Bernostalgia Dengan Jember

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pembahasan kali ini berbeda dengan pembahasan-pembahasan sebelumnya yang mengenai wisata-wisata di Jember. Kini admin akan mengulas atau membuka memori kenangan lama di era tahun 90-an hingga awal milenium tahun 2000 an. Yuk mari kita simak pembahasannya !!

Para dulur dimanapun berada dan terkhusus masyarakat Jember mungkin masih ingat dengan Bus Kota DAMRI di Jember dulu? Mulai dari Bus letter A, B, C, D, dan E? Yang menghubungkan antara terminal Tawangalun, Pakusari, dan Arjasa. Selain itu tentunya transportasi angkutan Umum LIN yang pada saat itu juga sudah ada dan beroperasi beriringan dengan Bus. Dengan tarif pada saat itu terbilang sangat murah dan terjangkau sekali bagi masyarakat khususnya bagi siswa siswi sekolah, yaitu dengan tarif 300-500 rupiah (bagi kalangan pelajar dan umum). Sungguh sangat murah bukan?

Kota Jember dalam kenangan bus kota salah satu daerah di Jawa Timur yang pada eranya dulu sudah dipercaya karena tidak mesti setiap kabupaten atau kota memiliki bus kota Damri dan juga karena kendaraan pribadi pada saat itu jarang sekali dijumpai. Jadi bus kota menjadi primadona pada zaman old atau era tahun 90-an.


Kini di era milenial yang serba tekhnologi informatika atau biasa disebut zaman now, angkutan bus kota ataupun angkutan umum LIN sudah mulai terkikis oleh zaman dan bahkan mulai hampir punah. Masyarakat sudah mulai banyak memakai kendaraan pribadi ataupun dengan menyewa transportasi yang berbasis aplikasi online. Begitu juga sebaliknya pada saat era tahun 90-an penginapan hotel Jember begitu sedikit melakukan pembangunan karena di kota Jember sendiri untuk tempat wisata masih jarang terekspose oleh dunia luar, sehingga persaingan tidak begitu ketat seperti era milenial atau zaman now seperti saat ini. Pada era milenial ditahun 2000 an hingga 2019 banyak sekali pembangunan penginapan hotel Jember, bisa dibilang para investor berlomba-lomba untuk membuka bisnis pariwisata khususnya dibidang perhotelan karena di Kota Jember saat ini begitu menjamurnya tempat wisata baik itu wisata alam maupun wisata buatan dan juga sebagai tempat untuk berbisnis lainnya, sehingga pesaingan bisnis dibidang hotel begitu ketat dan pesat akan pembangunannya.

Demikian sedikit pembahasan tentang memori masa lalu, sehingga dapat diambil pembelajarannya bahwa kota Jember mempunyai sejarah yang dapat dikenang dihati masyarakat dan mempunyai potensi yang besar membuat kota Jember semakin maju serta semoga dapat menjadi kota metropolitan.

Sign In or Register to comment.