Cara Merawat Wajah dengan Minyak Kelapa!

(foto: organicfacts.net)

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat. Minyak ini digunakan untuk berbagai hal, mulai dari menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, hingga perawatan tubuh dan rambut.

Berbeda dengan minyak kelapa biasa, minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar dengan bantuan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi, sehingga kandungan alami yang di dalamnya tidak rusak. Maka dari itu, minyak kelapa murni baik untuk digunakan dalam perawatan kulit wajah.

Berikut ini adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan minyak kelapa sebagai perawatan wajah alami.


1. Pembersih wajah

Agar kulit terbebas dari berbagai masalah, hal utama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan wajah. Penting sekali untuk memastikan wajah terbebas dari kotoran dan sisa make up ketika akan beristirahat, karena kebersihan merupakan kunci dari kulit yang sehat.

Untuk hasil yang bersih maksimal, mencuci wajah dengan air saja tidak cukup. Anda harus menerapkan double cleansing setiap harinya, yaitu proses pembersihan wajah dengan dua langkah, menggunakan pembersih wajah berbasis minyak dan sabun pencuci muka.

Saat ini banyak perempuan yang memanfaatkan minyak kelapa sebagai pembersih wajah. Karena selain dapat dengan efektif membersihkan kotoran, minyak kelapa juga memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Dengan kandungan antibakteri dan antijamur, minyak kelapa dapat membersihkan sekaligus memberi kelembaban pada wajah.

Cukup mudah untuk membersihkan wajah dengan minyak kelapa. Anda hanya perlu membalurkan minyak kelapa ke wajah dan pijat perlahan selama sekitar 15 detik atau hingga semua kotoran dan sisa make up terasa sudah terangkat. Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan air dan sabun pencuci muka setelahnya, agar tak terjadi penumpukan minyak pada wajah yang akhirnya membuat pori-pori tersumbat.


2. Membersihkan riasan mata

Jika dibandingkan dengan area wajah lainnya, membersihkan riasan mata memang lebih sulit karena mata merupakan area dengan kulit yang lebih tipis dan sensitif. Terlebih lagi terkadang kita juga memakai produk waterproof yang lebih susah untuk dibersihkan pada riasan mata, seperti maskara dan eyeliner. Perlu usaha yang lebih dan disertai dengan kehati-hatian ketika membersihkan riasan mata.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan riasan mata, salah satunya adalah dengan memanfaatkan minyak alami seperti minyak kelapa. Dengan minyak kelapa, riasan yang waterproof sekalipun akan lebih mudah terangkat dan area sekitar mata akan terasa lembab dan tenang.

Caranya tuangkan minyak kelapa ke atas kapas dan oleskan pada area mata. Diamkan kapas pada mata sambil sedikit diusap selama semenit, hal ini dilakukan untuh melelehkan riasan yang waterproof.

 

3. Masker

Minyak kelapa mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit tak cepat keriput, vitamin E yang membantu proses regenerasi sel kulit, serta asam laurat yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Jika dicampurkan dengan bahan-bahan yang tepat, masker minyak kelapa dapat memberi efek yang baik bagi kulit.

Untuk menyamarkan noda pada wajah, campurkan minyak kelapa dengan bubuk kunyit. Sifat antiseptik dari kunyit dapat membantu hilangkan noda pada wajah serta membuat kulit tampak lebih cerah. Anda juga dapat menambahkan perasan air lemon dan madu bersamaan dengan kunyit, kedua bahan tambahan tersebut akan membantu proses pencerahan kulit wajah serta menutrisinya.


4. Sebagai krim mata

Perawatan area sekitar mata merupakan hal yang tak boleh disepelekan. Kulit area mata yang lebih tipis dan sensitif membuat kita harus memperhatikannya dengan lebih baik. Jika tidak, maka kerutan dan garis-garis halus juga akan timbul.

Untuk merawat area mata, manfaatkanlah minyak kelapa karena minya kelapa dapat masuk ke dalam kulit dengan lebih baik jika dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Sehingga kulit area mata juga akan lebih lembab dan terawat.



Sumber: Berita Gaya Hidup CNNIndonesia.com

Sign In or Register to comment.