4 Jenis Minuman Pengusir Bau Mulut

Ilustrasi bau mulut (Foto: Dental Matters)


Memiliki mulut dengan aroma yang tidak sedap dapat menghilangkan rasa percaya diri seseorang, terlebih saat berada di tempat umum. Bau mulut juga bisa membuat orang yang sedang berinteraksi dengan Anda merasa terganggu.

Pada umumnya bau mulut disebabkan oleh bakteri yang hidup di dalam mulut. Saat kita sedang makan, sisa-sisa kecil dari makanan akan terselip di rongga-rongga gigi. Bakteri akan tumbuh di sisa makan tersebut dan menghasilkan senyawa sulfur yang berbau tak sedap.

Selain bakteri, penyebab utama dari bau mulut ialah kondisi gigi yang tidak bersih. Jika Anda tidak rajin menggosok gigi maka bakteri di dalam mulut akan terus tumbuh dan bertambah.

Menggosok gigi adalah cara umum yang dilakukan orang untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tetapi beberapa jenis minuman berikut pun juga diketahui mampu membantu menghilangkan bau tak sedap dari mulut.

1.       Jus nanas

Banyak orang yang percaya bahwa dengan minum jus nanas merupakan cara menghilangkan bau mulut yang paling cepat dan efektif. Hanya saja, belum ada bukti ilmiah yang cukup kuat untuk menjelaskan keefektifan jus nanas dalam hal ini.

Minumlah jus nanas asli tanpa tambahan bahan lain tiap sehabis makan. Perlu diingat pula bahwa Anda harus tetap mencuci mulut setelah menyantap jus nanas.

2.       Air mineral

Penelitian menunjukkan bahwa mulut yang kering kerap menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk menjaga mulut tetap dalam keadaan bersih, air liurlah yang berperan. Tanpa air liur, bakteri berkembang.

Untuk mencegah mulut kering, sangat dianjurkan untuk selalu minum air mineral sebanyak delapan gelas dalam satu hari. Mengutip Healthline, air mineral biasa akan membantu produksi air liur di dalam mulut dalam satu hari penuh.

3.       Susu

Susu adalah jenis minuman yang sangat dikenal khasiatnya untuk menghilangkan bau mulut. Suatu penelitian menjelaskan bahwa dengan minum susu mampu menghilangkan bau mulut tak sedap yang diakibatkan konsumsi bawang putih.

Minumlah jenis susu murni seperti rendah lemak atau penuh lemak setelah mengonsumsi makanan yang mengandung aroma kuat seperti bawang-bawangan.

4.       Teh hijau

Teh hijau atau green tea juga dikenal sebagai bahan yang efektif untuk mengurangi bau mulut. Studi menunjukkan bahwa teh hijau mengandung disinfektan dan penghilang bau yang mampu menyegarkan napas.

Untuk menggunakan teh hijau, siapkan dua cangkir teh hijau sebelum Anda hendak tidur dan taruh di lemari pendingin semalaman. Pada pagi harinya, seduhlah teh hijau tersebut dan minum perlahan sepanjang hari.


Sumber: CNNIndonesia.com, Healthline.

Sign In or Register to comment.