cara menghadapi pemohon bantuan hukum di posyankum

blogspot.com/2019/08/takawida.html#comment-form

CARA MENGHADAPI PEMOHON BANTUAN HUKUM DI POSYANKUM

Di Jember terdapat beberapa lembaga bantuan hukum dimana didalamnya ada advokad yang memberi bantuan hukum secara Cuma-Cuma. Disinilah peran advokad bisa disebut sebagai profesi yang mulia (officium nobile), karena advokad memberikan jasanya secara Cuma-Cuma atau tanpa biaya. Salah satu lembaga bantuan hukum di Jember adalah “ Posyankum “ , tempat Posyankum sendiri ada di Pengadilan, baik itu di Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negeri. Dimana posyankum ini menerima segala bentuk bantuan yang diperlukan atau dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki permasalahan, terdapat bermacam-macam jenis karakter yang bisa ditemui di posyankum, ada orang yang sulit untuk menceritakan permasalahannya karena malu atau karena tidak tau harus memulai dari mana menceritakan masalahnya, ada orang yang menggebu-gebu menceritakan permasalahannya tanpa bisa di “rem”, ada yang tidak jelas dalam menceritakan masalahnya, ada yang berbohong dan mengarang cerita untuk tetap bisa dibantu, ada yang ngeyel kalau dikasih tau yang bener, maksa untuk dibuatkan permohonan padahal persyaratannya kurang lengkap, ada yang sampai menangis memohon untuk dibantu, dll. Berikut adalah cara menghadapi pemohon bantuan hukum di posyankum :

-         Dalam keadaan apapun harus bisa bersikap setenang mungkin

-         Setelah pemohon bercerita panjang lebar, sebaiknya menceritakan ulang permasalahan tersebut untuk mengkonfirmasi apa yang kita tangkap benar atau tidak dengan yang dimaksud orang itu dan apa yang diinginkan orang tersebut.

-         Jangan terburu-buru mengambil tindakan apa yang akan kita lakukan atau solusi yang akan diberikan kepada pemohon bantuan hukum.

-         Harus siap mengulang berkali-kali apa yang kita jelaskan sampai pemohon mengerti betul apa kita maksud.

-         Jangan terprovokasi atau mudah terinterfensi dengan cerita pemohon hanya karena pemohon menangis atau jangan baper kalau istilah sekarang.

-         Jangan membuatkan suatu permohonan apapun apabila pemohon tidak melengkapi persayaratan yang dibutuhkan karena itu akan sangat fatal.

-         Minta pemohon untuk menunggu untuk permasalahan-permasalahan yang tidak diketahui sembari menghubungi senior advokad yang lebih mengerti dan yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

Oke,.... itu saja cara mengatasi pemohon bantuan hukum di posyankum yang bisa saya share ke kalian terutama untuk kalian yang pekerjaannya setiap harinya harus mengadapi orang dengan berbagai macam karakter. Thank’s for reading my blok  

Sign In or Register to comment.