Berapa Biaya Iklan Youtube? Ini Kata Digital Marketing Agency


Pada saat menonton channel favorit kamu di Youtube, kamu pasti pernah melihat iklan. Entah di awal atau di tengah-tengah video konten yang sedang kamu tonton. Pernah gak terbersit, berapa sih biaya pemasangan iklan di Youtube. iBiG, salah satu digital marketing agency akan menjawab pertanyaanmu. Kali-kali kamu ingin memasang iklan produk di Youtube.


Faktor yang menentukan cost iklan di Youtube


Iklan di Youtube ada 7 yaitu display ads, overlay ads, Non-skippable video ads, skippable video ads, bumper ads, midroll ads dan sponsored card. Ke tujuh iklan ini ada kelebihan dan kekurangannya dan juga budget yang berbeda.


Lalu faktor apa yang menentukan biaya beriklan di Youtube:

  1. Impresi dari iklan yang didapatkan
  2. Jenis iklan
  3. Fluktuatif kurs rupiah
  4. Wilayah iklan ditargetkan
  5. Channel tempat kamu pasang iklan

Lebih detail lagi tentang biaya beriklan di Youtube


Biaya iklan di Youtube sebenarnya sudah tercantum di Google Adwords yang merupakan induk dari Youtube itu sendiri. Budget iklan paling dasar dimulai dari angka USD 0,003 hingga USD 0,10. Mahalnya biayanya sangat tergantung pada wilayah sebuah iklan ditargetkan. Selain itu faktor yang mempengaruhi besarnya biaya adalah target audience, kualitas dan tujuan kamu beriklan.


Berapa biaya yang perlu kamu keluarkan? Tergangtung berapa banyak iklan akan ditampilkan di video channel Youtube. Kalau nilai iklannya adalah USD 0,10, maka untuk 10.000 orang yang view, kamu perlu bayar USD 1000. Dan kamu hanya perlu bayar iklan ketika impresinya sudah tercapai.


Selain harga iklan Youtube juga bisa berdasarkan negosiasi dengan pemilik channel. Itulah sebabnya tidak ada biaya iklan Youtube yang pasti. Belum lagi kurs rupiah yang sedikit berubah setiap harinya. Tetapi minimal kamu sudah mendapatkan gambaran biaya yang perlu kamu keluarkan untuk iklan di Youtube.


Trik memasang target iklan video


Biaya iklan Youtube bisa terasa tinggi apalagi kalau kamu tidak mendapatkan impresi yang mumpuni. Jadi kamu perlu memasang target iklan pada orang yang bakal tertarik menjadi konsumen produk atau jasa kamu. Untuk memasang target yang tepat, gunakan tab “Target” dan pilihlah jenis orang yang akan menerima iklan video kamu. Semakin banyaknya opsi target yang kamu pilih, tentunya audience yang bisa menonton pun semakin kecil. Dan kami sarankan kamu hanya memiliki 2 atau 3 opsi saja.


Selain itu kamu juga perlu menggunakan kata kunci yang tepat agar target iklan kamu tepat sasaran. Cari tahulah kata kunci yang paling sering digunakan di video Youtube. Penempatan keyword yang tepat tentu bisa menjangkau target audience yang lebih sesuai.


Kamu juga perlu mempertimbangkan demografi. Kalau kamu hanya menjual produk ke satu negara saja, hindari iklannya nyasar ke negara-negara lain. Apalagi kalau video iklanmu berbahasa lokal. Betewe, kamu juga pasang iklan berdasarkan bahasa juga.


Penawaran dari Youtube


Pemasangan iklan di Youtube tidak diberikan patokan harga. Sekalipun Youtube akan memberikan proyeksi jumlah orang yang akan melihat sehari-harinya alias impresi. Jadi kamulah yang perlu menetapkan anggaran harian iklan video di Youtube. Menurut iBiG Digital, bisnis biasanya membutuhkan biaya USD 10 per hari. Bila eksperimen berjalan dengan baik, para pembisnis biasa meningkatkannya. Cara kamu dikenakan biaya pun tergantung behaviour viewer. Ada yang menonton iklan selama 30 detik atau ada juga yang klik pada iklanmu.


Misalkan adalah CPV (biaya per tampilan). Kamu bersedia membayar untuk setiap tampilan yang dilihat oleh penonton Youtube. Tetapi kamu bisa menetapkan angka maksimum yang mau kamu bayar per hari. Jadi kamu tidak kaget mendapat tagihan mendadak dalam jumlah banyak akibat view yang tinggi.


Optimisasi kampanye di Youtube


Selain budgeting, hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah Return on Investment (ROI). Jadi kamu perlu mengawasi kampanye setiap harinya dan melakukan penyesuaian budget secara berkala agar optimal kerjanya. Perhatikanlah selalu statistik kampanye dan pelajari apa yang mereka sampaikan. Poin terpenting dalam statistik adalah rasio tampilan iklan dan rasio klik. Jadi kamu tahu apakah orang menilai iklan kamu menarik.


Permasalahan iklan biasanya tergantung pada kualitas video itu sendiri. Dibanding menghapus video yang telah beredar, ganti deh videonya. Siapa tahu yang klik semakin banyak. Ingat 5 detik pertama sangat berkesan.


Sekian informasi tentang biaya iklan Youtube dari digital marketing agency terpercaya. Semoga dimanfaatkan dengan baik ya.

Sign In or Register to comment.