...bagaimana menghindari nya?ketika Sang Batara Guru "melihat" sudah waktunya ...suka tidak suka...ya harus diterima...hehehe

    klo menurut saya Takdir itu ga lepas dari Hukum Karmaphala dan Reinkarnasi
    ( saya yakin Bro Brain dah tahu konsep tsb)
    menurut saya Takdir bukan untuk dihindari tapi dijalani, namun dalam menjalani nya kita harus memilih jalan ke arah yang lebih baik.
    dengan kata lain Takdir tidak bisa dirubah tapi kita tetap bisa membuat pilihan dalam menjalani takdir.

    ada salah satu dialog dalam Mahabharata yang mebuat saya narik kesimpulan seperti diatas

    yaitu ketika Shri Khrisna meminta Radheya (Karna) untuk bergabung dengan Pandava
    Radheya Berkata
    " aku tahu maksud mulia Mu Tuanku, namun jalan hidupku sudah jelas, aku hanyalah seorang manusia biasa yang tidak bisa merubah kehendak yang digariskan oleh Dewata, aku akan mati dalam Perang ditangan saudaraku, biarkan aku menjalani Takdir ku ini "
  • harakiri menulis:
    yah saya juga ga suka debat
    dan saya yakin saat ini kita lagi dialog bukan debat :D
    perlu diingat juga kembali bahwa takdir sudah di tuliskan...bagaimana menghindari nya?ketika Sang Batara Guru "melihat" sudah waktunya ...suka tidak suka...ya harus diterima...hehehe

    klo menurut saya Takdir itu ga lepas dari Hukum Karmaphala dan Reinkarnasi
    ( saya yakin Bro Brain dah tahu konsep tsb)
    menurut saya Takdir bukan untuk dihindari tapi dijalani, namun dalam menjalani nya kita harus memilih jalan ke arah yang lebih baik.
    dengan kata lain Takdir tidak bisa dirubah tapi kita tetap bisa membuat pilihan dalam menjalani takdir.

    ada salah satu dialog dalam Mahabharata yang mebuat saya narik kesimpulan seperti diatas

    yaitu ketika Shri Khrisna meminta Radheya (Karna) untuk bergabung dengan Pandava
    Radheya Berkata
    " aku tahu maksud mulia Mu Tuanku, namun jalan hidupku sudah jelas, aku hanyalah seorang manusia biasa yang tidak bisa merubah kehendak yang digariskan oleh Dewata, aku akan mati dalam Perang ditangan saudaraku, biarkan aku menjalani Takdir ku ini "

    ya benar mas...harus di jalani.
    karena apabila tidak dijalani ...maka akan ada penyesalan kalau ada penyesalan maka akan terus menerus bereinkarnasi.karena ingin menyelesaikan sesuatu....but it's to late.
    yang tingal adalah peratapan....ah tau deh serem kalo bicara ini itu.

    nah dari dialog itu mas paham?bahwa setiap orang lahir ke dunia ini...ada yang paham kenapa dia ada...ada yang tidak.

    saya kutip kata2 dari rumi (semoga tidak anti kepercayaan lain)...

    "So man has come in this world for a particular task, and that is his purpose; if he does not perform it, then he will have done nothing. "

    "It is just as if a king had sent you to the country to carry out a specified task. You go and perform a hundred other tasks; but if you have not performed that particular task on account of which you had gone to the country, it is as though you have performed nothing at all."- Jalaludin Rumi
  • ya mungkin setiap orang lahir ke dunia ini punya tugas khusus
    tapi bagi saya pemahaman itu untuk mendorong seseorang untuk tidak menyia-nyiakan hidupnya

    bagi saya sendiri untuk apa saya lahir didunia adalah untuk berpikir, berkata, berbuat yang Baik sesuai dengan Dharma
    (saya tau ini gampang diucapkan namun sulit untuk di wujudkan, namun selama kita mau berusaha kenapa enggak ?? )
  • bukan mungkin...tapi ya benar.buat apa orang bereinkarnasi?
    silahkan dikaji di diri masing masing...itulah mengapa setiap person itu berbeda(unik).
    masing masing membawa "job" masing....

    yah semua kembali ke catur warna masing2 mas....
    warna itu ada dalam diri masing2.
    tidak ada sia sia dalam hidup....apabila mengerti apa arti hidup ini.
    bagi saya sendiri untuk apa saya lahir didunia adalah untuk berpikir, berkata, berbuat yang Baik sesuai dengan Dharma
    (saya tau ini gampang diucapkan namun sulit untuk di wujudkan, namun selama kita mau berusaha kenapa enggak ?? )

    semua orang begitu...maunya orang begitu...tapi tidak begitu.susah ?
    karena warna asli dalam diri tidak diketahui warna apa.
  • semua orang begitu...maunya orang begitu...tapi tidak begitu.susah ?
    karena warna asli dalam diri tidak diketahui warna apa.

