Contact Us

kyai nyolong ayam.....

joni adalah seorang kiai yang tinggal di sebuah perkampungan yang cukup religius. dalm kesehariannya, kiai joni selalu menjadi panutan bagi warga kampung tersebut. shalatnya khusuk, zakatnya lancar, cara bicaranya sopan dan rendah hati walu ilmunya tinggi. pak kiai joni sangat membumi. ikhlas, beliau sangat ikhlas dalam melakukan kebaikan.

tidak salah jika penduduk kampung tersebut selalu memuji segala ucapan dan tingkah laku pak kiai joni dalam keseharian. kadang pujian itu sangatlah berlebihan di mata pak kiai. beliau resah dengan segala pujian tersebut. pak kiai takut tergelincir dan hilang keikhlasan dalam beribadah karena selalu mendapat pujian. pak kiai ingin tenang beribadah dan selalu ikhlas karena Allah. hanya itu, ikhlas dan menjaga hati dari sikap takabur. pak kiai resah.

kemudian, suatu siang, siapa pun tak akan mengira, siapa pun akan terkejut akan tindakan pak kiai. pak kiai joni nyolong ayam milik tetangganya. kelakuan standar negeri ini pun berlaku di kampung itu. pak kiai dikeroyok. pak kiai di hajar habis-habisan. pak kiai di hakimi massa.

sumpah serapah yang sangat tidak sopan pun bertaburan dari mulut penduduk yang penuh emosi, kalap dan sangat kasar.

"pak kiai joni nyolong ayam" adalah headline news di kampung tersebut. pak kiai joni orang hina, kiai cuman titel dan berbagai tajuk lain yang beredar di kampung tersebut.

pak kiai joni hanya tersenyum bahagia dengan sikap penduduk kampungnya. sekarang ia dapat beribadah dengan tenang tanpa takut kehilangan keikhlasannya beribadah kepada Allah. pak kiai joni sekarang bebas.
«1

Komentar

  • Rupanya pak joni bukan tipe penggemar topi tinggi.
    Kebebasan perlu pengorbanan.
  • mastermime menulis:
    joni adalah seorang kiai yang tinggal di sebuah perkampungan yang cukup religius. dalm kesehariannya, kiai joni selalu menjadi panutan bagi warga kampung tersebut. shalatnya khusuk, zakatnya lancar, cara bicaranya sopan dan rendah hati walu ilmunya tinggi. pak kiai joni sangat membumi. ikhlas, beliau sangat ikhlas dalam melakukan kebaikan.

    tidak salah jika penduduk kampung tersebut selalu memuji segala ucapan dan tingkah laku pak kiai joni dalam keseharian. kadang pujian itu sangatlah berlebihan di mata pak kiai. beliau resah dengan segala pujian tersebut. pak kiai takut tergelincir dan hilang keikhlasan dalam beribadah karena selalu mendapat pujian. pak kiai ingin tenang beribadah dan selalu ikhlas karena Allah. hanya itu, ikhlas dan menjaga hati dari sikap takabur. pak kiai resah.

    kemudian, suatu siang, siapa pun tak akan mengira, siapa pun akan terkejut akan tindakan pak kiai. pak kiai joni nyolong ayam milik tetangganya. kelakuan standar negeri ini pun berlaku di kampung itu. pak kiai dikeroyok. pak kiai di hajar habis-habisan. pak kiai di hakimi massa.

    sumpah serapah yang sangat tidak sopan pun bertaburan dari mulut penduduk yang penuh emosi, kalap dan sangat kasar.

    "pak kiai joni nyolong ayam" adalah headline news di kampung tersebut. pak kiai joni orang hina, kiai cuman titel dan berbagai tajuk lain yang beredar di kampung tersebut.

    pak kiai joni hanya tersenyum bahagia dengan sikap penduduk kampungnya. sekarang ia dapat beribadah dengan tenang tanpa takut kehilangan keikhlasannya beribadah kepada Allah. pak kiai joni sekarang bebas.

