Kantor Bersih Berkat Jasa Cleaning Service

Ketika kita berbicara tentang jasa cleaning service kantor di Jakarta, kita cuman berpikir kalau mereka hanya mengerjakan bersih-bersih perabotan berdebu. Suatu pekerjaan yang tidak masuk dalam deskripsi kerja para staff kantoran. Padahal jasa kebersihan ini memberikan kontribusi besar dalam menunjang kesehatan para karyawan kantor.


Sebagai pegawai kantoran, rata-rata kita menghabiskan waktu minimal 8 jam di kantor. Apalagi kita yang bekerja di balik meja. Lamanya waktu bekerja kita di belakang meja membuat kita juga rentan penyakit bila ruangan tersebut tidak bersih. Jadi jasa cleaning service jakarta kantoran seperti Dust Patrol memiliki tugas yang cukup berat.


Memperbaiki kualitas udara

Banyak dari kita mengira kalau orang yang bekerja di lapangan adalah orang-orang yang paling gampang sakit. Tidak salah, namun bukan berarti pegawai kantoran senantiasa sehat makanya ada istilah SBS (Sick Building Syndrome). SBS adalah seseorang merasa badannya tidak sehat ketika dia masuk ke gedung perkantoran tertentu. Namun dia berangsur-angsur pulih ketika keluar dari gedung. 


Penyebab SBS ini adalah sistem ventilasi, AC dan pemanas yang memiliki debu, jamur, partikel berbahaya seperti VOC dan penyaring udara yang kurang bagus. Supaya sistem aliran udara ini bisa bekerja dengan baik, tentu kantor-kantor harus juga bersih. Tidak ada lagi permukaan meja berdebu, karpet kotor, tirai yang tidak pernah dibersihkan, kotoran yang lama dibersihkan dan lain sebagainya.


Kita perlu membuat jadwal membersihkan perabotan kantor seminggu sekali agar kesehatan staff kantor terjaga. Beli jugalah dehumidifier untuk mengurangi pertumbuhan jamur di ruangan untuk gedung perkantoran yang tidak memungkinkan untuk buka jendela di pagi hari.


Meningkat kesehatan klien dan staff

Ketika seorang atasan dan HRD mendapatkan izin cuti sakit dari staff, tentu mereka cukup pusing. Soalnya izin-izin bisa berarti harus ada orang yang mengganti pekerjaannya dan bisa saja deadline harus mundur. Ujung-ujungnya, klien tidak senang.


Ketika kualitas udara akibat sirkulasi yang buruk di kantor, bakteri dan virus bisa dengan mudah menyebar. Makany kita pasti sering melihat, satu staff bersin-bersin di pagi hari maka esok harinya tetangga meja staff juga bersin akibat tertular.


Agar penyebaran penyakit tidak terjadi secepat itu, kita perlu rajin membersihkan kantor. Dan pada bagian kantor yang sering disentuh seperti sakelar, gagang pintu, mouse, keyboard dan lain-lain, semprotkan disinfektan. Tidak lupa juga tambahkan kegiatan cuci piring setelah dipakai dan buang sampah pada tempatnya. Kita juga bisa sediakan juga cairan sabun tangan yang antibakteri di kantor bila diperlukan.


Produktivitas meningkat

Semakin sehat seorang staff maka produktivitasnya juga akan meningkat. Apalagi kalau ditambah dengan meja bersih yang tidak banyak benda berceceran. Proses pencarian barang ini bisa menyita waktu bekerja dan fokus pun bisa teralihkan sehingga pekerjaan pun terbengkalai. Jadi pastikan meja kerja selalu bersih dan para staf perlu diajarkan untuk menata mejanya lebih terorganisir.


Tempat bekerja yang aman

Banyaknya kotoran baik kering maupun basah di lantai, meja atau perabotan lainnya sering menyebabkan “kecelakaan”. Entah kita yang terluka atau benda-benda lebih gampang terjatuh. Kalau lantai senantiasa disapu dan pel, karpet dan tirai dibersihkan dengan penyedot debu, maka kemungkinan “kecelakaan” pun berkurang.


Tampilan yang profesional

Ketika klien berjalan menuju meeting, kadangkala dia melihat meja kerja para karyawan dan ruang meeting itu sendiri. Ekspresi seperti apakah yang kita berikan kepada mereka? Mungkin malu atau mungkin bangga. Ruangan kantor mulai dari lobi hingga ke ruang meeting adalah representasi diri sebuah perusahaan kepada calon klien.


Kantor yang bersih mencerminkan perusahaan ini menghargai karyawan, produktifitas dan mencintai lingkungan.


Selain jasa cleaning service, para staff perlu membangun kebiasaan menjaga lingkungan kerja yang baik. Istilahnya, kita tidak pasti tidak mau mengotori rumah kita sendiri untuk hidup dengan nyaman bukan? Simak kebiasaan baru yang bisa diterapkan.


Biasakan diri membersihkan sisa makanan dari meja

Tidak semua kantor menyediakan pantry. Dan kalaupun tersedia, kadang meja kerja adalah tempat makan darurat atau meja makan camilan. Kalau tidak dibersihkan, remah-remah ini bisa mengundang kecoa dan semut. Belum lagi ada aroma tak sedap dari jamur.


Karena kebiasaan makan ini sudah menjadi pegawai kantoran, maka kita perlu mengajak mereka untuk selalu buang sampah langsung setelah digunakan. Tidak lupa juga melap meja yang kantor dengan tissue atau kain.


Buanglah barang-barang yang tidak dibutuhkan

Debu sering menumpuk pada benda-benda yang jarang dipakai. Setiap 2-3 bulan sekali, kita bisa mengadakan bersih-bersih barang di meja. Kalau sudah tidak digunakan, buanglah agar mengurangi debu di meja kerja.


Susunlah barang-barang di meja dengan rapi

Beberapa pekerjaan membutuhkan banyak dokumen-dokumen. Tatalah semua dokumen di dalam sebuah ordner atau wadah lainnya agar rapi di atas meja. Sekalipun banyak barang, bukan berarti meja harus berantakan dan sulit dicari.


Jadi kebiasaan baru dan jasa cleaning service Jakarta seperti Dust Patrol tentu membuat kantor kamu lebih bersih dan staff-staffnya lebih sehat.

Sign In or Register to comment.