    [size=large]jika ini berkaitan dengan catur warna.... menurut saya bukan karena tidak tau warna asli dalam diri masing2
    tapi karena orang berbuat tidak sesuai dengan warna nya[/size]

    beda pendapat boleh dong :peace:
  • harakiri menulis:
    semua orang begitu...maunya orang begitu...tapi tidak begitu.susah ?
    karena warna asli dalam diri tidak diketahui warna apa.

    [size=large]jika ini berkaitan dengan catur warna.... menurut saya bukan karena tidak tau warna asli dalam diri masing2
    tapi karena orang berbuat tidak sesuai dengan warna nya[/size]

    beda pendapat boleh dong :peace:

    menurut saya yang sedikit gila....semua orang warnanya 1.
    beda warna karena orang tidak mengenal warna asli nya itu...

    :peace:
  • menurut saya yang sedikit gila....semua orang warnanya 1.
    beda warna karena orang tidak mengenal warna asli nya itu...

    :Peace:

    Wah berarti saya juga sedikit gila juga dong krn dialog sama orang sedikit gila :grin:

    saya berpendapat demikian dengan menggunakan konsep Catur warna sebagai pijakan.
    Klo menurut Bro Brain cuma 1
    silahkan itu pendapat anda, itu kan tergantung dari perspektif anda , yg tentunya ada alasan tertentu anda berpendapat seperti itu, klo sudi Share dong ke saya apa alasan nya ?
  • harakiri menulis:
    menurut saya yang sedikit gila....semua orang warnanya 1.
    beda warna karena orang tidak mengenal warna asli nya itu...

    :Peace:

    Wah berarti saya juga sedikit gila juga dong krn dialog sama orang sedikit gila :grin:

    saya berpendapat demikian dengan menggunakan konsep Catur warna sebagai pijakan.
    Klo menurut Bro Brain cuma 1
    silahkan itu pendapat anda, itu kan tergantung dari perspektif anda , yg tentunya ada alasan tertentu anda berpendapat seperti itu, klo sudi Share dong ke saya apa alasan nya ?

    menurut mitologi hindu Brahman menciptakan alam semesta dengan tapa. Dengan tapa itu, Brahman memancarkan panas. Setelah menciptakan, Brahman menyatu ke dalam ciptaannya
    Jadi pada dasarnya semuanya ini adalah 1 warna ..yaitu warna Brahman.

    Adanya kasta/penggolongan itu atas dasar kesepakatan manusia saja...

    kalau semua gerak,langkah,sikap,kerja,etc dengan tidak melepas sifat brahman maka sudah tergolong dalam warna brahmana.

    jadi tidak perlu nangkring di kuil....untuk menjadi brahmana .....hehehhe
  • kalau semua gerak,langkah,sikap,kerja,etc dengan tidak melepas sifat brahman maka sudah tergolong dalam warna brahmana.

    jadi tidak perlu nangkring di kuil....untuk menjadi brahmana .....hehehhe

    setuju bro

    akan tapi........
    itu adalah kondisi yang ideal tidak bisa dicapai dengan mudah
    konsep Catur warna memberikan pilihan sesuai dengan kondisi masing2 orang

    well menarik lo
    anda bilang
    Adanya kasta/penggolongan itu atas dasar kesepakatan manusia saja...

    semoga anda tidak menyamakan "kasta" denga konsep Warna

    dalam Mitologi Hindu dikatakan bahwa konsep catur Warna diciptakan oleh Brahma (salah satu wujud Brahman ).
    dalam BG pun hal itu termuat

  • setuju bro

    akan tapi........
    itu adalah kondisi yang ideal tidak bisa dicapai dengan mudah
    konsep Catur warna memberikan pilihan sesuai dengan kondisi masing2 orang

    well menarik lo
    anda bilang
    mudah saja kok...
    kan sudah saya kasih resepnya

    sebutkanlah Mura-ri
    dendangkan bagavad gita
    walau sekali
    walau sebait
    tapi setiap hari didalam hati

    maka warna brahman akan keluar dengan sendirinya.
    Adanya kasta/penggolongan itu atas dasar kesepakatan manusia saja...

    semoga anda tidak menyamakan "kasta" denga konsep Warna

    dalam Mitologi Hindu dikatakan bahwa konsep catur Warna diciptakan oleh Brahma (salah satu wujud Brahman ).
    dalam BG pun hal itu termuat
    [/quote]

    begini mas...jangan terjebak dengan kata2...jangan terfokus dengan kata2...
    kan setelah mencipta ...Sang Brahman menyatu ke dalam ciptaannya...disebut brahma/yesus/siddharta/muhammad...
    jika anda percaya bahwa ada 1 brahman...maka semuanya yang ada ini adalah manifestasi dari sang Brahman.

