Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

MUI "Angkat Tangan" Kehalalan Roti BreadTalk

MUI "Angkat Tangan" Kehalalan Roti BreadTalk


Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat-tangan terhadap kehalalan produk roti BreadTalk. BreadTalk dianggap mengabaikan peringatan MUI--Kehalalan roti BreadTalk kembali dipertanyakan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak lagi bertanggung jawab atas kehalalan roti produksi PT Talkindo Selaksa Anugerah itu.

"Kami sampaikan kepada masyarakat, kami tidak bisa menjamin masyarakat lagi mengenai kehalalan roti BreadTalk," ujar Kepala Bidang Sertifikasi Halal LPPOM MUI Muti Arintawati.

Muti, sebagaimana disampaikan okezone, Selasa (8/4) mengatakan, manajemen produsen roti milik pengusaha Johnny Andrean itu tidak memiliki itikad baik untuk memperpanjang sertifikat kehahalan BreadTalk. Sertifikat kehalalan dari MUI yang dimiliki BreadTalk sudah kadaluarsa sejak September 2007 lalu.

"Karena sertifikat itu hanya berlaku dua tahun. Kami sudah sampaikan beberapa kali surat peringatan tapi tidak direspons. Jadi kami tegaskan lagi kepada masyarakat Muslim bahwa MUI tidak lagi bertanggung jawab dengan kehalalan BreadTalk," tandasnya.


GIMANA PENDAPAT KALLIAN....

Komentar

  • Hhmmm...

    Apakah dengan hanya sertifikat tanpa melakukan penelitian secara kontinyu dan dalam bisa langsung menjamin kehalalan sebuah produk??

    Butuh pendalaman pemahaman yang tajam nih.... :)
  • bilang aja MUI kehabisan uang...dasar dodol memakai jabatan buat cari duit,ujung2nya masyarakat yg dibikin bingung....dasar guoblokkk bisanya makan duit haram!!
  • bayar...ya dibilang halal....ogah bayar ya gt dech....disebarin ga halal dan macem2..... dasar....kumpulan orang cari duit berkedok agama.....
  • Di tunggu comment dari orang yg mengerti prosedur pemberian sertifikat halal !!
    :D
  • Kojek menulis:
    Hhmmm...

    Apakah dengan hanya sertifikat tanpa melakukan penelitian secara kontinyu dan dalam bisa langsung menjamin kehalalan sebuah produk??

    Butuh pendalaman pemahaman yang tajam nih.... :)
    bener bos, klo cuman kasih sertifikat halal trus gak di teliti lebih lanjut bisa-bisa jadi bumerang tuh sertifikat halal yang dikeluarkan, bisa aja kan ini terjadi.
  • palui menulis:
    Kojek menulis:
    Hhmmm...

    Apakah dengan hanya sertifikat tanpa melakukan penelitian secara kontinyu dan dalam bisa langsung menjamin kehalalan sebuah produk??

    Butuh pendalaman pemahaman yang tajam nih.... :)
    bener bos, klo cuman kasih sertifikat halal trus gak di teliti lebih lanjut bisa-bisa jadi bumerang tuh sertifikat halal yang dikeluarkan, bisa aja kan ini terjadi.
    setuju.........
  • kehalalan suatu produk tidak bisa terjamin dgn sertfikat halal, tapi ada pada sipembuat produk tsb.
    Jadi kejujuran dan tanggungjawab produsen terhadap konsumen sangat diperlukan dalam menciptaan produk.
  • Mungkin nanti kasus'nya akan seperti Ajinomoto disebarkan isu yg engga2.... setelah ad kompromi bersama baru di'aku produk halal lagi...... :D :D :D :D :D
    mungkinkah breadtalk akan bernasib sama dengan ajinomoto?????
  • Ini yang gue takutkan dari dulu, sertificate halal yang tujuannya untuk membuat tenang umat muslim, disalahgunakan oleh pihak MUI untuk nyari duit, ini sungguh perbuatan zalim, membodohi umat dengan kedok agama.

    Dosanya lebih besar dari pada sipembuat produk, kaena para ulama adalah orang2 yang lebih mengerti hukum agama Islam.

    Diperlukan kesadaran kedua belah pihak agar sertificate halal tidak disalahgunakan. Semoga MUI jujur dalam memberikan statemen kepada masyarakat Muslim, karena efeknya sangat luar biasa bagi kami umat Muslim.
  • wakakakakak.mui koid. entar yang lainya nyusul. careful
  • Kojek menulis:
    Hhmmm...

    Apakah dengan hanya sertifikat tanpa melakukan penelitian secara kontinyu dan dalam bisa langsung menjamin kehalalan sebuah produk??

