Pengertian promosi

Kata-promosi/promo pasti sudah seringkali kita lihat dan kita dengar setiap hari di sekitar kita, mulai dari obrolan teman atau keluarga, dari media cetak, dari papan reklame atau papan biboard di jalanan, radio,televisi, bahkan internet, dan masih banyak lagi yang lainnya, tetapi mungkin masih banyak orang yang belum tahu dengan jelas apa itu pengertian promosi /promo, jenis jenisnya, tujuannya, dan contoh-contoh kongkret mengenai promosi ini. Dalam artikel berikut ini akan di jelaskan mengenai hal tersebut.

Pentingnya melakukan promo terbaru, promosi merupakan salah satu variable dalam kegiatan pemasaran atau marketing, sehingga keberadaannya sangat penting untuk menunjang hasil penjualan suatu produk, baik produk barang atau jasa. Kegiatan promosi harus di lakukan secara continue dan informasi yang diberikan dalam kegiatan promosi harus tetap terus di perbaharui, agar informasi yang diterima oleh konsumen/masyarakat tidak hilang dalam sementara waktu saja. Untuk itu, melakukan promo terbaru sangat penting, agar ingatan konsumen akan suatu produk dan citra sebuah produk terus di perbaharui dan informasinya lebih segar dan baru sehingga lebih di terima oleh konsumen/masyarakat.

Berikut ini yang di jabarkan beberapa pengertian promosi yang di ambil dari beberapa sumber terpercaya:

Tujuan promosi di antaranya adalah:

1.     Menyebar luaskan informasi produk kepada target pasar ptensial

2.     Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba

3.     Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan

4.     Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar

5.     Membedakan serta mengungulkanproduk dibanding produk pesaing

6.     Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang di inginkan

7.     Mengubah tingkah laku dan pendapatan konsumen

Cara Promosi Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah

·        Melalui email

·        Melalui sms

·        Melalui pembicaraan

·        Melalui iklan

·        Melalui media sosial

·        Dan sebagainya

Contoh promosi antara lain

·        Pasang iklan di TV mengenai produk baru perusahaan X

·        Kirim 5 sms, dapat 10 sms gratis ke smua operator

·        Beli kaos kaki seharga Rp30.000 dapat 2 kaos kaki gratis

·        Diskon50% bagi produk tertentu di Departement store

·        Beli hijab 1 gratis 1

baruan promosi

Bauran promo adalah berbagai cara atau upaya dalam mempromosikan suatu produk yang sama agar dapat memperoleh hasil yang maksimal dan memuaaskan. Bauran promosi terdiri atas 5 bagian, yaitu:

·        Periklanan (advertising), merupakan bentuk komunikasi non individu dengan sejumlah biaya menggunakan media tertentu yang dilaksanakan oleh perusahaan, organisasi non laba ataupun para individu. Tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan.

·        Personal Selling, merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

·        Publisitas (Publicity) – Public Relation (PR), adalah sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya, ataupun tanpa pengawasan dari sponsor. Merupakan teknik promosi paling efektif.

·        Promosi penjualan (Sales Promotion), merupakan kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektifitas pembelian konsumen dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya, juga potongan harga seperti diskon pembelian produk.

·        Pemasaran Langsung (Direct Marketing), adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung (Kotler & Gary Armstrong.(1996:53)), atau ketika perusahaan ingin menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan, mereka mengguanakan strategi komunikasi langsung, dimana lebih bisa berinteraksi, database yang memicu proses komunikasi pemasaran menggunakan media untuk mendorong respon pelanggan.

Hubungan promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan. Pada umumnya setelah angka penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor akan mengurangi kegiatan promosi. Sebenarnya ada banyak sekali tentang promosi, beda produk atau jasa beda pula cara dan media promosinya.

Sign In or Register to comment.