Perhatikan Tanda K di Kemasan Mertigo

edited September 10 in Info Kesehatan


Mertigo adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri saat vertigo perifer atau vertigo yang sering terjadi dan disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam. Obat ini tergolong obat keras karena ada tanda ‘K di dalam lingkaran merah’ di bagian depan bungkus obat. Tanda K itu menandakan bahwa Mertigo harus dikonsumsi dengan resep dokter.

Selain untuk vertigo, Mertigo juga bisa mengobati pusing akibat gangguan keseimbangan pada sirkulasi darah (sindrom meniere). Kandungan Betahistisne di dalamnya dapat dapat memperlebar sfingter prekapiler. Zat ini dapat meningkatkan aliran darah pada telinga bagian dalam sehingga kamu tidak akan merasakan pusing lagi. 

Kamu mungkin menyangka obat ini dijual bebas karena pernah menjumpai Mertigo di apotek tertentu. Selain itu, petunjuk pakai Mertigo juga jelas tertera pada kemasannya, yakni untuk dewasa sebanyak 1 hingga 2 tablet yang diminum 3 kali sehari.

Meskipun demikian, obat ini sebetulnya hanya boleh dikonsumsi dengan resep dokter mengingat ada tanda K tersebut sehingga tergolong sebagai obat keras. Kamu pun rawan terkena efek sampingnya berupa mual, muntah atau gangguan saluran cerna lainnya jika meminum Mertigo tidak sesuai anjuran dokter.

Perhatikan ini sebelum minum Mertigo

Selain harus mengonsumsi Mertigo sesuai resep dokter, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika minum obat ini, yaitu:

-         Konsumsi obat setelah makan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan lambung.

-         Jangan minum Mertigo jika kamu menderita feokromositoma (adanya tumor pada kelenjar adrenal) dan hipersensitivitas terhadap obat yang mengandung betahistine mesilate.

-         Jangan konsumsi Mertigo berbarengan dengan obat yang mengandung antihistamin (pereda alergi) dan MAOI (monoamine oxidase inhibitors alias anti depresan).

-         Jika kamu menderita ulkus lambung, active digestive ulcer, urtikaria atau ruam, asma bronkial maupun sedang dalam masa kehamilan, sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum minum obat ini.

 

Sumber:

SehatQ. https://www.sehatq.com/obat/mertigo-tablet-6-mg.

Sign In or Register to comment.