    :) kadang keikhlasan butuh pengorbanan. tapi apakah harus dengan melakukan dosa dulu (mencuri adalah perbuatan dosa) untuk menyadarkan masyarakat??? :confused:
  • mastermime menulis:
    joni adalah seorang kiai yang tinggal di sebuah perkampungan yang cukup religius. dalm kesehariannya, kiai joni selalu menjadi panutan bagi warga kampung tersebut. shalatnya khusuk, zakatnya lancar, cara bicaranya sopan dan rendah hati walu ilmunya tinggi. pak kiai joni sangat membumi. ikhlas, beliau sangat ikhlas dalam melakukan kebaikan.

    tidak salah jika penduduk kampung tersebut selalu memuji segala ucapan dan tingkah laku pak kiai joni dalam keseharian. kadang pujian itu sangatlah berlebihan di mata pak kiai. beliau resah dengan segala pujian tersebut. pak kiai takut tergelincir dan hilang keikhlasan dalam beribadah karena selalu mendapat pujian. pak kiai ingin tenang beribadah dan selalu ikhlas karena Allah. hanya itu, ikhlas dan menjaga hati dari sikap takabur. pak kiai resah.

    kemudian, suatu siang, siapa pun tak akan mengira, siapa pun akan terkejut akan tindakan pak kiai. pak kiai joni nyolong ayam milik tetangganya. kelakuan standar negeri ini pun berlaku di kampung itu. pak kiai dikeroyok. pak kiai di hajar habis-habisan. pak kiai di hakimi massa.

    sumpah serapah yang sangat tidak sopan pun bertaburan dari mulut penduduk yang penuh emosi, kalap dan sangat kasar.

    "pak kiai joni nyolong ayam" adalah headline news di kampung tersebut. pak kiai joni orang hina, kiai cuman titel dan berbagai tajuk lain yang beredar di kampung tersebut.

    pak kiai joni hanya tersenyum bahagia dengan sikap penduduk kampungnya. sekarang ia dapat beribadah dengan tenang tanpa takut kehilangan keikhlasannya beribadah kepada Allah. pak kiai joni sekarang bebas.


    ILMU TASAWUF,
    MENGGUNAKAN KEMAKSIATAN MENJADIKAN TERHINDAR DARI IMAGE PENGKULTUSAN TERHADAP SESEORANG.

    DALAM PANDANGAN ISLAM, HAL DEMIKIAN SUDAH DIKENAL & TERJADI PADA UTUSAN ALLAH YAITU ISA / YESUS.
  • passionofjack menulis:


    ILMU TASAWUF,
    MENGGUNAKAN KEMAKSIATAN MENJADIKAN TERHINDAR DARI IMAGE PENGKULTUSAN TERHADAP SESEORANG.

    DALAM PANDANGAN ISLAM, HAL DEMIKIAN SUDAH DIKENAL & TERJADI PADA UTUSAN ALLAH YAITU ISA / YESUS.
    Yesus ngapain memangnya?
  • maylo01 menulis:

    :) kadang keikhlasan butuh pengorbanan. tapi apakah harus dengan melakukan dosa dulu (mencuri adalah perbuatan dosa) untuk menyadarkan masyarakat??? :confused:

    seperti aa gym....kalau dia ga merid lagi.
    bisa2 dianggap nabi...:ngakak:
  • ikhlas tanpa fulus memang sulit dilaksanakan.....
  • Seorang wali tidak menyukai popularitas, sebab jika dia sudah mengenal tuhannya, maka itu sudah cukup baginya. Interaksinya hanya dengan Allah SWT.

    ORANG YANG MENYUKAI POPULARITAS HANYALAH ORANG YANG BELUM PERNAH MERASAKAN MANISNYA KETAATAN KEPADA ALLAH SWT
  • brainwashed menulis:

    seperti aa gym....kalau dia ga merid lagi.
    bisa2 dianggap nabi...:ngakak:
    Jadi harus seperti aa gym
    :ngakak: :ngakak: :ngakak:
  • maksudnya...apabila seorang manusia sadar bahwa dirinya sudah menjadi figur yang berlebihan(dipuja puja)....
    ada baiknya seperti contoh kyai diatas dan aa gym.... :D
  • Cerita ini dinisbatkan pada tokoh-tokoh tasawuf ratusan tahun yang lalu....

    Ada seseorang, mau menjual tanah dan rumahnya....
    Sebab belum laku-laku, kemudian ia bernadzar kepada Tuhan..

    " Ya Tuhan, seandainya rumah ini laku terjual, maka yang 50 % akan kuberikan kepada fakir miskin dan untuk syiar agama, untuk perjuangan agama...Biarlah untuk aku hanya 50 % saja dari hasil penjualannya"

    Setelah Nadzar itu diucapkan,
    berduyun-duyun orang-orang melihat tanah dan rumah yang mau dijual itu...
    Mungkin Tuhan mengabulkan doanya....
    Mungkin ada anak fakir miskin yang mendengar kemudian ikut serta menginfromasikan pada yang membuthkan rumah dan tanah....
    atau mungkin juga, ada ulama yang mendengar akan nadzar untuk membantu perjuangan agama itu, sehingga kemudian ia membantu dengan doa-doa yang dimilikinya.....

    Melihat yang datang berbondong-bondong dan mulai banyak yang menanyakan harganya, si orang yang mau jual tanah ini berubah pikirannya untuk soal nadzar,
    kemudian ia berkata...
    "Rumahku ini kujual sekaligus dengan kucing yang kumiliki"

    Berapa harganya ? berapa harganya ?

    "Harganya untuk rumah ini adalah seribu rupiah saja.......tetapi kucingku harganya 63 juta rupiah...."
    "Pembelian rumah haruslah dengan pembelian kucingnya.....!"

    Demikianlah, akhirnya rumah itu terjual dengan harga seribu rupiah dengan ditambah kucing seharga 63 rupiah....
    Dan si orang tersebut melaksanakan nadzarnya dengan memberikan Rp. 500, lima ratus rupiah untuk fakir miskin dan untuk syiar agama Alloh...

    (saduran bebas dari "kisah sufi" karya Idries Shah)
  • brainwashed menulis:
    maksudnya...apabila seorang manusia sadar bahwa dirinya sudah menjadi figur yang berlebihan(dipuja puja)....
    ada baiknya seperti contoh kyai diatas dan aa gym.... :D
    Jadi harus berbuat yang kontroversial dulu biar menuju "kesempurnaan"?
    bukan begitu bung brain?
  • brainwashed menulis:
    maksudnya...apabila seorang manusia sadar bahwa dirinya sudah menjadi figur yang berlebihan(dipuja puja)....
    ada baiknya seperti contoh kyai diatas dan aa gym.... :D

    makanya Brain, kalo da'wah itu bahasanya yang membumi aja, jadi bisa lebih mudah untuk dicerna gitu... ( makanaaan kalleee :blah: )
  • R4f4el menulis:
    Jadi harus berbuat yang kontroversial dulu biar mencapai "kesempurnaan"?
    bukan begitu bung brain?


    bukan untuk ditiru,,tapi untuk jadi bahan renungan....
  • R4f4el menulis:
    Jadi harus berbuat yang kontroversial dulu biar mencapai "kesempurnaan"?
    bukan begitu bung brain?

    soal kontroversial itu tergantung orang tersebut.
    kesempurnaan?tidak ada yang sempurna bahkan muhammad tidak sempurna.
    lebih tepatnya adalah menuju kesempurnaan.
    makanya Brain, kalo da'wah itu bahasanya yang membumi aja, jadi bisa lebih mudah untuk dicerna gitu... ( makanaaan kalleee Blah )

    ini karena ikut pengajian dewa kura2 nih nyah... :D
  • Suatu malam seorang ulama Sufi bermimpi bahwa ia sedang menjual seekor kambing yang gemuk.

    "Berapa harga kambing ini ?" tanya seorang calon pembeli.

    "Dua belas dinar." kata sang sufi.

    "Tujuh dinar."

    "Tidak boleh."

    "Delapan dinar."

    "Tidak boleh."

    Ketika tawaran mencapai sembilan dinar, sang sufi terbangun dari tidurnya. Ia membuka kelopak matanya dan mengusapnya. Tak seekor kambingpun ia lihat. Pun tak ada calon pembeli. Cepat-cepat ia memejamkan matanya lagi sambil berkata.

    "Kalau begitu, baiklah, sembilan dinar boleh kamu ambil."
  • 5551272 menulis:

    makanya Brain, kalo da'wah itu bahasanya yang membumi aja, jadi bisa lebih mudah untuk dicerna gitu... ( makanaaan kalleee :blah: )

    Ini loh m'bak, yang saya maksud.......
  • big2besar menulis:

    Ini loh m'bak, yang saya maksud.......

    ngadu yah......:cool:
  • mastermime menulis:
    Suatu malam seorang ulama Sufi bermimpi bahwa ia sedang menjual seekor kambing yang gemuk.

    "Berapa harga kambing ini ?" tanya seorang calon pembeli.

    "Dua belas dinar." kata sang sufi.

    "Tujuh dinar."

    "Tidak boleh."

    "Delapan dinar."

    "Tidak boleh."

    Ketika tawaran mencapai sembilan dinar, sang sufi terbangun dari tidurnya. Ia membuka kelopak matanya dan mengusapnya. Tak seekor kambingpun ia lihat. Pun tak ada calon pembeli. Cepat-cepat ia memejamkan matanya lagi sambil berkata.

    "Kalau begitu, baiklah, sembilan dinar boleh kamu ambil."

    ha...ha...ha..:grin:
  • 5551272 menulis:

    makanya Brain, kalo da'wah itu bahasanya yang membumi aja, jadi bisa lebih mudah untuk dicerna gitu... ( makanaaan kalleee :blah: )
    pake bahasa tingkat tinggi :think: :wait:
  • "Nasrudin, anakku, biasakanlah bangun pagi setiap hari."

    "Kenapa, ayah?"

    "Itu kebiasaan bagus. Dulu ayah pernah bangun pas dini hari trus keluar jalan jalan. Dan ayah nemu sekantong emas."

    "Bagaimana ayah tahu itu bukan punya orang yang kehilangan malam sebelumnya?"

    "Oh, itu bukan point nya. Walau bagaimanapun juga kantong itu tidak ada disitu malam sebelumnya. Ayah ingat bener."

    "Jadi kalo gitu, bangun pagi pagi gak bagus buat semua orang dong. Orang yang kehilangan sekantung emas itu pastilah bangun lebih pagi dari ayah."
  • tapi fenomena di atas kadang terjadi bukan hendak lari dari pengkultusan pada dirinya

    seringkali fenomena2x di atas terjadi untuk hukuman pada dirinya di masa lalu dimana mungkin si kyai pernah begitu bencinya pada pencuri ayam sehingga ketika dia sampai di level tertentu apa yang dibencinya harus di amalkan atau dijalankan...

    - saya juga tahu ada kyai yg kerjanya setel dangdut keras2x di pasar sambil joget2x...karena di masa lalunya si kyai pernah kesal, benci pada para pedangdut mania.

    - ada juga kyai yang pindah agama karena di masa lalunya pernah ada kebencian pada agama itu

    - ada juga kyai yg sibuk ngelatih tenaga dalam saja... karena di masa lalu pernah nempeleng pemuda yang kerjanya dzikir dan mencari kanuragan

    yahh akhirnya semua org akan menemukan jalannya sendiri2x, agamanya sendiri2x , mirajnya sendiri2x :cool:

    "intinya jangan sampai terselip kebencian sebeesar apapun juga pada segala hal"

    kasus yg masih hangat tentunya berubahnya habib riziq menjadi org yahudi yang ibadahnya menghadap tembok ratapan karena di masa lalunya sangat benci pada yahudi..bahkan sering gembar gembor bahwa gusdur adalah antek2x yahudi.....
  • arlnov menulis:
    tapi fenomena di atas kadang terjadi bukan hendak lari dari pengkultusan pada dirinya

    seringkali fenomena2x di atas terjadi untuk hukuman pada dirinya di masa lalu dimana mungkin si kyai pernah begitu bencinya pada pencuri ayam sehingga ketika dia sampai di level tertentu apa yang dibencinya harus di amalkan atau dijalankan...

    - saya juga tahu ada kyai yg kerjanya setel dangdut keras2x di pasar sambil joget2x...karena di masa lalunya si kyai pernah kesal, benci pada para pedangdut mania.

    - ada juga kyai yang pindah agama karena di masa lalunya pernah ada kebencian pada agama itu

    - ada juga kyai yg sibuk ngelatih tenaga dalam saja... karena di masa lalu pernah nempeleng pemuda yang kerjanya dzikir dan mencari kanuragan

    yahh akhirnya semua org akan menemukan jalannya sendiri2x, agamanya sendiri2x , mirajnya sendiri2x :cool:

    "intinya jangan sampai terselip kebencian sebeesar apapun juga pada segala hal"

    kasus yg masih hangat tentunya berubahnya habib riziq menjadi org yahudi yang ibadahnya menghadap tembok ratapan karena di masa lalunya sangat benci pada yahudi..bahkan sering gembar gembor bahwa gusdur adalah antek2x yahudi.....

    :ngakak: :ngakak: :ngakak: :ngakak:
  • arlnov menulis:
    kasus yg masih hangat tentunya berubahnya habib riziq menjadi org yahudi yang ibadahnya menghadap tembok ratapan karena di masa lalunya sangat benci pada yahudi..bahkan sering gembar gembor bahwa gusdur adalah antek2x yahudi.....

    ahh.. kayaknya atas dasar kebencian aja nih.
    kalo bilang hadap tembok, semua muslim juga kalo solat bakal hadap tembok juga krn bangunan masjid atau rumah ada temboknya.
    lagian kita solat bukan mengharapkan ridho arnolv koq tapi ridho Allah. jadi arnolv mo blg hadap apa aja yo wiss... :cool:
  • mastermime menulis:
    Cerita ini dinisbatkan pada tokoh-tokoh tasawuf ratusan tahun yang lalu....

    Ada seseorang, mau menjual tanah dan rumahnya....
    Sebab belum laku-laku, kemudian ia bernadzar kepada Tuhan..

