Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

CARA KERJA AKI

PERUBAHAN KIMIA SELAMA PENGISIAN DAN PEMAKAIAN

Pemakaian
pemakaian.gif

Pengisian
pengisian.gif

Kondisi Bermuatan Penuh [/b] Kondisi Terpakai Habis

Pelat(+) Elektrolit 2H2SO4 PEMAKAIAN Pelat(+) Elektrolit Pelat(-)
PB02 Timbal + Asam Sulfat dan Air -
> PbSO4 Timbal Sulfat + 2H2O air + PbSO4
Peroksida <
Timbal
PENGISIAN Sulfat


1. PERUBAHAN KIMIA PADA SAAT PELEPASAN MUATAN LISTRIK
Aki memberikan aliran listrik jika dihubungkan dengan rangkaian luar misalnya, lampu, radio dan lain-lain. Aliran listrik ini terjadi karena reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua material aktif dari plat positif dan plat negatif. Pada saat pelepasan muatan listrik terus menerus, elektrolit akan bertambah encer dan reaksi kimia akan terus berlangsung sampai seluruh bahan aktif pada permukaan plat positif dan negatif berubah menjadi timbal sulfat. Jika Aki tidak dapat lagi memberi aliran listrik pada voltage tertentu, maka aki tersebut dalam keadaan lemah arus (soak).

2. PERUBAHAN KIMIA PADA SAAT PENGISIAN MUATAN LISTRIK
Pada proses pengisian muatan listrik, kembali terjadi proses reaksi kimia yang berlawanan dengan reaksi kimia pada saat pelepasan muatan. Timbal peroksida terbentuk pada plat positif dan timbal berpori terbentuk pada plat negatif, sedangkan berat jenis elektrolit akan naik, karena air digunakan untuk membentuk asam sulfat. Aki kembali dalam kondisi bermuatan penuh.

PENURUNAN BERAT JENIS ACCU ZUUR
SELAMA PELEPASAN MUATAN LISTRIK
Berat jenis accu zuur akan turun sebanding dengan derajat pelepasan muatan, jadi jumlah energi listrik yang ada dapat ditentukan dengan mengukur berat jenis accu zuurnya, misalnya aki mempunyai berat jenis accu zuur 1.260 pada 20°C, bermuatan listrik penuh, setelah melepaskan muatan listrik berat jenisnya 1.200 pada 20°C, maka Aki masih mempunyai energi listrik sebesar 70%

beratjenis.gif

Komentar

  • BERAT JENIS ACCU ZUUR TERGANTUNG DARI SUHU
    Berat jenis accu zuur berubah tergantung dari temperaturnya, jadi pembacaan berat jenis pada skala hudrometer kurang tepat sebelum dilakukan koreksi suhu. Volume accu zuur bertambah jika dipanaskan dan turun jika dingin, sedang beratnya tetap. Jika Volume bertambah sedang beratnya tetap maka berat jenis akan turun. Berat jenis turun sebesar 0.0007 untuk kenaikan tiap derajat celcius dalam suhu batas normal Aki. Standar berat jenis menurut perjanjian adalah untuk suhu 20°C.

    PERUBAHAN TEMPERATUR
    S 20 = St + 0.0007 ( t - 20 )

    S = Berat Jenis pada temp. 20°C.
    St = Berat jenis terukur
    t = Temperatur accu Zuur.

    Tabel Perubahan Accu Zuur


    Contoh: Misainya kita memiliki accu zuur dengan kondisi sbb:
    Berat Jenis ( terukur ) = 1.250
    Temperatur= 33°C
    maka berat jenis pada 20°C adalah
    S20 = 1.250 + 0.0007 (33 - 20)
    = 1.250 + 0.0091
    = 1.2591

    Tabel Perubahan Accu Zuur.
    Temperatur 1.260 (20°C)
    5 1.271
    10 1.267
    15 1.264
    20 1.260
    25 1.256
    30 1.253
    35 1.249
    40 1.245
    45 1.242
    50 1.238
    55 1.235
    60 1.232
  • Bos..katanya kalo aki dah mulai soak, sebelah samping aki agak melembung benar gak ?

    terus cara ngecek aki bagus ato gak gimana secara kasat mata tanpa harus mobil distater ?
  • PERAWATAN ACCU MOBIL
    - Periksa Air Accu Anda secara berkala misalnya 1 bulan sekali untuk mobil lama, karena air Accu yang kurang dapat menyebabkan umur Accu tidak bertahan lama.

    - Untuk menambah air Accu yang berkurang gunakan air Accu biasa, jangan menggunakan Accu zuur, karena Accu Zuur hanya dipergunakan untuk Accu baru yang belum dipakai, penggunaan Accu Zuur pada Accu yang telah dipakai justru akan merusak Accu tersebut.

    - Jangan menambahkan air Accu pada saat mobil baru dipakai (dalam keadaan panas) penambahan air Accu sebaiknya sebelum mobil dipakai (pagi hari)

    - Bila umur Accu mobil anda sudah habis, segera ganti Accu mobil anda, karena kinerja Accu yang buruk membuat beban dynamo stater menjadi buruk, yang pada akhirnya meruka dynamo stater itu sendiri, kerusakan pada Dynamo stater jauh lebih mahal daripada anda mengganti Accu mobil anda.
  • big2besar menulis:
    Bos..katanya kalo aki dah mulai soak, sebelah samping aki agak melembung benar gak ?

    terus cara ngecek aki bagus ato gak gimana secara kasat mata tanpa harus mobil distater ?
    test aja pada panel kontak
    coba aja pada saat kunci kontak diputar ke posisi on maka lampu indikator check engine dan accu akan menyala. Setelah mesin menyala lampu akan padam. Pada keadaan normal lampu mengedip bergantian secara teratur on dan off dengan interval kurang lebih ¼ detik.
    jika lampu indikator accu menyala terus pada saat mesin menyala, itu sudah di pastikan accu mulai lemah

    :top: :top: :top:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!