Pentingnya Brand

Ngomongin brand/branding.. !!!!

Disini saya akan menjelaskan lebih singkat dan jelas mengenai apa itu brand, dan pentingkah sebuah brand buat usaha??

Brand adalah wajah bisnis anda di public ( Brand adalah wajah perusahaan ) brand adalah personal identitas. Sebagai pelaku bisnis penting sekali untuk mengenal brand. Dengan adanya suatu brand maka akan menunjukan image nama dan kualiatas produk perusahaan. dengan cara produsen menjalankan bisnis, dan bagaimana produsen menyakinkan konsumennya. Dengan adanya suatu brand akan mempermudahkan para konsumen atau pelanggan mengenali suatu produk. Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pemilik brand dalam rangka proses membangun bisnis online maupun offline dan memasarkan produk dan membesarkan nama brand tersebut. Tanpa ada kegiatan komunikasi kepada konsumen/pelanggan yang direncanakan/disusun dengan baik. Maka sebuah merek tidak akan di kenal dan tidak mempunyai arti apa-apa bagi konsumen.

Dengan adanya brand memudahkan anda berdefinisikan dan membedakan dari competitor usaha-usaha lainnya, sekali untuk mengenal perusahaan anda dan mengklarifikasi bahwa perusahaan adalah yang terbaik. Pentingnya brand untuk usaha dewasa membuat pebisnis berhati-hati dalam membuat/memilih brand image.

Alasan mengapa brand sangatlah penting

·        Branding membantu meningkatkan reputasi bisnis online/offline

·        Brand adalah investasi bisnis

·        Mendapatkan konsumen baru

·        Brand bisa meningkatkan kepercayaan perushaan

·        Branding membantu periklanan

Dengan Brand yang kuat akan lebih mudah membuat iklan dan mengharapkan hasil yang baik.

Fungsi brand bagi konsumen:

·        Indentifikasi mutu produk, baik berupa barang’’ baju maupun jasa, kualitas produk berupa barang/nyata/tampak dari kondisi barang tersebut baik dari kualitasnya sampai kemasan barang. Sedangkan produk yang berupa jasa, kualitas pelayanan kepada tamu atau klien.

·        Merek meningkatkan efisiensi pembeli atau pelanggan, dengan adanya nama/merek maka akan mempermudah pembeli menemukan produk yang dicari/diminati. Hal ini tentunya lebih efisen dan efektif

·        Membantu menarik perhatian konsumen atas suatu produk baru yang mungkin memberikan ke untungan bagi mereka.

·        Untuk membantu mencegah hal-hal yang tidak di inginkan oleh okonsumen/resiko konsumen,baik resiko dalam hal kesehatan, resiko kesalahan fungsi produk kesalahan harga, ataupun resiko ketidaklayakan produk/jasa tersebut untuk dikonsumsi.

Bagi produsen, penjual:

·        Memudahkan penjual untuk memproses pesanan dan menelusuri masalah yang timbul

·        Sebagai perlindungan hukum terhadap ciri khas produk atau kompetitor lainya yang meniru

·        Membantu penjual dalam melakukan segmentasi pasar

·        Membatu penjual dalam menarik pelanggan/konsumen yang setia dan yang menguntungkan.

·        Membantu membangun citra perusahaan/produsen ( jika merek tersebut menimbulkan presepsi positif di masyarakat)

·        Mengidentifikasi produk perdagangan

·        Mengidentifikasi keunggualan produk yang dimiliki, yang membedakan produk tersebut dengan produk lain, terutama produk saingan

Perusahaan yang baik perusahaan barang maupun jasa berusaha meningkatkan kekuatan merek/brandnya dipasaran dari waktu ke waktu, dalam hal ini produsen akan berusaha memperkenalkan produknya terutama keunggulan produk yang tidak dimiliki oleh produk lain. Keberadaan merek bukan hanya semata-mata menunjukkan nilai tambah dari produk dalam berbagai dimensi, yang membedakan produk tersebut dengan produk lain.

Branding pada pebisnis stratup adalah perkenalan dini tentang bisnis anda kepada calon klien/investor/konsumen. Bisa dibilang branding ini akan membangun sebuah pondasi kuat untuk para pebisnis stratup. Ketika branding anda sukses, ini bisa jadi pegangan kuat untuk mencapai kesuksesan bisnis anda.

Sign In or Register to comment.