Struktur Susunan Makalah yang Rapi

Tadinya bisa jadi aku banyak meng- up load bermacam tipe makalah, ataupun contoh makalah- makalah aku di perkuliahan tanpa membagikan struktur baku dari makalah kuliah yang sesungguhnya. Okey, semangat dengan hadirnya artikel aku ini bisa membagikan ataupun mengubah kesalahan aku.


Makalah kuliah yang Kamu buat di bangku kuliah, bukan hanya kumpulan literatur- literatur tanpa struktur serta ketentuan namun dalam pembuatan makalah itu sendiri ada struktur yang Kamu wajib memenuhi supaya makalah yang Kamu buat itu nantinya betul menguasai pokok kasus yang Kamu jabarkan dalam makalah Kamu. Okey.


Secara universal, struktur makalah terdiri dari:


1. Cover/ Bagian Sampul Makalah.


Dalam bagian ini, terdiri dari judul, logo kampus/ universitas, informasi lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, serta tahun kapan makalah di buat.


2. Kata Pengantar


Umumnya dimulai dengan kalimat puji- pujian kepada Allah SWT ataupun kepada Tuhan, cerminan sedikit menimpa makalah, perkataan terima kasih, serta terakhir umumnya ada harapan penulis maupun permintaan sumbangsih anjuran serta kritik.


3. Daftar Isi


Aku rasa tidak butuh aku jelaskasn. Kamu telah banyak memandang gimana struktur daftar isi. Untuk contohnya silahkan lihat https://netsains.com/contoh/daftar-isi-makalah/.


4. BAB I Pendahuluan


Dalam makalah yang Kamu buat, bagian BAB I, bab tentang pendahuluan secara universal berisi tentang cerminan universal tentang makalah, nasalah yang hendak di bahas, latar balik mengapa Kamu mengankat kasus tersebut. Ada pula struktur pada BAB I ini meliputi:


Latar Balik. Mengenakan kaidah segitiga maksudnya dari ulasan universal ke ulasan spesial.


Rumusan Permasalahan, berisi rumusan apa yang Kamu bahas dalam makalah Kamu.


Iktikad serta Tujuan, berisi iktikad serta tujuan pembuatan makalah.


5. BAB II Pembahasan


Pada bagian ini, Kamu mangulas secara tuntas kasus yang Kamu angkat pada BAB I. Pada bagian ini merupakan bagian dari isi sebetulnya makalah Kamu. Dalam bagian ulasan, Kamu wajib menguraikan fakta- fakta yang menguatkan tulisan Kamu. Wajib berisi kajian rujukan sebagian/ banyak penulis yang menunjang gagasan yang Kamu sampaikan.


Pada bagian ini pula, anggapan individu Kamu diminimalkan. Maksudnya anggapan yang Kamu buat wajib terdapat kajian literatur ataupun rujukan tadinya. Menguak kenyataan.


6. BAB III Penutup


Pada bagian kedua dari terakhir ini, Kamu membuatkan semacam kesimpulan dari ulasan yang Kamu bahas pada BAB II. Terdapat pula yang meningkatkan anjuran.


7. Catatan Pustaka


Berisi catatan rujukan referensi yang Kamu ambil untuk


makalah Kamu. Rujukan referensi bisa berbentuk buku- buku, harian, skripsi, informasi dari internet serta lain sebagainya. Ada kaidah ataupun ketentuan penyusunan catatan pustaka yang Kamu wajib memenuhi.


8. Lampiran


Ini tidak absolut wajib terdapat. Pada bagian ini Kamu melampirkan data- data pendukung makalah Kamu. Dapat berbentuk foto- foto


aktivitas, dll.


Okey, seperti itu tadi struktur penyusunan makalah yang bisa aku share kepada Kamu mudah- mudahan bisa berguna buat Kamu.

Sign In or Register to comment.