Mantan PM Thailand Jadi Buronan, Diberi Kewarganegaraan Serbia

Yingluck Shinawatra (Sumber: Nikkei Asia)


Pemerintah Serbia telah memberikan status kewarganeraan kepada eks Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra. Yingluck dikabarkan kabur dari tanah airnya pada tahun 2017 untuk menghindari tuduhan kasus korupsi.

Yingluck pergi ke Dubai dan mengikuti langkah kakaknya yang juga merupakan bekas Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra. Thaksin juga dilaporkan kabur pada tahun 2006 untuk menghindari hukuman penjara dugaan kasus korupsi.

Dikutip dari Reuters, Pemerintah Serbia sudah memutuskan untuk memberikan kewarganegaraan kepada Yingluck pada 27 Juni lalu. Pemerintah Serbia menjelaskan bahwa seseorang dengan kewarganegaraan asing dapat diberikan status kewarganegaraan Serbia jika orang tersebut memiliki kepentingan yang sesuai dengan negara Serbia.

Berita negara mempublikasikan keputusan tentang pemberian status warga negara Serbia kepada eks PM Thailand tersebut ke media setempat pada Kamis (8/8).

Namun, pengumuman yang dilakukan oleh Serbia ini disebarkan tanpa adanya penjelasan yang lebih lanjut dan mendalam. Baik dari pihak pejabat Serbia, diplomat Thailand di Beograd, serta pihak dari keluarga Shinawatra sendiri juga belum tersedia untuk memberikan keterangan lebih lanjut perihal ini.

Setelah ditetapkan menjadi Perdana Menteri wanita pertama pada tahun 2011 silam, Yingluck diduga terkait dengan tuduhan korupsi pada kasus kebijakan subsidi beras. Namun pada saat itu, ia mengaku tidak bersalah terkait dalam kasus korupsi tersebut.

Dan jika terbukti bersalah, Yingluck akan menghadapi hukuman 10 tahun penjara.

Sembilan tahun yang lalu, kakak Yingluck, Thaksin, juga dikabarkan diberi status warga negara kehormatan oleh Montenegro. Montenegro sendiri dahulu merupakan satu anggota persekutuan dengan Serbia.

Sumber: https://www.reuters.com/article/us-serbia-thailand/serbia-grants-citizenship-to-thailands-fugitive-ex-pm-idUSKCN1UY1SF

Sign In or Register to comment.