Pakai Lensa Kontak Sembarangan? Hati-hati Keratitis

Bagi kamu yang bermata minus tinggi pasti sangat terbantu dengan lensa kontak. Pasalnya kamu ga harus pakai kacamata tebal yang ganggu penampilan lagi. 

Ya, zaman sekarang lensa kontak bukanlah barang langka. Contact lens dapat dibeli secara bebas bak kacang goreng.

Namun sisi negatifnya, hal ini membuat orang yang memakainya tidak terlalu memperhatikan aturan main pemakaiannya.

Bila tidak dipakai secara benar, contact lens dapat menyebabkan keratitis loh.

Apa itu keratitis?

Keratitis adalah peradangan pada kornea atau selaput bening mata.  Keratitis disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit.

Iritasi akibat pemakaian lensa kontak terlalu lama dan benda asing yang tertambat pada mata juga dapat mengakibatkan keratitis.  

Gejala utama keratitis adalah nyeri pada mata. Selain itu karena kornea berfungsi memfokuskan penglihatan, maka gejala lain keratitis adalah penglihatan menjadi kabur.

Orang yang menderita keratitis juga akan merasakan sensasi seperti ada benda asing dalam mata yang menyebabkan perasaan mengganjal. Mata penderita keratitis juga akan merah dan lebih berair daripada biasanya.

Bila tidak ditangani secara cepat dan tepat, keratitis dapat menimbulkan komplikasi kebutaan. Setuju kan kalau lebih baik mencegah dibandingkan mengobati.

Aturan pakai lensa kontak yang benar

Oleh karena itu, bagi kamu pengguna rutin lensa kontak wajib pahami aturan main yang benar berikut.


1.   Cuci tangan sebelum menggunakan lensa kontak

Hal ini sangat penting agar kuman yang ada di jari-jari tangan tidak  berpindah ke mata.

Hindari mencuci tangan pakai sabun yang mengandung wewangian tajam, atau mengandung lanolin dan losion pelembap karena zat-zat iritan ini dapat menempel pada contact lens.

2.   Jangan tidur dengan lensa kontak masih terpasang

Tidur dengan kondisi contact lens terpasang (bahkan bagi contact lens extended use yang digadang bisa digunakan saat tidur pun) akan meningkatkan risiko infeksi mata 6-8 kali lipat.

3.   Hindari hal berikut

           Hindarilah mencuci kontak lensa dengan air biasa, menggunakan kontak lensa pada saat berenang atau saat mandi.

           Mengapa? Karena hal-hal tersebut dapat memudahkan parasit     Acanthamoeba menempel pada kontak lensa sehingga menyebabkan           keratitis.

Comments

Sign In or Register to comment.