Cara yang Tepat Untuk Meningkatkan Sel Darah Merah

Anda pasti pernah mengalami kekurangan sel darah merah dan Anda tidak terlalu peduli dengan keadaan tersebut. Padahal sel darah merah merupakan salah satu yang penting bagi tubuh. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kadar sel darah merah untuk perempuan dan laki-laki juga berbeda loh. Perempuan biasanya memiliki kadar sel darah merah yang lebih rendah daripada laki-laki dan kadar sel darah merah cenderung semakin berkurang seiring pertambahan usia. Normalnya, seorang laki-laki butuh 4,7 hingga 6,1 juta sel per mikroliter dan seorang perempuan butuh 4,2 hingga 5,4 juta sel per mikroliter.


Bagi Anda yang mengalami kekurangan sel darah merah jangan khawatir, karena di sini saya akan menuliskan beberapa cara yang tepat untuk meningkatkan sel darah merah. Berikut caranya.

·        Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

·        Rutin minum suplemen vitamin dan zat besi.

·        Rajin berolahraga untuk meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru.

·        Jika kamu perokok aktif, segeralah berhenti.

·        Hindari aspirin yang dapat mengencerkan darah.

Sesudah Anda melakukan cara-cara diatas, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar sel darah merah.

1.   Zat besi.

Anda dapat menemukan zat besi pada daging merah (misalnya daging sapi), bagian organ dari daging hewan seperti ginjal dan hati, sayuran hijau yang berwarna agak gelap seperti bayam dan kubis, buah-buahan kering seperti kismis, dan kuning telur.

2.   Asam folat.

Terdapat pada kacang polong, kacang-kacangan, dan sayuran hijau yang berwarna agak gelap seperti bayam dan kubis.

3.   Vitamin B-12.

Makanan yang mengandung vitamin B-12 contohnya adalah daging sapi, ikan, produk olahan yang terbuat dari susu seperti susu dan keju, dan telur.

4.   Tembaga (Copper).

Ini terkandung pada daging unggas, kerang-kerangan, buah ceri, dan kacang-kacangan.

5.   Vitamin A.

Makanan yang mengandung vitamin A adalah ubi jalar, labu, wortel, paprika merah, dan aneka buah seperti semangka dan grapefruit.

Tetap jaga pola makan dan terapkan hidup sehat ya, agar tubuh Anda tidak kekurangan sel darah merah.

Sign In or Register to comment.