Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Perawatan Mobil

Perawatan sistim Injeksi

Agar mobil tidak mudah mogok, lakukan perawatan pada system injeksinya

Ada kalanya mobil mogok disebabkan karena sistem injeksi bekerja tidak normal. Mungkin salah satu komponennya mengalami gangguan / kerusakan. Untuk itu servis rutin sistem injeksi setiap 5.000 km kudu dilakoni. Disamping itu perawatan yang dilakukan pada system injeksi akan menentukan kinerja mobil itu sendiri. Komponen apa saja yang perlu diservise ? :

• Saringan bensin

Komponen ini terdapat di ruang mesin dan terbuat dari logam. Saringan bensin yang kotor sebaiknya dibersihkan dengan bantuan angin bertekanan tinggi. Namun jika terlalu kotor sebaiknya ganti dengan yang baru. Karena jika dibiarkan saja dapat terjadi kerusakan yang merembet ke pompa bensin ditandai dengan timbulnya suara berisik yang bernada tidak stabil.

• Saringan udara

Mengingat fungsinya untuk menyaring kotoran dan debu dari udara , sehingga memberi kesempatan udara masuk lebih banyak ke ruang bakar. Terhambatnya udara akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan memboroskan bahan bakar. Karena berfungsi sebagai penyaring, tentu saja saringan udara ini harus bersih dari kotoran.

• Throttle Body

Komponen ini juga rentan terhadap kotoran. Akibatnya tarikan menjadi kurang responsive. Jika kotoran sudah menumpuk di bagian yang bernama throttle position sensor maka bisa menyebabkan putaran mesin menjadi pincang dalam keadaan stationer. Kebersihan throttle body berhubungan dengan kebersihan saringan udara karena sumber kotoran berasal dari udara yang terisap ke ruang bakar.

• Nosel Injektor

Lubang nosel yang kecil ukurannya dapat juga tersumbat kotoran / kerak. Sehingga semprotan bensin jadi kacau dan debitnya menjadi berkurang. Hal itu berakibat putaran mesin menjadi pincang dan tarikannya payah.

• Penyetelan CO

Lakukan penyetelan ulang di system pasokan bensin, udara dan pengapian. Gunakan pengukuran CO untuk mengetahui proses pembakaran di mesin apakah sudah efisien atau belum. Idealnya nilai CO harus di bawah 1%.

Disajikan Oleh : www.oto.co.id
«1

Komentar

  • Mengamati Batas Keausan Ban

    Menipisnya telapak ban menyalahi pemakaian prosedur ban dan resiko ban pecah di jalan

    Menipisnya telapak ban mempunyai resiko yang tinggi, selain menyalahi pemakaian prosedur ban resiko pecah di jalan bisa mengakibatkan kecelakaan. Hal itu karena pemilik mobil kurang memperhatikan batas ketebalan telapak ban. Oleh pabrik pembuatnya sebelum ban keausan setiap ban yang diproduksi diberi tanda khusus. Bagaimana mengetahui batas keausan ban ? Simak berikut ini :

    * Tanda batas keausan ban bisa disimak pada sisi atau dinding ban berbentuk panah atau segitiga. Lebih dikenal dengan tread wear indicator (TWI). Pada sekeliling dinding ban tercantum 6 tanda tersebut yang menunjukkan batas keausan ban.
    * Menurut Asosiasi Perusahaan Ban, batas minimal ketinggian telapak ban adalah 1.6 mm diukur berdasarkan kondisi permukaan ketebalan telapak yang rata dengan tanda TWI. Jika melewati batas tersebut ban sebaiknya diganti.
    * Simbol keausan ban yang lainnya berbentuk benjolan yang terletak di dalam alur posisinya sejajar dan segaris dengan patokan tanda TWI. Simbol ini dimaksudkan sebagai tanda peringatan keausan ban yang diukur dari dasar telapak ban.
    * Hal yang membahayakan bila sudah tampak lapisan serat benang atau baja. Hal ini bisa berisiko ban pecah ditengah jalan. Setidaknya ban diganti dalam jangka waktu setiap 60.000 km tergantung dari jam terbang kendaraan. Pada kondisi normal usia pemakaian ban rata-rata 2-3 tahun.
    * Biasakan memperhatikan tekanan angin ban karena porsi isi angin yang benar akan meratakan keausan ban. Tekanan ban yang kurang mengakibatkan pengikisan pada kedua sisi ban atau volume angin yang berlebihan menyebabkan pergesekan besar pada bagian tengah telapak ban.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Penyebab Air Aki Terlalu Cepat Berkurang

    Apakah anda terlalu sering menambah jumlah air aki pada mobil anda? Kenali penyebabnya ..