    Butuh pendalaman pemahaman yang tajam nih.... :)
    betul bang.....

    thingking2gm4ml0.gif
  • Jalan yang paling aman cuma satu : jangan memakan makanan yang diragukan kehalalannya,kalo ragu dengan bread talk, tinggalin aja. (Kalo yang jelas2 haram pan ketahuan).
  • pengentahu menulis:
    Jalan yang paling aman cuma satu : jangan memakan makanan yang diragukan kehalalannya,kalo ragu dengan bread talk, tinggalin aja. (Kalo yang jelas2 haram pan ketahuan).
    monggo silahkan...... :) :)
  • dalam Islam, makanan yg dianjurkan untuk dimakan bukan cuma halal tapi halal da thayyib (baik).

    halal kalo hasil penipuan juga tidak baik jadinya...
  • halalan thayyiban ya neng..
  • mentok-mentok masyarakat yg selalu di rugikan....
    aku nga rela....nga rela........
  • kok jadi kelihatan sekali komersialisasinya itu sertifikat.......
    bukan lagi objektif berdasarkan kaidah agama tapi sudah berdasarkan "UUD".... ujung-2nya duit..!

    menyedihkan sekali yaa............. :(
  • bagi yang beranggapan bahwa sertifikat halal yang di keluarkan MUI hanya cara untuk mencari uang haram mohon di berikan bukti2 yang kuat....
    jangan sembarang menuduh karena walau bagaimana pun juga MUI adalah kumpulan ulama2 Indonesia

    mungkin ada yang tau informasi untuk pengajuan sertifikat halal sampai turun/ jadi sertifikat membutuhkan biaya berapa dan berapa lama ?????????????????????????????????????????????????????
  • haram...lama-lama bisa jadi harum loh...

    :peace:
  • Buat semuanya, setau gw proses sertifikasi halal itu gk semudah yg dibayangin orang. Masalahnya ini menyangkut dunia akherat bro! Untuk keluar sertifikat halal tsb, harus melalui proses audit oleh suatu TIM yang anggotanya dari Badan POM, Depag, dan LP POM MUI. Badan POM bagian yg mengaudit HACCP-nya (cara produksinya udh baik & bener belum?--so dari segi THOYIBnya), Depag dari sisi prosesnya udh bener gak secara hukum agama, dan MUI cq LP POM MUI dari segi bahan-bahannya halal gak. So dari depag & MUI dari segi HALALnya.

    Semuanya harus lulus, biasanya sih kalo perusahaan yg sudah teregistrasi / punya sertifikat HACCP atau yg udh menjalankan Cara Produksi yang Baik dan Benar, gk perlu audit Badan POM (cuma melampirkan hasil audit yg masih berlaku).

    Selain itu, salah satu syarat yg wajib dipenuhi oleh perusahaan (besar) yg mau sertifkasi halal adalah Harus punya Tim Auditor Internal Halal sendiri, yg persyaratannya tertentu. Biasanya tim inilah yg jadi "mata-mata" MUI. Hal ini yg pernah terjadi pada kasus AJINOMOTO. Ceritanya sih, dulu ada orang dari tim auditor internal Ajinomoto yg lapor ke LPPOM MUI kalo ada bahan yg meragukan dlm ajinomoto.

    Nah, untuk proses audit tsb ada biaya yg harus DITANGGUNG Produsen/yg mengajukan sertifikat (misal: transport auditor, dsb.), wajar lah (persis lah klo kita mau bikin SIM, yg bayar khan kita..). Dalam prosesnya, ya namanya juga manusia, ada aja oknum2 yg gk bertanggungjawab, yg terlalu melebih-lebihkan biaya, misalnya biaya transportnya digedein dll. Cuman ya itu dia, klo mengenai manipulasi dlm hasilnya, gk mungkin mereka main2 bro, karena sekali lagi, ini urusan dunia akherat bro.


    salam...
  • sekarang sudah halal atau masih remang2?
  • podang_s menulis:
    bayar...ya dibilang halal....ogah bayar ya gt dech....disebarin ga halal dan macem2..... dasar....kumpulan orang cari duit berkedok agama.....

    mungkin juga ya, tp gimana dgn fatwa haram rokok yang setengah2 gitu ya? mungkin cuma setengah pabrik rokok yg mau setor kali ya?:think::wait::think::wait::grin::grin::grin::grin:

Komentar anda

Lepas gambar/berkas
Komentar yg tidak sesuai judul atau numpang iklan (tersembunyi), akan dihapus atau banned permanen dan akan terhapus semua postingan anda yg ada di forum ini. Gunakan signature untuk menaruh link promosi anda.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori