Kenali Tanda-tanda Hamil Kosong dan Cara Menanganinya


Test-pack bergaris dua merupakan hal yang ditunggu pasangan yang sedang menginginkan anak. Namun, test-pack bergaris dua juga dapat berarti hamil kosong atau kehamilan anembrionik (blighted ovum).


Sebelum mengenal tanda-tanda hamil kosong, kenali dulu definisinya.


Apa itu hamil kosong?


Pada kehamilan normal, sperma akan membuahi sel telur. Dalam waktu beberapa jam, sel telur yang telah dibuahi ini mulai mengalami pembelahan membentuk dua, empat, delapan, dan seterusnya.


Dalam hari kesepuluh, sel telur yang telah membelah menjadi banyak ini berubah menjadi embrio (calon janin) beserta dengan kantong kehamilan dan kemudian tertanam di dinding rahim.


Sejak saat itulah plasenta mulai berkembang. Plasenta ini yang menghasilkan hormon kehamilan, yaitu hCG. Dalam beberapa minggu setelahnya, calon janin terus berkembang sampai genap 9 bulan dan lahir ke dunia.


Hamil kosong terjadi ketika calon janin berhenti berkembang sehingga akhirnya diserap kembali oleh tubuh meninggalkan kantong kehamilan yang kosong.


Penyebab hamil kosong tidak diketahui secara pasti. Namun, diperkirakan hamil kosong terjadi akibat kelainan kromosom pada sel telur yang telah dibuahi.


Perkawinan antara orang yang sedarah atau yang kekerabatannya dekat secara biologi juga turut andil meningkatkan risiko hamil kosong.


Tanda-tanda hamil kosong


Hamil kosong biasanya terjadi di awal kehamilan sehingga kadang-kadang tidak disadari. Walaupun kantong kehamilan kosong, plasenta yang telah terbentuk terus memproduksi hormone hCG sehingga tes kehamilan pun positif.


Tanda-tanda hamil kosong sangat menyerupai hamil sungguhan. Hal ini dikarenakan tubuh merasakan bahwa sesuatu telah tertanam di dinding rahim sehingga respons tubuh akan sama seperti saat terjadi kehamilan sungguhan.


Beberapa gejala yang membedakan hamil kosong dengan hamil sungguhan:

·        Perdarahan seperti saat sedang haid

·        Kram perut hebat

·        Hasil USG yang menunjukkan kantong kehamilan kosong tanpa adanya calon janin


Walaupun masih menyisakan kantong kehamilan kosong, pada akhirnya akan terjadi keguguran sehingga kehamilan pun tidak berlanjut.


Namun kabar baiknya, kehamilan kosong tidak memengaruhi kesuburan di kemudian harinya kok. Dalam sebuah penelitian, dari semua wanita yang mengalami hamil kosong, 80%nya dapat hamil lagi dan melahirkan bayi sehat. Segeralah berkonsultasi ke dokter bila Anda mengalami tanda-tanda ini. 

Sign In or Register to comment.