Tips Mengurangi Ketombe dengan Cara Alami

Foto: laverepublic


Ketombe adalah salah satu masalah paling umum yang memengaruhi kulit kepala. Menurut Journal of Clinical and Investigate Dermatology yang dilansir dari Today, ketombe pada umumnya muncul pada saat seseorang menginjak masa pubertas dan akan hilang pada usia sekitar 50. Ketombe akan membuat seseorang merasa gatal di bagian kepala dengan serpihan kulit yang sudah mati.

Kepala yang mengalami ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor. kulit kering pada bagian kepala, dermatitis seboreik, efek sensitif terhadap produk rambut, serta pertumbuhan jamur yang hinggap di kulit kepala dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Dengan adanya ketombe pada kulit kepala tentu akan membuat kepala merasa tidak nyaman dan risih ketika berada di tempat umum. Saat ini telah terdapat bermacam jenis sampo atau produk lainnya yang mampu melibas ketombe.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ketombe pada kepala Anda.

1.       Menggunakan minyak tea tree

Khasiat minyak tea tree telah dikenal dan banyak digunakan untuk menyembuhkan jerawat sampai kondisi psoriasis. Minyak tea tree sendiri telah terbukti mengandung efek antimikroba dan antiinflamasi yang sangat kuat, yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe.

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS (NCBI NLM) mengulas bahwa minyak tea tree dapat bekerja efektif untuk memberantas beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan terjadinya dermatitis seboreik dan ketombe.

2.       Menggunakan sari cuka apel

Sari cuka apel dapat bermanfaat untuk memerangi beberapa jamur yang bisa menjadi faktor penyebab munculnya ketombe. Sari cuka apel mampu mengurangi rasa gatal yang disebabkan ketombe serta membantu mengurangi jumlah ketombe.

Encerkan cuka apel dengan air berukuran sejenis dan gunakan campuran tersebut sebagai pengganti sampo Anda.

3.       Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal akan manfaatnya terhadap berbagai jenis kesehatan. Salah satunya adalah untuk merawat kulit kepala dan menghilangkan ketombe.

Dilansir dari Healthline, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit kepala dan mencegah kondisi kering yang bisa memperburuk kondisi ketombe. Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa minyak kelapa juga mampu menghilangkan eksem, sebuah kondisi kulit yang bisa berkontribusi terhadap munculnya ketombe.

4.       Menggunakan air lemon

Buah lemon pun merupakan salah satu buah yang terkenal akan manfaatnya yang berdampak bagi kesehatan tubuh, terutama masalah kulit. Kaya akan kandungan asam, buah lemon dapat membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala. Asam dalam lemon dapat membantu memecah jamur penyebab ketombe.

Lemon tentu tidak memiliki bahan kimia yang kuat di dalam kandungannya dan sangat aman digunakan bagi kulit kepala.

5.       Menggunakan bubuk soda kue

Bubuk soda kue atau yang juga biasa disebut sebagai baking soda merupakan salah satu jenis bahan memasak yang umum didengar.

Baking soda diyakini dapat melakukan eksfoliasi yang lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi rasa gatal yang disebabkan ketombe. Bahan ini juga disertai dengan efek antijamur yang bermanfaat bagi perawatan kulit kepala dari ketombe.

6.       Kurangi tingkat stres

Stres adalah kondisi yang dipercaya memiliki berbagai dampak bagi aspek kesehatan tubuh manusia. Stres dapat memengaruhi segala jenis kondisi penyakit kronis sampai masalah kesehatan mental.

Walau stres sendiri tidak langsung menyebabkan munculnya ketombe, namun dapat memperburuk gejala seperti kulit kepala kering dan rasa gatal. Selain itu, dengan kondisi stres dapat melemahkan sistem imun dan mengurangi kemampuan tubuh untuk membasmi infeksi penyebab ketombe.

 

Sumber: CNNIndonesia.com dan beberapa sumber lain.

Sign In or Register to comment.