6 Pekerjaan Paling Membuat Stres di Dunia


Memiliki suatu pekerjaan adalah suatu hal yang diimpikan oleh banyak orang. Dengan memiliki pekerjaan, seseorang setidaknya dapat memenuhi bermacam keperluan dan kebutuhan hidupnya sendiri. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga dan mempunyai tanggungan, baik dari segi pria atau wanita ingin bekerja dan menghasilkan uang yang mampu membiayai segala keperluan anak mereka.

Pada saat bertugas dalam pekerjaan masing-masing, tiap individu pasti memiliki tanggung jawab dan berbagai beban tugas pekerjaan yang harus diselesaikan demi lancarnya kinerja perusahaan mereka. Terkadang sebagian dari mereka akan mengalami stres dan lelah secara mental.

Setiap jenis pekerjaan memang memiliki tingkat stres yang berbeda-beda antar satu sama lain. Namun dilansir dari Career Cast, berikut merupakan daftar pekerjaan yang memiliki stres tingkat paling tinggi di dunia pada tahun 2019:

1.       Personil militer (tentara)

Bertugas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan suatu negara merupakan tugas yang memang wajib diemban oleh tiap personil militer.

Tentu saja tugas tersebut merupakan tugas yang sangat berat, ditambah seorang tentara juga mau tidak mau harus merelakan kehidupan pribadi dan orang-orang tercintanya demi mengemban tugas ini. Skor stres militer mencapai angka 72.58 yang merupakan tertinggi di dunia.

2.       Pemadam kebakaran

Sebagai seorang pemadam kebakaran, mereka dilatih untuk selalu sedia setiap saat dalam melakukan tindakan pencegahan kebakaran, pemadaman api di tempat terjadinya kebakaran, serta juga harus melakukan penyelamatan jiwa, serta bertugas untuk menjaga ancaman kebakaran dan bencana yang lainnya.

Tugas tersebut tentunya membuat para pemadam kebakaran dapat menjadi stres dan. Pemadam kebakaran secara keseluruhan memiliki skor stres pekerjaan sebanyak 72.38 yang membuatnya menjadi pekerjaan paling membuat stres kedua di dunia.

3.       Pilot pesawat terbang

Menjadi seorang pilot juga merupakan pekerjaan yang dapat membuat seseorang stres. Membawa sebuah pesawat yang mengangkut puluhan hingga dapat mencapai ratusan penumpang yang ingin pergi ke tempat jauh merupakan tugas utama yang dilakukan pilot. Selain itu, untuk menjadi pilot juga seseorang harus dilatih semaksimal mungkin untuk mengetahui segala seluk-beluk sistem kokpit pesawat dan hal penerbangan lainnya.

Di dalam penerbangan, seorang pilot juga harus selalu memeriksa dan mengontrol apakah mesin dan badan pesawat secara keseluruhan aman, dan apakah udara dan jalur penerbangan yang dilewati juga aman terkendali. Skor stres seorang pilot mencapai 61.20, membuatnya menjadi pekerjaan yang bisa membuat stres ketiga di dunia.

4.       Polisi

Polisi mengemban berbagai tugas yang berat. Seperti memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum suatu wilayah atau negara, serta juga mengayomi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tugas polisi tersebut terkadang dapat membuat mereka menjadi stres. Skor stres pekerjaan ini mencapai angka 51.94 dan menjadi pekerjaan yang bisa membuat stres keempat di dunia.

5.       Jurnalis dan penyiar

Menjadi seorang jurnalis atau penyiar merupakan pekerjaan yang bisa membuat orang stres juga. Dituntut untuk selalu profesional dan terlihat sempurna serta berimbang, faktual, dan dapat dipercaya adalah tugas yang wajib dilaksanakan para jurnalis dan juga penyiar.

Skor stres bagi mereka yang kerja di media ini mencapai angka 51.27 dan menjadi pekerjaan stres nomor lima di dunia.

6.       Koordinator acara

Mengatur, merencanakan dan melaksanakan suatu acara bukan lah suatu hal yang mudah dilakukan. Seorang koordinator acara harus membuat suatu acara berjalan dengan sangat lancar dan jika memungkinkan tidak terjadi kendala apapun.

Skor stres pekerjaan koordinator acara mencapai angka 51.19 dan membuatnya menjadi pekerjaan paling stres keenam di dunia.

 

Sumber: https://www.careercast.com/jobs-rated/most-stressful-jobs-2019?page=5

Sign In or Register to comment.