    namaste.
  • mudah saja kok...
    kan sudah saya kasih resepnya

    sebutkanlah Mura-ri
    dendangkan bagavad gita
    walau sekali
    walau sebait
    tapi setiap hari didalam hati

    maka warna brahman akan keluar dengan sendirinya.

    well dengan kata kata memang segalanya mudah ko :grin:
    tapi praktek yang sulit
    dan kata kata itu tak sesederhana yg qta kira
    begini mas...jangan terjebak dengan kata2...jangan terfokus dengan kata2...
    kan setelah mencipta ...Sang Brahman menyatu ke dalam ciptaannya...disebut brahma/yesus/siddharta/muhammad...
    jika anda percaya bahwa ada 1 brahman...maka semuanya yang ada ini adalah manifestasi dari sang Brahman.

    dengan resep yang anda berikan bukankah anda yang terjebak dengan kata2 ??
    bagaimana bisa mendendangkan Bhagavad Gita jika tidak tau kata2 yang termuat dalam Bhagavad gita ? :wait:

    tapi saya berterima kasih kepada anda , karena memberi sebuah "resep" kepada saya :peace:

  • dengan resep yang anda berikan bukankah anda yang terjebak dengan kata2 ??
    bagaimana bisa mendendangkan Bhagavad Gita jika tidak tau kata2 yang termuat dalam Bhagavad gita ? :wait:

    tapi saya berterima kasih kepada anda , karena memberi sebuah "resep" kepada saya :peace:

    - saya sadar sedang berada di kuil hindu...jadi saya tidak terjebak.
    - dendangkan BG dengan nikmat seperti anda sedang bercinta...:D
    anda sudah tahu makna yg termuat....hanya lupa saja...:D
    semua orang sudah tahu....semua tahu karena asal nya dari 1 sumber...dan kita dari 1 sumber juga...:D

    - sama sama sodara ku.
  • Asikk nih..ikutan nyimak sambil minum kopi hangat nih..yummi..
    debat yang damai dan terarah...
    lanjut
  • om om om bhur bhwah swah
    tat savitur wareniyem
    bharge dewasye dimahi
    dyoyonah pracodayat.........

    kata guru agama ku waktu SD
    sering2 aja nyanyikan itu.............

    dan

    selalu ingat om brahman atman akyam...

    mudah2an Tuhan selalu membimbingmu di jalannya...
  • mantabs mang mantranya...

    sekarang mantra saya cuma........hmmmmmmm...hmmmm..hmmm

    eh Tuhan kok ngerti juga yah mang...:D
  • brainwashed menulis:
    mantabs mang mantranya...

    sekarang mantra saya cuma........hmmmmmmm...hmmmm..hmmm

    eh Tuhan kok ngerti juga yah mang...:D

    [size=small]Mantra bukan hanya untuk di ucapkan aja
    yang terpenting adalah penyatuan Pikiran,ucapan,perbuatan yang dimaksud dalam sebuah Mantra

    percuma juga hapal namun ga tau makna
    percuma tau makna tapi tidak di implementasikan..
    tetapi sia sia pula perbuatan tanpa dasar pemikiran yang benar.....


    dan dalam Beragama Pikiran,perkataan dan perbuatan harus sejalan.......
    saya kira Bro Brain sudah tau banyak tentang hal ini

    oh ya bro klo boleh tau
    menurut anda apa Doa/mantra itu ?
    Bagaimana Definisi Tuhan menurut Anda........
    oh ya satu lagi menurut anda apa Tuhan itu ada ??

    makasih sebelumnya...
    [/size]
  • Doa/Mantra itu seperti curhat...:D
    Kadang terucap...kadang tak terucap...terucap atau tak terucap tak masalah.
    Definisi Tuhan ?Saya tidak bisa mendefinisikan Tuhan....tak mampu otak saya mendefinisikan itu.

    Tuhan itu ada?Ya Tuhan itu ada...Tuhan itu masuk ke dalam tubuh manusia ketika dia sudah berumur +/- 6 tahun,tidak percaya?tanyalah anak anak TK...:D
  • brainwashed menulis:
    Tuhan itu ada?Ya Tuhan itu ada...Tuhan itu masuk ke dalam tubuh manusia ketika dia sudah berumur +/- 6 tahun,tidak percaya?tanyalah anak anak TK...:D

    ha ha anda senang banget bikin orang nebak2 ....... ngasi jawaban yang menimbulkan multi tafsir :D
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori