Contact Us

APA ITU SCUBA DIVING ??

[size=small]
scuba_diving.jpg

Menjelajahi dunia dasar laut memiliki sensasi yang sama seperti menjelajahi luar angkasa. Bagi Anda yang menyukai dunia dasar laut dan tak sungkan mengenakan wetsuit yang ketat, olahraga selam pasti menarik hati Anda.

Scuba diving (menyelam scuba) saat ini menjadi salah satu olahraga air yang paling digemari. Begitu populernya, hingga hampir satu juta orang mendapatkan sertifikat penyelam setiap tahunnya. Pada dasarnya, olahraga ini hanya melibatkan sebuah tabung udara yang diletakkan di punggung dan Anda hanya menyelam ke dalam air dengan dilindungi seperangkat baju anti air serta tabung tersebut yang membuat Anda tetap dapat bernapas dalam air. Cukup menarik, bukan?

Ada beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan:

Pastikan bahwa Anda benar benar ingin melakukannya.
Persiapkan diri Anda fisik dan mental. Dari segi fisik, Anda harus dapat berenang, sehat dan tidak memiliki gangguan pernapasan, serta kemampuan untuk menyesuaikan keseimbangan. Dari segi mental, Anda diharuskan mampu mengatasi kepanikan, beradaptasi dengan orang lain, serta mengatasi rasa jijik menghadapi makhluk laut yang berbentuk aneh.


Persiapkan semua peralatan yang Anda butuhkan:
Meski niat Anda sangat besar untuk dapat menyelam, tapi pertimbangkan masak masak bila Anda ingin membeli peralatan-peralatan menyelam seperti masker, snorkel, fin dan booties.


Membeli perlengkapan menyelam bisa jadi lebih murah dibandingkan bila Anda harus menyewa setiap kali Anda ingin menyelam. Tapi harga peralatan selam cukup mahal, itu sebabnya pastikan terlebih dahulu Anda benar-benar berminat dengan olahraga in dan akan melakukannya dengan teratur sebelum Anda benar-benar membelinya.


Belajar dari gurunya:
Agar Anda dapat menyelam ini dengan benar belajarlah di bawah bimbingan instruktur yanc berpengalaman dan penyelam bersertifikat instruktur tersebut akan membimbing Anda belajar secara bertahapan sehingga penyelaman pertama Anda dapat berjalan mulus dan menyenangkan.


Seringkali pengalaman menyelam pertama yang kurang benar dapat menimbulkan perasaan traumatik,dan akan mempengaruh keinginan Anda untuk menyelam lagi.


Jadilah penyelam bersertifikat.
Setelah semua ketrampilan Anda pelajari lengkapilah diri Anda dengan sertifikat yang diakui oleh PADI (Professional Association of Diving Instructor).
[/size]
«1

Komentar

  • asikk ada yg bahas ini..bro dah pernah ikut pelatihan ini? ada pengalaman jadi diver???.tambahan.. kalau mau dapet sertifikasi dari PADI itu terlal mahal... saya bisa dapet sertifikat dari POSSI atau ADS International (japan) dg biaya 400rb utk basic diver... kalau PADI bisa jutaan bro... emg sih jaringannya luas.. kalau duit kenceng sih ga pa2... kalau saya g penting bisa nyelem dulu toh yg diajarkan tidak jauh berbeda.. malah POSSI dan ADS-I lebih menantang hehehehehehe... ada yg berminat bahas diving... ayukk gabung sini.... NEGARA KITA SANGAT KAYA AKAN POTENSI LAUTNYA tapi pembangunan fisik kita belum terpacu pada bidang kelautan.... SEDIIIIIIHHH
  • Indonesia adalah negara kepulauan dan kelautan. dan sebagian besar wilayah nya adalah laut. Akan tetapi eksplorasi sumberdaya alam dibidang ini belumlah maksimal, dan pada kesempatan ini saya mencoba utk sedikit mengangkat dari bidang pariwisata kelautan yang menjadi hobi dan kelebhan saya.

    SEJARAH dan PENGENALAN SCUBA DIVING

    535 DIVING BELL dikembangkan oleh Guglielmo de Loreno.

    1650 Guericke mengembangkan pompa udara pertama

    1667 Robert Boyle ular observes the decompression sickness or "the bends". After decompression of a snake he noticed gas bubbles in the eyes of a snake.

    1691 Another diving bell a weighted barrels, connected with an air pipe to the surface, was patented by Edmund Halley.

    1715 John Lethbridge built an underwater cylinder that was supplied via an air pipe from the surface with compressed air. To prevent the water from entering the cylinder, greased leather connections were integrated at the cylinder for the operators arms.

    1776 The first submarine was used for a military attack.

    1826 Charles Anthony and John Deane patented a helmet for fire fighters. This helmet was used for diving too. This first version was not fitted to the diving suit. The helmet was attached to the body of the diver with straps and air was supplied from the surface.

    1837 Augustus Siebe sealed the diving helmet of the Deane brothers' to a watertight diving suit and became the standard for many dive expeditions.

    1843 The Royal Navy established the first diving school.

    1865 An underwater breathing apparatus was developed and patented by Benoit Rouquayrol and Auguste Denayrouse. A steel tank filled with compressed air was connected to a valve and a mouth-piece. The tank was strapped to the divers back and the diver was tethered to the surface by a hose that pumped fresh air into the low pressure tank. The diver was able to disconnect the tether and to dive with the tank on his back for a few minutes.

    1877 The first workable, self-contained diving rig that used compressed oxygen was developed by Henry A. Fleuss.

    1893 Louis Boutan invented the first underwater camera.

    1908 Detailed studies on the cause and symptoms on decompression thickness were published by John Scott Haldane, Arthur E. Boycott and Guybon C. Damant.

    1911 Draeger of Germany introduces an oxygen re-breather.

    1912 The U.S. Navy tested decompression tables published by John Scott Haldane, Arthur E. Boycott and Guybon C. Damant.

    1917 The Mark V Diving Helmet was introduced by the U.S. Bureau of Construction & Repair. The Mark V Diving Helmet was used for most salvage work during World War II and became the standard U.S. Navy Diving equipment.

    1923 W. H. Longley became famous for the first underwater color photos.

    1924 The U.S. Navy and Bureau of Mines conduct first helium-oxygen experimental dives.

    1925 A very successful self-contained underwater breathing unit is introduced by Yves Le Prieur.

    1930 A bathysphere attached to a barge by a steel cable to the mother ship has been used for William Beebe descended to 435 meter.

    1930 Rubber goggles with glass lenses are developed by Guy Gilpatric. Soon face masks and snorkels were in common use.

    1933 Yves Le Prieur develops a demand valve with a high pressure air tank. In this way the diver became independent from hose connections to the surface.

    1933 Swim fins are patented by Louisde Corlieu in France.

    1934 Another descent to 924 meter in a bathysphere was undertaken by William Beebe and Otis Barton.

    1935 Louis de Corlieu designed a very popular fin for divers.

    1941 During World War II, closed circuit scuba equipment are used by Italian divers to place explosives under British naval and merchant marine ships.

    1942 Jacques-Yves Cousteau and Emile Gagnan redesigned a car regulator that would automatically provide compressed air to a diver on his slightest intake of breath.

    1943 The Aqua Lung was born. Jacques-Yves Cousteau and Emile Gagnan designed and tested the first Aqua-Lung. This device is a fundamental improvement on air supply for divers.

    1947 A 94 meter dive record in the Mediterranean Sea was made by Dumas equipped with an Aqua Lung regulator.

    1948 In California Otis Barton descended to a depth of 1372 meter in a modified bathysphere to.

    1948 The first Aqua Lung regulators were imported to the USA and the diving community quickly adopted this new, convenient device.

    1950 A completely self-contained new type of vessel called the bathyscaphe was designed by August Picard and his son Jacques to go deeper than any bathysphere.

    1951 The Reserve Valve, later commonly known as "J" valve was developed.

    1951 Hans Hass published "Diving as Adventure"

    1952 "Silent World" was released by Jacques-Yves Cousteau, Frédéric Dumas, and James Dugan.

    1953 "Underwater Safety" containing important basics on diving safety, was published by E. R. Cross.

    1954 The National Cooperation in Aquatics published the "Science of Skin and Scuba Diving" and it becomes the main textbook for diver education.

    1954 The television program Kingdom of the Sea starring Zale Parry is aired in the US. That same year Parry broke the depth record by diving to 64 meter near Catalina, CA. Her record attracted many female to scuba diving.

    1955 The first formal instructor certification program was created by Al Tillman and Bev Morgan.

    1956 At the University of California the first wetsuit is introduced by scientists and the red and white "Divers Down" flag was introduced by Ted Nixon.

    1958 Sherwood Manufacturing announce the piston regulator.

    1959 YMCA organized the first nationally scuba diver certification
    program and the Underwater Society of America was formed.

    1960 Jacques Picard and Don Walsh descended to 10921 meter in the bathyscaphe "Trieste".

    1960 Al Tillman and Neal Hess create the National Association of Underwater Instructors (NAUI).

    1961 The National Association of Skin Diving Schools (NASDS) was founded by John Gaffney.

    1962 A number of experiments were conducted whereby people lived in underwater habitats.

    1963 In the "Man in the Sea" project Ed Link spends 24 hours at 61 meter.

    1966 The Professional Association of Diving Instructors (PADI) was founded by John Cronin and Ralph Ericson.

    1968 A dive to 133 meter, using compressed air, was carried out by John J. Gruener and R. Neal Watson.

    1970 Bob Clark founded Scuba Schools International (SSI).

    1971 Scubapro introduces the Stabilization Jacket.

    1980 Divers Alert Network (DAN) was founded at Duke University to promote safe diving.

    1981 A dive record to 686 meter was made at the Duke Medical Center decompression chamber.

    1983 The first commercially available dive computer, the Orca Edge, was introduced.

    1985 The wreck of the Titanic was found.

    1990 Further improvements and developments are taking place and find it's way into the scuba diving sport. The use of mixed gases, like Oxygen and Helium, full face masks, underwater voice communication, propulsion systems, computer, etc. became more common in the 1990s.

    1994 Bret Gilliam and Mitch Skaggs formed Technical Diving International (TDI)

    1998 Scuba Diving International (SDI) was created.

    1999 Chuck Driver and John Bennett descend to 200 meter. The deepest oceanic dive ever completed. The same year Barte Vestor set a challenging 225 meter mark.

    2001 John Bennett breaks his own world record with a dive to amazing 308 meter.

    Olahraga dibidang kelautan sangat banyak ada selancar, renang, kapal layar, dll dan termasuk scuba diving tentunya. SCUBA adalah sebuah singkatan yaitu SELF CONTAINED UNDERWATER BREATHING APARATUS. Olah raga ini termasuk dalam kategori olahraga berbahaya. MENGAPA karena SCUBA DIVING sangat berkaitan dengan tekanan air. ilustrasi yg paling sederhana andaikan anda berenang dan suatu saat anda menyelam, cobalah utk ke dasar kolam (cari kolam dg kedalaman +- 2 meter) dan rasakan perubahan yg dialami tubuh anda... telinga anda sakit bukan???

    Dikepala Manusia terdiri dari banyak rongga dari sinus sampai lubang telinga, dan ketika kita meyelam lebih dalam maka tekanan yg kita dapatkan akan lebih besar pula. dan SCUBA sangat erat pula kaitannya dengan hukum2 fisika. Dan hal ini sangat berkaitan dengan kesehatan selam.

    KESEHATAN PENYELAMAN

    menyelam tidak boleh sembarangan dan ada aturannya... lalu apa kaitannya hukum fisika dengan kesehatan penyelaman ???

    A. Hukum Pascal
    Tekanan dipermukaan cairan akan menyebar keseluruh arah secara merata dan
    tidak berkurang.
    CONTOH :
    Pada setiap penambahan 10 meter didalam air maka tekanan akan bertambah besar
    10 ATM/ATA (atmosphere absolut), jadi bayangkan saja apbila kita menyelam di
    kedalaman 30 meter jadi tekanan yg diterima adalah 3 atm, dan bagaiman adengan
    gendang telinga kita hanya biasa menerima tekanan 1 atm???
    1 ATM = 1,0352 kg/cm

    B. Hukum Boyle
    Pada temperatur yg tetap perubahan volume gas berbanding terbalik dengan
    tekanan.
    CONTOH :
    Kedalaman ATM Volume (bayangkan saja paru2)
    01 1 6 liter
    10 2 3 liter
    20 3 1 liter

    berdasarkan pemahaman diatas, otomatis kapasitas paru2 kita saat berada
    di kedalaman akan semakin mengecil.

    C. Hukum Henry
    Jumlah Gas yg larut dalam cairan berbanding lurus dengan tekanan parsial gas
    tersebut.
    CONTOH :
    Pada kedalaman 30 meter atau 3 atm Nitrogen yg larut dalam darah meningkat 3
    kali lipat daripada dipermukaan, otomatis nitrogen yg beredar di dalam darah pun
    meningkat, apabila jumlahnya terlalu byk nitrogen ini akan menyumbat pembuluh
    darah.



    tulisan belum selesai..dan akan saya lanjutkan kemudian sori yah... hehehehe... (tunggu respon teman2....) :blah:
  • Aku senang dengan snockling....
    awal nya di ajak teman pas lagi ke padang
    trus jadi kecanduan tuh
    biasa nya cuma di pinggiran aja maklum baru pemula tapi snockling adalahpengalaman hidup ku yang terindah
    Yang pasti setiap ke padang tak akan pernah terlewati hobby yang satu ini seberapa sempit pun waktu klo pas lagi ke padang tetap akan di sempat kan.........
    Bro elang klo bisa tolong dong ulas tentang snokling dan teknik teknik yang benar tentang snockling
  • ralat om snorkeling....

    yuup....snorkeling emang asik...
    di jakarta juga msih ada tmp tuk bersnorkeling ria kog mas... (klo tinggal di jkt lhoo...)

    bagi pemula lebih baik diberikan spot yg tidak berisi karang2 hidup karena kasihan karang2 tersebut bakal hancur terinjak-injak....

    apalagi kalo dah bisa jadi free diver... tahan napas 3 menit juga hayuuu... dah kayak ikan...

    ayo pecinta wisata bahari indonesia ngumpul sini....

    ayo komandan elang... bahas ttg snorkeling... lanjuttt juragan....
  • [size=small]
    wah ngumpul semua..anak2 scuba diving...mantaff :top:
    kayaknya bro celinekuhan yg lebih pro dr gw kalo masalah snorkeling nih..
    gmn bro..
    dibahas aja..sekalian share pengalamannya juga...
    ditunggu nih bro..
    [/size]
  • thanks atas kepercayaannya bro elang...

    caribbean-snorkeling.jpg

    snorkeling adalah sebuah olahraga menyelam di perairan. Biasanya snorkeling menggunakan alat-alat seperti tabung udara (tabung udara ukuran kecil), masker, snorkel, baju selam(dry / wet suit) dan selaput renang (kaki katak)

    alat2 yg dibutuhkan utk bersnorkeling antara lain :

    - Masker
    Mask_Alpha_small_small.jpg

    - Snorkel
    Snorkel_Splashguard_small.jpg

    - Fin
    Sport.jpg

    contoh gambar diatas adalah peralatan kepunyaan saya juga..
    biaya keseluruhan pada waktu itu adalah Rp. 700.000,- (harga menjadi lebih mahal karena masker yg saya gunakan menggunakan kaca minus)

    kalau harga normal Rp 350.000,- all in (th 2005)

    Dalam olahraga ini kita mesti mempelajari beberapa teknik bersnorkeling, antara lain:
    1.Teknik Penyamaan Tekanan Udara / Equalizing / ekwalisasi / poping
    adalah teknik dalam menyamakan tekanan yg ada didalam rongga kepala dg tekanan yg ada diluar kepala.

    2. Teknik Menyelam
    dalam bersnorkeling teknik yg biasa digunakan adalah teknik duck dive
    68958494.47oE9Rr4.jpg

    439544482_9e187dd94f.jpg?v=0

    Pengalaman bersnorkeling terbaik yg pernah saya alami adalah bersnorkeling ria di Pulau Bira Kep. Seribu, saya bertemu dengan baracuda, ikan buntal yg ukurannya termasuk ukuran monster... dan merasakan perasaan yg sangat menegangkan... seru abis.....

    hal yg harus diingiat dalam bersnorkel adalah

    DILARANG KERAS UTK MENGINJAK KORAL/TERUMBU KARANG

    dan perlu diingat bahwa utk tumbuh 1 cm, terumbu karang membutuhkan waktu 1 TAHUN !!!!!!!!!

    sedikit penjelasan dari saya apabila kurang jelas, silahkan bertanya..

    SALAM BOYANCY !!!!!
    DiveFlag.gif
  • [size=small]
    tanya bro cel..
    seberapa dlm batas toleransi penyelaman dgn snorkeling..??
    [/size]
  • tidak ada batas selagi kita masih kuat menahan nafas....
    hal ini sangat berbeda dg scuba diving yg sangat terpengaruhi oleh lama menyelam dan kedalaman saat menyelam...

    saya paling dalem cuma 10 meteran bro.. udah gitu ngap2... :ngakak:
  • celinekuhan menulis:
    tidak ada batas selagi kita masih kuat menahan nafas....
    hal ini sangat berbeda dg scuba diving yg sangat terpengaruhi oleh lama menyelam dan kedalaman saat menyelam...

    saya paling dalem cuma 10 meteran bro.. udah gitu ngap2... :ngakak:
    [size=small]
    tekanan air juga gak mempengaruhi ya bro..yg penting nafas tahan cukup yah...
    wah gw asli blom pernah coba snorkeling..tapi pengen bgt suatu saat..
    [/size]
  • mesti di coba bro...dan cari dive center kepercayaan... salah2 malah kena mahal... oke met bersnorkeling....
  • dicari diver buat nemenin gw disini...
    khusus cewe gw kasih rep + 3 biji...
  • celinekuhan menulis:
    dicari diver buat nemenin gw disini...
    khusus cewe gw kasih rep + 3 biji...

    :wait:
  • ada apa ini:mad:




























    ehhhmmmm...+1 :Peace:
  • trims bro celinekuhan trus aku biasa nya juga sambil nembak tuh pake senjata tombak apa bisa di jelasin juga mengenai senjata tombak nya bro trimsss rep + dari saya
  • weeeww...jangan2 bro pawang udah diver yah...
    punya speare gun juga???

    biasa nembak atau nombak???

    waaah ini nih.. diam2 menghanyutkan....
  • celinekuhan menulis:
    weeeww...jangan2 bro pawang udah diver yah...
    punya spare gun juga???

    biasa nembak atau nombak???

    waaah ini nih.. diam2 menghanyutkan....
    Walah gimana mo jadi diver bro saya di pekanbaru ngak ada laut. kenal ama snorkling aja dari temen di padang dia yang ajarin dan juga semua peralatan dari dia. jadi yah sekalian di ajarin ama dia pake spare gun
    klo saya paling cuma nembakin ikan ikan kecil :D blon tahan telinga nya bro
    maka nya jadi pengen tau gimana trik trik ngatasin maslah tekanan gendang telinga sewaktu menyelam dan teknik menembak yang benar jadi ntar klo pas ada waktu ke padang bisa langsung di prektekin :D
  • BERBURU IKAN DENGAN CARA MENEMBAK DI BAWAH AIR MENGGUNAKAN SPEARGUN

    09600.jpg

    keasikan tersendiri dalam dunia selam yaitu berburu dengan menembak ikan. berburu model ini memiliki keterampilan tersendiri, kita harus menjaga jarak dengan ikan, menjaga boyancy sebaik mungkin dan sestabil mungkin, dan lebih lagi kita harrus menjaga ketenangan di area sekitar agar ikan yg kita bidik tidak terganggu oleh keberadaan kita.

    dan hal ini sangat sulit tentunya, hal yg mesti diingat bahwa kita wajib mengeluarkan oksigen seminim dan setenang mungkin akan tetapi KITA TIDAK BOLEH UTK MENAHAN NAFAS. Berburu dg spear gun ini wajib diperhatikan karena kita tidak boleh berada dalam rombonga.... BAYANGKAN KALAU TERNYATA KITA SALAH SASARAN, BUKAN IKAN YG DIDAPAT MALAH MONSTER LAUT YG KENA (MANUSIA).

    pengalaman saya pernah ketika dive rombongan dan ada teman yg membawa spear gun, walhasil saya jadi ketakutan karena seperti misil bertebaran dimana2... jadi mesti rada peka dan ekstra hati2...
    ( MOHON UTK TIDAK DITIRU KARENA KOMUNITAS SAYA TERMASUK GOLONGAN ORANG2 GILA :ngakak: :ngakak: )

    sult dijelaskan secara teori utk menadapatkan keahlian ini karena kita pun harus memiliki keterampilan selam yg baik. jadi intinya harus sering2 nyelam .. :blah:

    09590.jpg

    Tourist-Speargun.jpg

    20050906.jpg.
    PAWANG_HUJAN menulis:
    Walah gimana mo jadi diver bro saya di pekanbaru ngak ada laut. kenal ama snorkling aja dari temen di padang dia yang ajarin dan juga semua peralatan dari dia. jadi yah sekalian di ajarin ama dia pake spare gun
    klo saya paling cuma nembakin ikan ikan kecil :D blon tahan telinga nya bro
    maka nya jadi pengen tau gimana trik trik ngatasin maslah tekanan gendang telinga sewaktu menyelam dan teknik menembak yang benar jadi ntar klo pas ada waktu ke padang bisa langsung di prektekin :D

    kalau teknik utk mengatasi gendang telinga itu berarti kita harus terbiasa utk berenang lebih dari 3 meter, alias sering2 latihan....
    biasanya kita megang hidung dan menutup mulut lalu kita seperti memberi tekanan dari dalam ke arah telinga... kalau ini masalah feel bro...

    kalau telinga yg masih perawan memang masih rada sulit, tapi lama kelamaan telinga kita malah otomatis menyesuaikan, hal ini saya alamin ketika dulu masih gencar2nya belajar snorkeling dan diving... tiap hari kamis ke kolam senayan dan hasilnya ketika trun ke 5 meter telinga saya bisa otomatis menyesuaikan bahkan ketika berada di dasar dan kita belum equalizing atawa poping saya tidak merasa sakit...

    gimana bro?? ada yg kurang jelas?? semoga saya bisa membantu....


    OIYA...
    BUAT TEMEN2 YG PENGEN MAIN DAN CHIT CHAT BARENG MENGENAI DIVING
    SILAHKAN DATENG KE KOLAM RENANG SENAYAN
    (MASUK KOLAM LEWAT PINTU SAMPING)
    SETIAP KAMIS MALAM, JAM 18.30 - 21.00
    GRATIS...

    tapi sebelumnya hubungin gw dulu, soalnya gw mesti confirm ma ketua yg baru....okeh...
  • [size=small]
    mantaff abis cel... :top:
    lanjut...
    [/size]
  • tnyta celine benr2 buth tmand y..
  • [size=small]
    gw bangga room PA punya 2 org diver sejati...
    salut buat celine dan marinerz..
    :top:

    ayo mana lagi para divers..???
    [/size]
  • wah nice info banget ni:top:

    next:)
  • marinerz menulis:
    tnyta celine benr2 buth tmand y..

    iyaaaaaaaaaa :cry: :cry: :cry:
  • celinekuhan menulis:
    marinerz menulis:
    tnyta celine benr2 buth tmand y..

    iyaaaaaaaaaa :cry: :cry: :cry:
    [size=small]
    bgmn kalau kalian berdua saling menemani aja...
    :ngakak:
    [/size]
  • elang biru menulis:
    celinekuhan menulis:
    marinerz menulis:
    tnyta celine benr2 buth tmand y..

    iyaaaaaaaaaa :cry: :cry: :cry:
    [size=small]
    bgmn kalau kalian berdua saling menemani aja...
    :ngakak:
    [/size]

    ummm..trgantung om..se celine bsa "nemenin" gw apaan..:shy:
  • D. PERBEDAAN TEMPERATUR

    akibat bersentuhan dengan air, kecepatan penurunan suhu udara menjadi 25 kali lebih cepat daripada didarat. Menggigil kedinginan (Penurunan suhu tubuh atau Hypothermia/penyerapa suhu terus menerus oleh air dapat berakibat fatal.. bahkan sampai pada tahap kematian..

    sering dialami oleh penyelam yg menyelam di perairan bersuhu sedang - dingin..
    fire_clip_image002.jpg
    IceDivers-704823.JPG

    dapatkah terjadi di Indonesia??
    hal itu sangat dimungkinkan apabila tubuh kita tidak siap menerima penurunan suhu yg ekstreme (karena toleransi dari tubuh manusia berbeda - beda)

    lalu apa yg membantu meminimalisir hal tersebut?? yaitu penggunan WET SUIT/DRY SUIT...
    cth wet suit
    Wet_Suit.jpg
    cth dry suit
    stace_dry_suit.jpg

    pengalaman: selama menyelam di Indonesia saya belum pernah mengalami hal ini, karena perariran di Indonsia itu termasuk bersuhu hangat.. paling enak ngedive pake celana pendek ma kaos oblong...hahahahaha..(mohon jagnan diikuti)

    E. PEMBIASAN CAHAYA

    Ketika sinar matahri masuk ke dalam air terjadilah peristiwa pembiasam, sehingga objek yg akan dilihat menjadi lebih besar dan deakt. terutama saat menggunakan masker selam di bawah air, maka objek tersebut akan terlihat 1/4 atau 25% lebih besar dan lebih dekat dari aslinya.

    catatan : utk diver yg bermata sehat mungkin hal ini tidak menjadi masalah besar, akan tetapi utk calon diver atau diver yg bermata minus seperti saya maka kita harus mengurangi 1/4 dari ukuran kacamata normal.
  • [size=small]
    wihh baru tau gw..
    :wow:

    thakns bgt ca-ndan
    (calon komandan)
    :blah:
    :top:
    [/size]
  • elang biru menulis:
    [size=small]
    wihh baru tau gw..
    :wow:

    thakns bgt ca-ndan
    (calon komandan)
    :blah:
    :top:
    [/size]

    makasih om... :)

    [size=large]HAL - HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SELAMA MENYELAM...[/size]

    Pada saat dibawah air dan keasikan liat terumbu karang yg indah2.. atau ikan2 yang lucu2 ada beberapa hal berbahaya yang akan kita hadapi, seperti suhu air yang bertambah dingin, daya layang, dan YANG PALING BERBAHAYA antara lain, KETIKA KITA MENGHADAPI ARUS KUAT SECARA MENDADAK dan PERALATAN SELAM YANG TIDAK BEKERJA SEBAGAIMANA MESTINYA. dan disinilah ketenangan sangat diperlukan.

    berikut adalah tips and trik ringan apabila kita dapat masalah2 selama dibawah air..

    1. DROWNING :
    disebabkan karena kemampuan renang yang sangat kurang, kepanikan, keram kaki, dll
    pencegahan :
    PEMANASAN HARUS DILAKUKAN DENGAN BENAR dan berlatih renang lebih baik lagi.

    2. FISHING NET TRAP
    Menyelam didaerah yang sering digunakan orang utk mencari ikan seperti dikapal karam dapat menyebabkan tanki udara kita tersangkut pada jaring ikan yang sering kali tidak kita lihat.
    pencegahan :
    bawa pisau selam selama ingin menyelam di daerah tersebut (asal jangan bawa pisau dapur aja ya... ntr bisa dimarahin istri atau pembantu :blah:)

    3. SHALLOW WATER BLACK OUT
    Akumulasi atau penumpukan CO2 yang berlebihan saat melakukan tahan nafas.
    pencegahan :
    jangan melakukan tahan nafas saat menyelam dengan SCUBA, dan jangan melakukan penyelaman lebih dari 4 kali (4 kali berturut- turut tanpa henti)

    4. HARMFUL OCEAN CREATURE
    Racun karena gigitan atau sengatan berbisa dari binatang2 laut
    pencegahan:
    - pelajarilah macam2 ikan dan dan hewan yg berbahaya atau tidak berbahaya
    - tangannya disekolahin... (jangan iseng nyentuh2 hewan2 yg ga kita tau pasti sifatnya. JUST LEAVING A BUBBLE & TAKING A PICTURE
    apalagi sampe nyentuh atau motong terumbu karang... asal tau aja USIA TUMBUH TERUMBU KARANG ITU 1 CM / TAHUN

    (utk yg satu ini akan dibuatkan thread khusus mengenai beberapa hewan2 laut yg berbahaya dan tidak berbahaya...)

    5. DECOMPRESSION SICKNES
    Kebengkokan pada tulang akibat selam dan biasa dikenal dengan sebutan BENDS atau CAISSON. yang disebabkan oleh NITROGEN yang terserap kedalam darah dan berubah menjadi gelembung udara lalu menyumbat aliran darah. hal ini bias terjadi karena penyelaman dilakukan melebihi batas waktu yang diijinkan dan tidak melakukan stop dekompresi saat naik ke permukaan (biasa dilakukan pada penyelaman dalam)
    pencegahan :
    Muncul ke permukaan tidak lebih cepat dari gelembung terkecil atau tidak melebihi kecepatan 10 meter per menit dan selalu melakukan stop dekompresi saat melakukan penyelaman dalam. dan kalau lebih parah lagi bergegaslah ke RECOMPRESSION CHAMBER utk melakukan perawatan..

    catatan : RECOMPRESSION CHAMBER ato biasa disebut chamber merupakan sebuah alat diamana kita mendapatkan suatu simulasi tekanan yang sama seperti kita berada di kedalaman. disitu kita diberikan oksigen murni. chamber banyak juga digunakan orang2 awam utk sarana peremajaan kulit. biar kulit tampak lebih indah dan segar.

    yang saya tahu di Jakarta ada 2 tempat yg menyediakan chamber:
    1. Rumah sakit di Pulau Pramuka
    2. Rumah sakit angkatan laut

    biayanya sekitar Rp. 250.000,- / jam

    6. HEAT LOSS
    Kehilangan panas tubuh yang berlebihan akibat menyelam didaerah perairan yang dingin
    pencegahan:
    Gunakan baju selam yang sesuai dengan kebutuhan (biasanya ketebalannya berbeda2 ada yang 1mm, 2mm, 3mm.. 3 ukuran itu adalah ukuran yg umum yang ada di Indonesia)
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori