Wonderful Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 2/3 luasannya adalah perairan. Tidak diragukan lagi keindahan laut indonesia dengan keberagaman biota didalamnya. Memang terdengar klise, namun kalimat tersebut yang membuat aku tertarik mendalami kegiatan yang satu ini. Berawal dari tontonan masa kecil di layar televisi kemudian menjadi kenyataan melalui kegiatan kampus. DIVING!!

Hingga saat ini aku sudah menyelami beberapa spot diving di Indonesia antara lain karimunjawa, wakatobi, kepulauan seribu, dan beberapa spot diving di Bali Utara. Memang belum terlalu banyak, namun dari yang hanya beberapa tersebut aku mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa. Tidak pernah terlintas didalam benakku, aku bisa terbang melayang di dalam air, menari bersama ikan dan biota lainnya, menikmati keindahan dengan cara yang berbeda dan di dunia yang berbeda. Keindahan yang dulu hanya bisa aku nikmati melalui layar televisi kini menjadi nyata didepan mata. Bertemu ikan yang sedang bergerombol (schooling fish), menikmati keindahan berbagai macam ikan, menikmati keindahan bentuk dan warna-warni terumbu karang, bertemu penyu dialam bebas, hingga bertemu beberapa hewan berbahaya bagi penyelam seperti barakuda dan moray.

Banyangkan saja hanya sedikit lautan yang aku selami sudah mendapat keindahan yang luar biasa, apalagi jika aku eksplor lebih banyak lagi laut indonesia keindahan seperti apa yang akan didapat? Aku berharap, masih diberi kesempatan dan kemampuan untuk mengeksplor lautan indonesia, terutama indonesia bagian timur. Ku berharap suatu saat nanti aku bisa melihat secara langsung seekor hiu paus, pari manta, dan ikan mola-mola di alam bebas. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah puas hanya dengan menikmati 1/3 bagian indonesia? Ataukah ingin mengeksplor 2/3 bagian lainnya? It’s your choise. Buka pintu dan keluarlah menikmati indahnya alam indonesia. Bantuan Hukum Jember

Sign In or Register to comment.