DANAU SIDIHONI, LAKE ON THE LAKE AT SAMOSIR ISLAND

Bagi anda pecinta Danau Toba sejati, anda pasti faham bahwa Danau Toba memang memiliki cerita yang tak pernah habis (no ending story). Oleh karena itu, tour ke danau toba memiliki program yang tidak ada endingnya. Banyak orang yang tidak pernah tahu bahwa di atas Danau Toba ada danau lagi bernama Danau Sidihoni. Danau di atas danau. Begitulah banyak orang menyebut Danau Sidihoni, yang memang terletak di Pulau Samosir, yang dikelilingi Danau Toba, Sumatera Utara. Orang Eropa malah mengistilahkannya dengan "lake on the lake" yaitu ada danau di atas danau.


Danau Sidihoni terletak di Desa Sabungan Nihuta, Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir. Danau Sidihoni adalah kubangan air seluas hampir 5 hektar yang terletak sebelah Barat Kota Pangururan. Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan sepeda motor dari Pangururan, ibu kota Kabupaten Samosir. Kunjungan ke Danau Sidihoni ini memang hanya untuk minat khusus (special interest) karena akan menguras energi dan kocek yang tidak sedikit. Selain itu dibutuhkan keteguhan hati yang kuat karena jalan yang ditempuh tidak begitu baik.


Kunjungan ke Danau Sidihoni ini memang tidak masuk ke dalam program paket tour danau toba atau pun paket wisata samosir reguler. Alasannya adalah, meskipun lokasi ini bisa ditempuh dengan mobil dan micro bus, tetapi keadaan jalan yang rusak dan berbatu membuat tour operator enggan untuk membuat program tour dengan mobil. Selain itu, destinasi wisata seperti Danau Sidihoni ini hanya menarik bagi wisatawan dengan minat khusus termasuk akademisi dan peneliti dari luar negeri yang memang datang ke Danau Toba untuk menggali ilmu pengetahuan.


Wisatawan yang sedang mengikuti tour ke pulau samosir sebagai bagian dari program paket wisata danau toba dan tertarik untuk ke lokasi ini biasanya dianggap sebagai optional tour menggunakan rental motor di Samosir. Karena medan yang ditempuh lebih nyaman bila dilalui dengan sepeda motor saja.

Anda akan merasakan suasana sejuk dan nyaman begitu ketika mengunjungi Danau Sidihoni ini. Maka tak heran, danau mungil nan indah ini menjadi arena bermain anak-anak setempat. Mulai dari berenang, berlari-lari sampai bermain sepak bola di lapangan yang datar.



Sign In or Register to comment.