Saudi Aramco Mengalami Penurunan Laba Sebesar 12 Persen di Semester Pertama 2019

Saudi Aramco (Sumber: Al Jazeera)


Saudi Aramco, yang merupakan perusahaan minyak raksasa milik Arab Saudi dilaporkan mengalami penurunan laba bersih hingga hampir 12 persen pada semester pertama di tahun 2019. Alhasil, laba perusahaan tersebut tersisa US$ 46,9 miliar atau sekitar Rp671 triliun.

Walau mengalami penurunan laba, Saudi Aramco masih tetap menjadi perusahaan paling menguntungkan di dunia. Saudi Aramco menjelaskan bahwa penurunan laba tersebut merupakan hasil dari penurunan harga minyak yang sedang terjadi baru-baru ini.

“Pada paruh pertama 2019, laba bersih perusahaan mencapai US$ 46,9 miliar. Jumlah ini turun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang masih dapat mencapai US$ 53,0 miliar,” ujar perusahaan tersebut kepada AFP seperti yang dikutip dari CNNIndonesia.com.

CEO Saudi Aramco Amin Nasser juga menyatakan dalam sebuah keterangan resmi, bahwa meski harga minyak lebih rendah selama pada paruh pertama tahun 2019, mereka terus memberikan pendapatan yang solid serta arus kas bebas yang kuat didukung oleh kinerja operasional yang konsisten, manajemen biaya dan disipil fiskal.

Terjadinya penurunan pendapatan ini juga terjadi di saat rencana perusahaan untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO) yang sempat tertunda, ditambah juga bertepatan dengan Reliance India yang menyetujui menjual 20 persen saham mereka di bisnis minyak dan bahan kimia kepada Aramco.

Sebelumnya, Aramco memang sudah setuju untuk menyuplai minyak mentah sebanyak 500,000 barel per hari untuk Reliance India. Aramco saat ini juga sedang berusaha memperkuat eksistensinya di negara-negara Asia.

Arab tengah sepakat untuk berencana menjual lima persen kepemilikan mereka di Aramco, dan berharap mendapatkan dana US$100 miliar dari upaya tersebut. Namun, upaya tersebut nampaknya tidak berjalan lancar, dikarenakan para investor yang masih ragu dan bimbang dengan nilai Aramco.


SumberBerita Seputar Energi CNNIndonesia.com

Sign In or Register to comment.