    Apakah anda terlalu sering menambah jumlah air aki mobil anda? Itu berarti ada yang tidak beres dengan aki mobil anda. Tanda-tandanya jumlah air aki mobil anda lebih cepat habis jika dibanding jumlah air aki mobil teman anda. Berikut ini beberapa penyebabnya :

    * Ada kebocoran pada aki Apabila terdapat keretakan pada kotak aki maka air aki akan merembes ke luar. Dalam hal tersebut aki harus diganti atau direparasi.
    * Aki dimuati melebihi batas. Hal ini karena penyetelan regulator tegangan kurang tepat sehingga pemuatan melampaui batas. Jika ini terjadi maka air aki akan menjadi panas sehingga air aki akan meluap dan mengalir ke luar melalui tutup-tutup aki. Dengan demikian maka air aki akan cepat berkurang dengan cepat. Disamping itu, lampu-lampu akan cepat mati dan kontak-kontak pemutus arus yang ada dalam distributor akan cepat menjadi kasar. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kirimkan kendaraan anda ke bengkel untuk diperbaiki.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Penurunan Akselerasi Pada Mobil Solar

    Penurunan akselerasi pada mesin berbahan bakar solar bisa disebabkan karena solar bercampur air dan kotoran. Akibatnya, pembakaran tidak sempurna sehingga mobil tersendat-sendat.



    Endapan air dan kotoran yang terjadi di dalam saringan solar harus diperhatikan. Karena bila endapan sudah terlalu banyak dapat terbawa masuk ke system saluran bahan bakar sehingga pompa dan nosel injector mudah berkarat serta aus. Untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan membuang kandungan air yang sudah mencapai ambang batas melalui water sedimenter. Perhatikan caranya:



    1. Lakukan pemeriksaan rutin kandungan air, sebaiknya dilakukan setiap 5.000 km. Jika kurang dari batas itu, indikator sedimenter pada dasbor akan menyala.
    2. Cara membuangnya kendurkan baut plastik di sebelah pompa tangan atau tepatnya disamping atas mesin. Buka baut plastik tadi seperlunya sampai cairan solar bercampur air menetes keluar.
    3. Tekan pompa pembuangan dengan tangan ke atas dan ke bawah. Sambil memompa perhatikan cairan yang keluar dari sedimen, pertama kotoran lalu air.
    4. Tadahlah buangan solar di baki penampung supaya tidak tercecer ke mobil. Karena jika tumpah, solar bisa membuat karet-karet / bushing jadi melar dan mengeras.
    5. Setelah isi water sedimenter habis, putar tuas pompa melawan arah jarum jam untuk membuka kancing pompa agar kandungan air yang tersisa bisa keluar semua.
    6. Kemudian tarik tuas pompa dan lakukan pemompaan secara teratur untuk membuang solar dan kotoran. Lakukan beberapa kali sampai benar-benar habis. Jika sudah yakin endapan telah habis semua kembalikan pompa ke posisi semula dan kunci kembali dengan memutar searah jarum jam.
  • Pemeriksaan Minyak Pelumas Yang Kotor

    Mengapa minyak pelumas yang baru anda ganti beberapa hari yang lalu cepat menjadi kotor?

    Pernahkah anda mengalami minyak pelumas yang baru anda ganti beberapa hari yang lalu cepat menjadi kotor? Padahal menurut keterangan bengkel, minyak pelumas yang anda beli berkwalitas baik. Apabila minyak pelumas yang dipakai benar-benar berkwalitas baik, maka kemungkinan penyebab kerusakan tidak terletak pada minyak pelumasnya. Lalu apa penyebabnya? Perhatikan hal-hal di bawah ini :

    * Minyak pelumas juga berfungsi membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida-oksida, karbon, dan kerak-kerak hasil pembakaran sehingga membawa kotoran-kotoran yang ada di dalamnya. Jadi kwalitas minyak pelumas juga menyatakan kemampuannya untuk membersihkan.
    * Meskipun minyak pelumas menjadi kotor dengan cepat, tetapi minyak pelumas masih dapat dipergunakan asalkan kekentalannya tidak banyak berubah.
    * Namun demikian, apabila di dalam minyak yang kotor terdapat butiran-butiran halus yang mengkilap, maka minyak pelumas harus cepat diganti. Hal tersebut menunjukkan adanya serbuk logam yang terjadi karena adanya keausan dari bantalan-bantalan, dinding silinder serta bagian-bagian mesin lainnya. Apabila minyak pelumas tersebut masih dipakai juga, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan yang lebih berat.
    * Khusus pada mesin yang dalam keadaan baru, atau apabila beberapa bagian mesin diganti dengan yang baru misalnya dinding silinder, torak atau bantalan-bantalan, maka dalam keadaan seperti itu bagian-bagian tersebut masih harus menyesuaikan diri satu sama lain. Oleh karena itu akan terjadi penyesuaian sehingga minyak pelumas akan mengandung serbuk-serbuk logam. Hal inilah yang menyebabkan mengapa penggantian minyak pelumas dalam tahap-tahap awal harus dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.


    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Cara Memeriksa Tekanan Ban

    Periksalah tekanan ban pada waktu-waktu tertentu dan tambahkanlah udara apabila diperlukan.

    Tekanan ban harus sesuai dengan yang telah ditetapkan. Periksalah tekanan ban pada waktu-waktu tertentu dan tambahkanlah udara apabila diperlukan. Berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan sehubungan dengan tekanan ban pada kendaraan anda :

    * Pemeriksaan tekanan ban dapat dilakukan dengan alat pengukur tekanan ban. Tambahkan udara apabila diperlukan sesuai ukuran yang tepat.
    * Tekanan ban yang terlalu tinggi dapat menimbulkan perasaan kurang nyaman, dapat menyebabkan keausan yang terlalu cepat pada bagian tengah dari puncak ban dan mempercepat kerusakan-kerusakan pada beberapa bagian dari kendaraan (terutama di tempat-tempat sambungan).
    * Tekanan ban juga jangan terlalu rendah, bagian tepi dari puncak ban akan menjadi aus terlebih dahulu. Pada waktu kendaraan bergerak dinding sisi dan sirip ban akan tertekuk atau tertarik sehingga ban akan bertambah besar, sehingga pemakaian bahan bakarnya akan bertambah banyak dan penyetirannya lebih berat.
    * Tekanan ban dapat diperkirakan dengan melihat bentuk ban. Namun anda harus terbiasa dan terlatih melihat bentuk ban dengan tekanan udara yang tepat. Perhatikan bentuk dan panjang bidang kontak antara ban dan jalan yaitu untuk melihat kekembungan atau kekempisan ban. Sebaiknya dilakukan dari depan samping.
    * Untuk memeriksa tekanan ban kendaraan berat atau dalam keadaan gelap cara yang praktis dan efektif adalah dengan pukulan. Pukullah ban dengan palu, atau tendanglah ban dengan kaki, sambil perhatikan bunyi dan kekerasan pantulan yang dapat dirasakan oleh tangan atau kaki. Cara ini juga memerlukan kebiasaan dan latihan membandingkan dengan ban yang tekanan udara nya tepat. Ban yang kurang tekanannya akan memberikan bunyi yang berat dengan pantulan yang ringan.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Tanda-tanda Kampas Rem Aus

    Perhatikan Bila Rem anda sudah tidak begitu menggigit

    Kampas rem adalah peranti yang sering terabaikan, padahal jika aus fungsi rem kurang optimal. Jika sampai tidak diketahui rem bisa blong dan berakibat fatal. Untuk mendeteksinya bisa dilakukan dengan gampang tanpa harus membongkar teromol atau kaliper terlebih dahulu. Bagaimana cara mengetahui tanda-tandanya ? Lakukan hal berikut ini

    1. Saat kaki menginjak pedal untuk melakukan pengereman, apabila terdengar bunyi-bunyian dan terasa aneh sebaiknya segera diperiksa.
    2. Kalau pedal diinjak makin dalam tandanya kampas sudah menipis, apalagi bila diinjak sampai mentok baru ada reaksi pengereman.
    3. Bila pedal diinjak diikuti dengan bunyi berdecit secara terus menerus selama pedal rem diinjak, bisa dipastikan kampas rem harus diganti.
    4. Bila roda depan dan belakang ikut bergetar saat pengereman biasanya paku klem yang berfungsi mengikat kampas, dipastikan sudah menyentuh teromol.
    5. Jika dipastikan tanda-tanda tersebut di atas terjadi pada mobil anda, segera bawa mobil anda ke bengkel untuk mengganti kampas remnya agar anda terhindar dari kecelakaan mobil karena rem yang bermasalah.
  • Mengobati Luka Cat Mobil

    Jakarta yang padat amat riskan bagi kendaraan Anda. Bodi kendaraan mudah cacat.

    Jakarta yang padat amat riskan bagi kendaraan Anda. Bodi kendaraan pun mudah cacat. Terutama oleh perilaku kendaraan angkutan umum seperti mikrolet, bajaj atau bus. Belum termasuk beberapa jalan di pinggiran Ibukota yang penuh kerikil. Senggolan angkot dan lontaran batu dapat menyebabkan cat mobil Anda cacat, bahkan mengelupas. Bila kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan luka lebih serius di bodi. Bahkan bisa mendatangkan karat yang menjalar kemana-mana.

    Inilah obat untuk cat mobil yang cacat :

    1. Bila bodi hanya tergores gunakan kompon putih yang bisa dibeli di bengkel. Dengan menggunakan bahan majun (kaus) olesi bagian yang cacat. Diamkan sekitar satu menit. Lalu gosok dengan kaus bersih sampai goresan hilang. Untuk mengembalikan kilap, olesi dengan bahan poles yang biasa dijual bengkel.
    2. Kalau kulit (permukaan) cat mengelupas hingga tampak dempulnya, tutup bagian tersebut dengan cat sesuai warna kendaraan Anda. Gunakan kuas kecil. Setelah kering, olesi dengan kompon kuning. Lalu, lap berkali-kali dengan bahan kaus. Langkah berikutnya memoles dengan kit pengilap bodi.
    3. Untuk kerusakan agak berat hingga cat dasar agak terkoyak, amplaslah bagian tersebut hingga benar-benar bersih untuk mencegah timbulnya korosi. Cat lebih dulu dengan bahan antikarat. Tunggu hingga kering. Lantas lapisi dengan cat dasar. Lalu poles dengan warna aslinya. Sesudah kering, olesi dengan kompon putih. Gosok-gosok hingga warnanya serupa dengan cat lama. Jangan langsung mencuci mobil setelah diparkir atau dipakai dalam cuaca yang panas, karena bisa merusak cat.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Memilih Kampas Rem Berkualitas

    Pemakaian kampas rem yang bagus dan berkualitas menunjang fungsi kerja rem

    Kampas rem mempunyai peran yang penting dalam melindungi keamanan pengemudi. Pemakaian kampas rem yang bagus dan berkualitas menunjang fungsi rem untuk melindungi keselamatan dan keamanan penumpang. Untuk itu butuh ketelitian dan kesabaran untuk memilih kampas rem yang berkualitas dari berbagai pilihan merek. Pilihlah produk yang bermutu dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

    * Pilihlah kampas rem dengan kontur pelat yang halus dan rapi. Hal itu menunjukkan presisi produk dan kinerjanya. Pinggiran pelat yang halus membuat kampas rem bisa bergerak tanpa halangan saat terpasang di kaliper.
    * Pilihlah kampas rem yang memiliki kandungan metal lebih sedikit. Hal itu bisa anda lihat dari warna yang muncul di permukaan. Kandungan metal bisa tampak dari kilauan logam pada permukaan.
    * Jangan memilih kampas rem yang ada goresan-goresan atau serat-seratnya yang keluar jalur. Lapisan kampas harus solid, proses cuttingnya jangan sampai menyebabkan serat-seratnya keluar jalur.
    * Perhatikan marking yang terdapat pada komponen. Dari situ anda akan mendapatkan petunjuk keaslian produk. Kampas rem yang asli pada umumnya ditandai oleh kode produksi yang dicetak rapi. Misalnya dalam bentuk ketrikan atau embos.
    * Perhatikan dengan baik kondisi kampas rem, jangan sampai anda membeli yang retak.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Bersih dan Rapi Saat Mereparasi Mobil

    Perhatikan kebersihan dan kerapihan garasi Anda

    Mobil pribadi ibarat sahabat setia bagi pemiliknya. Sehingga tak jarang, banyak pemilik kendaraan pribadi yang memilih meluangkan waktu di garasi rumahnya untuk melakukan pekerjaan reparasi maupun service ringan bagi mobilnya tanpa harus pergi ke bengkel. Untuk itu kebersihan & kerapian garasi sebagai tempat kerja Anda juga perlu diperhatikan seperti berikut :

    1. Sebelum memulai pekerjaan persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang Anda butuhkan dengan rapi dan lengkap. Gunakan sarung tangan dan tatakan baju agar tidak kotor oleh tumpahan minyak / oli. Jika Anda bekerja di bawah kendaraan gunakan alas untuk badan.

    2. Tempatkan peralatan dan bagian-bagian yang akan dilepaskan pada tempat tersendiri sehingga tidak berceceran dan hilang saat Anda membutuhkannya.

    3. Selama melakukan pekerjaan perhatikan selalu kebersihan , waspadai tumpahan cairan dan noda seperti :

    *Tetesan noda oli dan bahan bakar harus langsung dibersihkan dengan kain lap
    *Tetesan cairan rem dapat merusak lapisan cat mobil dan lantai untuk itu harus langsung dibilas dengan air.

    4. Apabila melakukan pekerjaan di dalam mobil perhatikan hal berikut :

    *Pasang lapisan pelindung pada kursi kendaraan agar tidak kotor.
    *Bila tangan Anda kotor, cucilah terlebih dahulu agar tidak mengotori bagian dalam mobil.
    * Bila pakaian Anda kotor, kenakan alas pada baju agar kotorannya tidak ikut menempel pada bagian dalam mobil.

    5. Setelah melakukan pekerjaan jangan lupa membersihkan bekas-bekas kotoran yang menempel pada bodi kendaraan dengan kain lap dan air sabun. Perhatikan bagian pada pegangan pintu, kemudi, tuas rem tangan, tangkai transmisi, dan bagian-bagian kendaraan lain yang terpegang oleh tangan Anda yang kotor. Jika perlu cuci saja kendaraan Anda secara keseluruhan.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Mengakali Central Lock yang Macet

    Pemasangan central lock memudahkan pengemudi untuk mengunci dan membuka pintu

    Mengakali Central Lock yang Macet

    Pada jenis mobil yang letak pintunya jauh dari jangkauan tangan, pemasangan central lock memudahkan pengemudi untuk mengunci dan membuka pintu. Namun ironisnya bila mendadak macet justru akan merepotkan . Hal itu terjadi biasanya karena kabel penghubung putus atau rusaknya motor pengunci. Anda tak perlu panik, jika tahu cara mengakalinya :

    1. Buka panel pintu (door trim) terlebih dahulu. Kendurkan dan lepas baut pemegang motor central lock. Lalu lepas motor dari dudukan dan setang pengunci.

    2. Periksa kabel hubungan dengan tespen, untuk memastikan apakah arus masih mengalir ke motor.

    3. Sambung motor langsung ke aki untuk mengecek apakah motor pengunci berfungsi dengan baik. Bila terdengar bunyi yang normal, berarti tidak ada masalah. Motor tidak berfungsi sempurna jika ada gigi penggerak motor yang aus atau patah. Untuk mengeceknya bongkarlah motor pengunci dengan bor listrik.

    4. Lihat keadaan gigi penggerak baik pada motor maupun batangnya. Bila keausan belum parah, kikir gigi penggerak untuk mengembalikan ke bentuk semula.

    5. Bila gigi penggerak sudah parah alias patah, ubah gigi penggerak dengan mengubah ketebalan karet pengganjalan. Agar langkah batang tak sampai menyentuh gigi yang aus atau yang patah tadi.

    6. Setelah itu rakitlah kembali motor pengunci dan periksa apakah sudah bekerja dengan sempurna. Pasang motor pengunci pada pintu. Setel posisi motor sampai gerakannya sempurna sebelum mengencangkan baut pemegang.

    7. Periksa kondisi setang penghubung, pastikan tak ada yang bengkok dan bisa bekerja dengan baik. Yang terakhir pasang kembali panel pintu.

    IPR
  • Mengatasi Kebocoran Tangki Bahan Bakar

    Jika tiba-tiba tercium bau bensin atau solar yang sangat menyengat pada ruang kabin penumpang pada kendaraan anda, atau pada saat anda parkir terlihat tetesan dan bau bahan bakar, waspadalah, jangan-jangan tangki bahan bakar kendaraan anda ada kebocoran.

    Kondisi yang demikian sangat membahayakan karena bisa mengakibatkan kebakaran. Bahan bakar anda juga bisa habis di tengah-tengah perjalanan sebelum anda sampai pada tujuan. Atau, bisa jadi mobil anda mogok di jalan yang jauh dari mana-mana.

    Dalam keadaan darurat, kita harus berpikir cerdik. Bagaimana antisipasinya ? Ikuti langkah berikut ini, setidaknya perjalanan anda cukup aman sampai anda mendapatkan pertolongan di bengkel terdekat.

    1. Belilah sabun mandi yang lunak di jalan dalam jumlah cukup banyak.
    2.Buatlah sabun mandi itu menjadi gumpalan-gumpalan, padatkan sehingga agak keras dan rapat.
    3.Masukkan dan tekan-tekan secara kuat ke lubang yang bocor di tangki bahan bakar kendaraan anda.
    4.Tunggulah beberapa saat, hingga tidak ada tetesan lagi.
    5.Ulangi proses yang sama seperti di atas setidaknya tambalan itu cukup kuat dan aman untuk meneruskan perjalanan anda hingga kendaraan anda mencapai bengkel terdekat.
  • Tips Pemecahan Masalah Sistem Pembuangan

    Jika sistem pembuangan tidak berfungsi dengan baik, maka perlu diperiksa

    Sistem pembuangan bertanggungjawab menyingkirkan emisi dari mesin dan membersihkannya sebanyak mungkin sebelum membuangnya ke udara. Jika sistem pembuangan tidak berfungsi dengan baik, maka perlu diperiksa. Di bawah ini ada beberapa tips untuk memecahkan masalah sistem pembuangan kendaraan anda :

    * Jika sistem pembuangan berisik, kemungkinan ada masalah pada peredam suara. Jika suara berisik lebih menyerupai suara mendesis mungkin ada lubang di dalam pipa buang.
    * Kemudian lakukan pemeriksaan sistem pembuangan antara lain secara visual periksalah pipa, peredam suara, konvertor katalitis, dan onderdil lain untuk melihat lubang yang nyata dan penggantung yang rusak.
    * Jika mesin kepanasan atau kekurangan tenaga, penyebabnya mungkin karena knalpot atau peredam suara rusak yang menimbulkan tekanan belakang pada mesin.
    * Jika tercium bau oli terbakar di sekitar mesin, sistem kontrol emisi mungkin tersumbat dan perlu dibersihkan atau membutuhkan penggantian onderdil.


    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Mobil Kepanasan ?? Jangan Panik

    Saat dalam perjalanan tiba-tiba mesin mobil overheatting jangan keburu panik dan menyerah

    Saat dalam perjalanan tiba-tiba mesin mobil overheatting jangan keburu panik dan menyerah kalau mesin overheatting di tengah perjalanan. Segera turun dari mobil dan periksa volume air radiator. Setelah itu lakukan langkah seperti berikut ini :

    1. Lepas soket kabel motor fan radiator dari dudukannya dengan obeng kembang. Pada mobil tertentu, cukup melepasnya tanpa membuka baut.
    2. Lanjutkan dengan melepas soket motor fan. Pisahkan soket dan kabel yang menuju motor pemutar kipas dengan cara mengguntingnya. Sambung kabel baru di kedua ujung kabelnya.
    3. Ikatkan ujung kedua kabel ke terminal aki, kabel biru disambung ke terminal positif. Sedangkan kabel hitam menuju kutub negatifnya. Saat terpasang, motor akan memutar kipas. Perhatikan arah anginnya. Jika udara diembuskan ke arah radiator, berarti salah menaruh kabel pada terminal aki. Yang benar, semburan angin mengarah ke mesin.

    Cara di atas sifatnya darurat / sementara. Segera hubungi bengkel terdekat untuk mengganti switch yang rusak.
  • Mengapa Mesin Susah Hidup ?

    Gejala yang menyertainya adalah mesin tersendat, mesin susah hidup, atau terjadi letupan-letupan.

    Pernahkah anda mengalami kondisi sulit menghidupkan mesin kendaraan atau mesin mati secara tidak normal. Gejala yang menyertainya adalah mesin tersendat, mesin susah hidup, atau terjadi letupan-letupan kecil pada knalpot. Penyebabnya adalah karena kualitas kabel busi yang tidak bagus. Untuk mengeceknya dapat dilakukan beberapa cara sbb :

    * Ujilah di tempat yang gelap. Hidupkan mesin pada putaran 1.000 rpm.

    1. Bila terlihat lompatan api dan bersuara, ini merupakan tanda bahwa kabel busi rusak. Kabel tidak akan bertahan lebih dari enam bulan.
    2. Bila terlihat cahaya dan lingkaran biru di sekitar kabel, berat kabel terlalu kecil atau sering dipakai untuk kondisi berat.
    3. Bila tidak ada cahaya, tak ada reaksi berarti kabel dalam kondisi baik.

    * Selanjutnya kabel busi dilapisi pelindung berpori dan berbusa. Bila ada bagian yang tidak terlindungi atau garis yang membedakan antara kedua bagian ini menunjukkan kabel sudah aus. Kabel busi yang menipis dapat menyebabkan kebocoran tegangan listrik lewat penghantar.
    * Lakukan pengujian saat kabel dingin atau belum dipakai. Lepaskan kabel dan periksa dari kemungkinan adanya cacat. Hubungkan ohmmeter antara ujung terminal busi dan bagian luar kabel ke distributor. Tarik kabel hingga berada pada posisi lurus. Bila kabel telah rapuh, maka jarum ohmmeter bergerak tandanya kebocoran pelindung dan pengantar.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Merawat AC untuk Penghematan

    Perawatan Berkala akan membuat prima & panjang umur AC Anda - Jadi hemat kan ?

    Perawatan rutin yang dilakukan pada AC disamping memperpanjang fungsi komponen AC menjadi lebih lama, udara segar yang berhembus akan selalu tersedia bila dibutuhkan. Sehingga biaya service rutin dan suku cadang AC yang melonjak dapat disiasati oleh pemilik mobil dengan melakukan perawatan ringan. Dengan perawatan yang rutin dan benar, perawatan AC bisa dilakukan setiap setahun sekali seperti berikut ini :

    1.Bersihkan kondensor AC secara berkala setiap 2 minggu sekali sampai dengan sebulan sekali. Jangan dibiarkan berdebu, karena bisa menyebabkan alat ini tidak bisa melepas panas dengan baik. Disamping itu, suhu kondensor yang terlalu panas akan menyebabkan jebol.
    2. Untuk membersihkan kondensor AC cukup siapkan slang air dan sikat kecil. Buka lebih dulu gril untuk memudahkan slang masuk ke celah antara kondensor AC dan radiator. Lalu semprot air dari sisi dalam kondensor sambil disikat agar kotoran yang lengket bisa langsung menyembur keluar.
    3.Periksa kondisi sambungan pipa AC, bila pada sambungan itu menunjukkan tanda basah oleh oli, pasti telah terjadi kebocoran. Bila terjadi kebocoran segera bawa ke bengkel AC terdekat agar tidak bertambah parah.
    4.Bersihkan blower.Untuk menjaga kebersihan blower dan saluran AC agar bertahan lebih lama, perhatikan juga kondisi tombol pilihan aliran udara. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan tomboy fresh yang memanfaatkan udara dari luar. Karena hal itu akan menjadikan blower gampang kotor, sehingga udara dalam kabin menjadi ikut kotor.
    5. Perhatikan juga tabung receiver (botol) secara teratur dengan cara amati mesin dan AC pada batas pendingin maksimum. Cermati gejala yang tampak pada kaca pengintai receiver. Kekurangan dan kelebihan refrigerant/freon bisa diketahui lewat kaca pengintai pada tabung receiver. Jika kelebihan maka pada kaca pengintip langsung terlihat terang begitu AC dimatikan.
    6.Perhatikan kaca pengintai juga untuk mengecek apakah kerja AC normal dan benar, tandanya bila AC dimatikan pada kaca pengintai akan menampakkan refrigerant berbusa sebentar sebelum berubah terang.

    “Disajikan oleh : www.oto.co.id the first automotive portal in Indonesia”
  • Mencuci Saringan Udara

    Anda bisa gunakan shampo yang biasanya anda gunakan untuk mencuci rambut.

    Saringan udara yang terdapat pada mesin kendaraan anda berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari udara , sehingga memberi kesempatan udara masuk lebih banyak ke ruang bakar. Terhambatnya udara akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan memboroskan bahan bakar. Karena berfungsi sebagai penyaring, tentu saja saringan udara ini harus bersih dari kotoran. Untuk itu saringan udara harus selalu dicuci dengan pembersih khusus.

    Tapi dengan kondisi perekonomian yang naik turun, menyebabkan pembersih, yang biasanya merek luar menjadi melonjak harganya. Bagaimana kebersihan saringan udara terjaga dengan biaya yang hemat. Anda bisa gunakan shampo yang biasanya anda gunakan untuk mencuci rambut. Caranya :

    1.Siapkan alat yang akan digunakan seperti shampo yang tidak mengandung detergen dan conditioner, tabung penyemprot yang sudah diisi air, dan kuas.
    2.Campurkan air dalam tabung penyemprot dengan shampo secukupnya.
    3.Siramlah saringan udara dengan air, sambil membersihkan kotoran bagian luar dengan kuas. Lalu semprotkan campuran air dan shampo pada saringan, kemudian diamkan beberapa saat.
    4.Bersihkan kotoran yang melekat dengan kuas. Setelah itu, bilaslah saringan dengan air yang dialirkan dari arah dalam ke luar.
    5.Ulangi beberapa kali sampai benar-benar bersih dari kotoran yang menempel.
    6.Setelah yakin bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh dan bertekanan udara rendah. Ingat ! jangan dijemur di bawah sinar matahari, saringan udara dari bahan kain kasa ini akan berubah ukuran.
    7.Sebelum dipasang kembali, basahi saringan dengan oli.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Jika Pedal Gas Macet

    Jika pedal gas tiba-tiba macet saat anda hendak menyusul kendaraan, apa yang perlu dilakukan?

    Pernahkah anda mengalami kejadian seperti ini, pada waktu hendak menyusul kendaraan lain, pedal gas diinjak penuh. Namun sesudah pedal gas dilepas kembali, pedal gas tidak dapat kembali sesuai dengan kedudukan telapak kaki. Sehingga kendaraan tetap bergerak dengan kecepatan tinggi. Karena gugup terpaksa pedal rem diinjak dengan cepat. Apa yang harus dilakukan jika pedal gas macet dan apa penyebabnya ?

    * Dalam keadaan seperti tersebut, usahakan agas kendaraan dapat berhenti. Matikanlah mesin dengan memutar kunci kontak penyalaan dan seketika itu juga pijak pedal rem. Gangguan pedal gas yang macet sering terjadi disebabkan oleh : ~ Kerusakan pada katup gas. ~ Pegas tarik dari pedal gas terlepas.
    * Periksalah batang-batang penghubung pedal gas dengan karburator serta pegas-pegas yang ada. Caranya terlebih dahulu bukalah kap mesin dan start mesin. Kemudian gerakkan batang-batang penghubung yang ada di dalam mesin.
    * Apabila pegas tarik dari batang-batang tersebut terlepas, kembalikan posisinya pada tempat semula, namun jika hilang atau rusak untuk sementara waktu anda dapat menggantinya dengan karet.




    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • chad.......bengkel loe dimane ?
    FBI-ers dapat diskon gak ?
  • gw nambahin boleh gak ............. chad ?
  • loe diem chad ................ berarti boleh :D


    Hati-hati Pilih Pelumas

    arpweiu5fllw9.jpg

    Puluhan merek pelumas ditawarkan setiap hari pada pemilik kendaraan. Kerumitan bertambah, bila sinyalemen Comma terbukti. Lembaga ini menerbitkan panduan pada 8.000 bengkel di seluruh Inggris, yang mengingatkan bahwa lebih dari separuh mobil yang ada saat ini di negeri itu membutuhkan pelumas spesifik untuk kendaraan. Bila menggunakan spesifikasi pelumas yang tidak seharusnya, dapat menyebabkan kerusakan catalytic converter (mesin bensin) atau diesel particulate filter (diesel) dan keausan yang sia-sia pada komponen mesin.

    Menurut Comma, teknologi mesin semakin canggih dan menuang pelumas yang tepat menjadi makin penting dibandingkan sebelumnya. Volkswagen/Audi Group yang pertama dan disusul General Motors mengharuskan penggunaan pelumas yang sesuai di setiap model. Bila menggunakan pelumas di luar spesifikasi yang disyaratkan, warranty bisa batal.

    Tiba saatnya untuk jadi pemilik mobil yang bijaksana, pilih pelumas sesuai spesifikasi yang dituntut mesin untuk kinerja optimal dan terhindar dari pengeluaran sia-sia.(int)
  • sory boss zee...lagi asik donlud...
    di sambut aza :top: :top: :top:
  • boss zee....dimana kah dikau...
    jangan marah dong boss.... :( :(
  • Memelihara Transmisi Otomatik

    Perangkat ini ternyata membutuhkan pula perhatian melebihi perangkat transmisi manual

    Mobil bertransmisi otomatik memang lebih nyaman dibanding mobil dengan persneling manual, namun perangkat ini ternyata membutuhkan pula perhatian melebihi perangkat transmisi manual. Karena perangkat transmisi manual berbeda rancangan dan perangkatnya dengan transmisi otomatik. Bagaimana memelihara transmisi otomatik simak hal berikut ini :
    Waktu Penggantian Oli
    Kendaraan bertranmisi otomatik mengharuskan pelumas selalu dalam level standart untuk itu jadwal penggantian oli harus diperhatikan serius.
    Kekurangan pelumas dapat menimbulkan kerusakan pada sistem transmisi otomatik.
    Menurut buku petunjuk penggantian oli dilakukan setiap 40.000 km, namun ada juga yang mengganti oli pada jangka waktu 20.000 km-30.000 km.
    Menjaga Oilpan
    Perhatikan pula oilpan atau bak penampung oli yang terletak di kolong mobil. Oilpan pada transmisi otomatik cenderung lebih ke bawah sehingga besar kemungkinan terantuk polisi tidur atau bebatuan besar dan itu bisa menyebabkan kebocoran cairan oli.
    Kebocoran oli dapat menghentikan mekanisme kerja transmisi otomatik.
    Jika terjadi kebocoran oli sebaiknya kendaraan jangan dipaksakan untuk berjalan.
    Tuas di Posisi N
    Pada transmisi otomatik tertera huruf D (drive) dan N (neutral). Pindahkan tuas persneling ke posisi N apabila mobil berhenti di traffic light untuk mencegah keausan dan Anda pun tak capek menginjak pedal rem.
    Jangan menggunakan model D sambil menginjak pedal rem. Hal itu hanya akan mempercepat keausan komponen yang berhubungan dengan sistem atau kerja transmisi otomatik.
    Memfungsikan ON perangkat overdrive kendaraan.
    Sebab jika Anda memfungsikan OFF perangkat overdrive tersebut, maka hanya dapat menjalankan kendaraan pada posisi gigi 1,2 dan 3 saja sedangkan gigi 4 tidak digunakan. Hal itu akan menyebabkan konsumsi bahan bakar boros.
    Jika Anda menggunakan ON perangkat overdrive kendaraan, Anda bisa memanfaatkan gigi persneling mulai dari gigi 1 sampai dengan gigi 4.

    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Mencermati Kondisi Mesin dari Warna Oli

    Kebiasaan baik setiap pagi untuk cek oli kendaraan anda.

    Fungsi pelumas pada kendaraan bermotor ibarat darah bagi manusia. Pelumas sebagai darah mesin, dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan dapur tenaga itu. Dengan mengenali kondisi pelumasnya maka dapat diketahui dengan cermat pula keadaan mesin salah satunya mencermati warna oli. Sebelum menuangkan pelumas ke dalam mesin melalui lubang pengisian, ingat dengan baik warnanya. Sebab setiap pelumas mempunyai system tersendiri dalam hal pewarnaan barang buatannya.
    Untuk mengetahui kondisi pelumas, tarik atau cabut tongkat pelumas (oil dipstick) dari blok mesin mobil atau sepeda motor. Jika warnanya sama dengan warna awal, berarti kondisi pelumas masih baik.
    Jika warnanya telah berubah menjadi kehitaman tandanya sudah memerlukan penggantian, sebab akumulasi kotoran dan debu sudah mulai banyak dan jumlahnya meningkat.
    Jika warnanya seperti coklat susu alias keputih-putihan atau mirip dengsn emulsi. Perlu diwaspadai karena ini menunjukkan adanya campuran air di dalam pelumas. Bisa jadi itu air dari luar yang masuk ke dalam bak pelumas melalui celah mesin. Penyebab lain mungkin dari kebocoran cairan pendingin. Jika sudah begini kondisinya, mesin sebaiknya diperbaiki karena kalau pemakainya masih diteruskan dapat meningkatkan kerusakan.
    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • Pemeriksa Bunyi-bunyi Pada Bak Persneling

    Penyebabnya antara lain karena kekurangan minyak pelumas persneling

    Bunyi berisik yang terdengar di sekitar bak persneling pada waktu kendaraan berjalan adalah suatu pertanda adanya kerusakan. Penyebabnya bisa bermacam-macam antara lain karena kekurangan minyak pelumas persneling, terjadi keausan pada roda gigi dan bantalannya atau karena hubungan roda gigi yang kurang tepat. Anda bisa melakukan pemeriksaan seperti berikut ini :

    • Parkirlah kendaraan dalam posisi mesin tetap dihidupkan, pasang persneling pada posisi netral.

    • Dengarkan bunyi dengan cermat, apabila bunyi tersebut hilang sewaktu pedal kopling diinjak maka bunyi tersebut dapat dipastikan berasal dari bak persneling.

    • Periksalah minyak pelumas persneling dari bak persneling :

    1. Bila dalam kondisi kotor dan mengandung serbuk-serbuk logam, maka minyak pelumasnya perlu diganti.

    2. Bila minyak pelumas dalam kondisi kurang, segera tambahkan sesuai ukurannya.

    3. Untuk keadaan darurat, sementara minyak persneling dapat diganti dengan minyak mesin. Akan tetapi usahakan kendaraan tidak dibebani beban terlalu berat, hindari tanjakan dan jalankan kendaraan dengan pelan-pelan

    • Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.
    Disajikan Oleh : www.oto.co.id
  • bro, kalau mobil pas di gas/start awal suka bunyi..
    ngiiikkkkkk!!!

    itu kira-kira bunyi apa ya?? bukan karet yah.. ? atau kampas rem??

    itu terjdi baru-baru ini pas musim hujan

    thanks
  • silahkan bro yang mau nambahin..... :top: :top:
  • sampela menulis:
    bro, kalau mobil pas di gas/start awal suka bunyi..
    ngiiikkkkkk!!!

    itu kira-kira bunyi apa ya?? bukan karet yah.. ? atau kampas rem??

    itu terjdi baru-baru ini pas musim hujan

    thanks
    boss sampela, biasanya tali kipas, atau V Belt nya bermasalah....bisa jadi kering....atau basah..
    solusi...ada pembersih V Belt yang dijual di toko atau memang V belt nya dah pecah2..

    semoga bermanfaat :top:
  • erichard menulis:
    sampela menulis:
    bro, kalau mobil pas di gas/start awal suka bunyi..
    ngiiikkkkkk!!!

    itu kira-kira bunyi apa ya?? bukan karet yah.. ? atau kampas rem??

    itu terjdi baru-baru ini pas musim hujan

    thanks
    boss sampela, biasanya tali kipas, atau V Belt nya bermasalah....bisa jadi kering....atau basah..
    solusi...ada pembersih V Belt yang dijual di toko atau memang V belt nya dah pecah2..

    semoga bermanfaat :top:
    thanks banget bro.... besok saya cek :top:
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!