    " Ya Tuhan, seandainya rumah ini laku terjual, maka yang 50 % akan kuberikan kepada fakir miskin dan untuk syiar agama, untuk perjuangan agama...Biarlah untuk aku hanya 50 % saja dari hasil penjualannya"

    Setelah Nadzar itu diucapkan,
    berduyun-duyun orang-orang melihat tanah dan rumah yang mau dijual itu...
    Mungkin Tuhan mengabulkan doanya....
    Mungkin ada anak fakir miskin yang mendengar kemudian ikut serta menginfromasikan pada yang membuthkan rumah dan tanah....
    atau mungkin juga, ada ulama yang mendengar akan nadzar untuk membantu perjuangan agama itu, sehingga kemudian ia membantu dengan doa-doa yang dimilikinya.....

    Melihat yang datang berbondong-bondong dan mulai banyak yang menanyakan harganya, si orang yang mau jual tanah ini berubah pikirannya untuk soal nadzar,
    kemudian ia berkata...
    "Rumahku ini kujual sekaligus dengan kucing yang kumiliki"

    Berapa harganya ? berapa harganya ?

    "Harganya untuk rumah ini adalah seribu rupiah saja.......tetapi kucingku harganya 63 juta rupiah...."
    "Pembelian rumah haruslah dengan pembelian kucingnya.....!"

    Demikianlah, akhirnya rumah itu terjual dengan harga seribu rupiah dengan ditambah kucing seharga 63 rupiah....
    Dan si orang tersebut melaksanakan nadzarnya dengan memberikan Rp. 500, lima ratus rupiah untuk fakir miskin dan untuk syiar agama Alloh...

    (saduran bebas dari "kisah sufi" karya Idries Shah)
    Ini namanya PELIT:pusing::cool::D
  • ito_aries menulis:

    ahh.. kayaknya atas dasar kebencian aja nih.
    kalo bilang hadap tembok, semua muslim juga kalo solat bakal hadap tembok juga krn bangunan masjid atau rumah ada temboknya.
    lagian kita solat bukan mengharapkan ridho arnolv koq tapi ridho Allah. jadi arnolv mo blg hadap apa aja yo wiss... :cool:

    khan saya ngga erkata hanya tembok saja...tapi ada kata ratapannya

    dan tembok ratapan adalah penjara :D
  • uday menulis:
    Ini namanya PELIT:pusing::cool::D
    :grin:
  • ngak ngerti........... hanya aja aneh...............

    kok untuk jadi orang baik harus jadi jahat dulu.......

    kesimpulan yang sayah ambil....
    1. pak kiai egois...... demi kekhusyuan dia beribadah... dia merusak.... tidakkah dia menyadari bahwa mungkin saja dia menyebabkan orang lain rusak...... jadi maling .. misalnya ... dengan alasan pak kiai yang agamanya kuat aja jadi maling ayam.....
    2. pak kiai pembohong..... dia pura-pura jadi maling padahal tetap alim....
    3. pak kiai khianat..... dia mengkhianati kepercayaan masyarakat dengan kepura-puranya....
    4. pak kiai provokator.... dia menyebabkan orang marah... sumpah serapah.....

    sayang sang kiai tidak menyadari dosa-dosa ini sebelum bertindak......
  • sutisna menulis:
    ngak ngerti........... hanya aja aneh...............

    kok untuk jadi orang baik harus jadi jahat dulu.......

    kesimpulan yang sayah ambil....
    1. pak kiai egois...... demi kekhusyuan dia beribadah... dia merusak.... tidakkah dia menyadari bahwa mungkin saja dia menyebabkan orang lain rusak...... jadi maling .. misalnya ... dengan alasan pak kiai yang agamanya kuat aja jadi maling ayam.....
    2. pak kiai pembohong..... dia pura-pura jadi maling padahal tetap alim....
    3. pak kiai khianat..... dia mengkhianati kepercayaan masyarakat dengan kepura-puranya....
    4. pak kiai provokator.... dia menyebabkan orang marah... sumpah serapah.....

    sayang sang kiai tidak menyadari dosa-dosa ini sebelum bertindak......

    tuhan anda kejam sih...
    tuhan nya pak kyai maha pengasih ..maha pengampun...maha penyayang.
    jadi melenceng dikit...asal sadar....ya ga apa...:cool:
  • pagii brain...pagi2x dah gigi 5 gas poll nihh :d :cool:
  • arlnov menulis:
    pagii brain...pagi2x dah gigi 5 gas poll nihh :d :cool:

    pagi nov....kemarin habis ngecas batere di india...
    mumpung masih segar nih.:blah:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori