Beberapa Faktor Penyebab Anemia

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit anemia. Bahkan mungkin sebagian dari Anda pernah merasakan anemia bahkan mempunyai penyakit anemia. Anemia terjadi ketika sel darah merah dalam tubuh berkurang dan berada pada posisi di bawah normal. Umumnya penyebab anemia adalah karena kekurangan zat besi, namun ternyata ada sederet faktor penyebab lain yang juga dapat menimbulkan anemia.

Untuk itu, di sini saya akan mengulas beberapa faktor penyebab anemia.

●       Kekurangan zat besi. Ini adalah penyebab umum anemia dapat terjadi. Sumsum tulang kita membutuhkan zat besi untuk dapat membentuk hemoglobin. Kekurangan zat besi membuat tubuh tidak dapat membentuk cukup hemoglobin untuk sel darah merah. Anemia yang disebabkan kekurangan zat besi ini umum terjadi pada wanita hamil dan dapat juga disebabkan oleh pendarahan seperti saat sedang menstruasi dalam jumlah banyak.

●       Kekurangan vitamin, seperti asam folat dan vitamin B12. Kekurangan dua vitamin ini dapat menyebabkan penurunan produksi sel darah merah dalam tubuh.

●       Berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang dapat memicu anemia antara lain adalah kanker, HIV/AIDS, radang sendi, dan penyakit ginjal yang dapat mengganggu produksi sel darah merah dalam tubuh.

●       Anemia aplastik. Anemia jenis ini jarang terjadi dan dapat dipicu oleh infeksi, efek samping dari penggunaan obat tertentu, penyakit autoimun, atau terpapar bahan kimia yang beracun.

Bagi Anda penderita anemia jangan khawatir. Ada beberapa makanan sehat yang aman bagi penderita anemia yaitu, Zat besi pertama dinamakan heme iron, yang biasa terkandung pada daging, unggas, dan makanan laut. Zat besi kedua bernama nonheme iron yang biasa terkandung pada makanan nabati dan makanan yang diperkaya zat besi.

Tetap jaga pola hidup yang sehat agar Anda bisa terhindar dari anemia!

Sign In or Register to comment.